Diet dengan Kopi Mentega: Cara Sehat untuk Punya Tubuh Langsing Ideal

DokterSehat.Com – Sedang menjalani program diet? Jika ya, mungkin saat ini ada sejumlah metode yang Anda terapkan guna menunjangusaha’ tersebut, mulai dari berolahraga secara rutin, mengurangi porsi makan, hingga yang saat ini tengah menjadi tren yaitu mengonsumsi kopi mentega atau disebut juga sebagai bulletproof coffee.

Apa Itu Kopi Mentega?

Kopi mentega adalah minuman kopi yang dicampur dengan mentega. Perpaduan ini pun menghasilkan cita rasa yang unik. Kopi mentega juga dikenal dengan sebutan bulletproof coffee. Sejatinya, bulletproof coffee tersebut merupakan nama sebuah brand kopi yang dibuat oleh David Asprey selaku pencipta minuman ini. Awalnya, Asprey terinspirasi dari kebiasaan orang Tibet yang senang mengonsumsi minuman dengan dicampur mentega berbahan dasar susu Yak seperti po cha.

Berangkat dari situlah, Asprey yang merupakan seorang praktisi teknologi mencetuskan ide untuk membuat produk kopi mentega. Nama bulletproof coffee sendiri ia pilih berdasarkan judul sebuah film yakni Bulletproof Monk dimana film tersebut menceritakan tentang biksu Tibet.

Kandungan Kopi Mentega

Sebagaimana dijelaskan di situs resmi mereka, kopi mentega bulletproof coffee memiliki campuran antara biji kopi yang sudah tidak memiliki kandungan mikotoksin akibat proses fermentasi, dengan medium-chain triglycerides (MCT) dan unsalted grass-fed butter guna menghasilkan cita rasa kopi yang unik dan lebih rendah lemak. Berikut ini beberapa kandungan kopi mentega:

1. Unsalted Grass-Fed Butter

Unsalted grass-fed butter adalah jenis mentega yang dihasilkan dari susu sapi khusus yang hanya memakan rumput. Ini kemudian menghasilkan mentega organik dengan kandungan mikronutrien dan rasio asam lemak omega-3 dan omega-6 yang diklaim lebih baik ketimbang produk mentega dari susu sapi yang mengonsumsi pakan biasa.

Hasilnya? Mentega jenis ini dinilai mampu mengurangi massa lemak pada tubuh dan juga bagus untuk menjaga fungsi otak.

2. Minyak MCT

Selain unsalted grass-fed butter, terdapat pula kandungan minyak MCT. Sejatinya minyak MCT adalah minyak kelapa, namun dengan kandungan lemak yang lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh dan mampu memicu pembakaran lemak lebih baik. Tak hanya itu, minyak MCT juga bisa mengatur tingkat kolesterol dan bagus untuk metabolisme tubuh.

Kandungan kalori yang terdapat di dalam kopi mentega bulletproof coffee ini akan membuat siapa saja yang mengonsumsinya menjadi lebih bertenaga dan fokus. Kendati memiliki kandungan kalori, kopi mentega dinilai ampuh untuk membantu menurunkan berat badan. Kombinasi kopi sebagai pemicu metabolisme dan minyak dari mentega sebagai pemicu tubuh untuk membakar lemak menjadi alasan dari hal tersebut.

Jika berbicara secara logis, adanya kandungan mentega di dalam kopi mampu untuk menciptakan rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini lumrah terjadi sebagai bentuk respons insulin yang berkurang ketika terjadinya metabolisme lemak. Nah, lemak inilah yang memperlambat terserapnya kafein ke dalam darah, sehingga mampu memperlambat rasa lapar. Jika Anda mengonsumsi kopi mentega saat sarapan, maka dipastikan efek kenyangnya bisa sampai siang.

Manfaat Kopi Mentega untuk Kesehatan dan Stamina Tubuh

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, manfaat kopi mentega atau bulletproof coffee ini ada beberapa, termasuk tentunya membantu mengurangi berat badan. Apakah manfaat kopi mentega hanya sebatas untuk mengurangi berat badan? Tentu saja tidak. Lebih dari itu, bulletproof coffee juga memiliki manfaat untuk menjaga fungsi otak dan membantu mengurangi resiko penyakit kanker.

Selain itu, kopi ini menghasilkan lemak yang nantinya menjadi sumber energi bagi tubuh. Dengan lemak tersebut, tubuh diklaim tidak akan cepat mengalami kelelahan. Itulah mengapa dikatakan bahwa kopi mentega mampu membuat tubuh kita menjadi lebih bertenaga.

Kopi Mentega Baik bagi Tubuh, Benarkah?

Pada dasarnya, mengonsumsi kopi mentega ini sama halnya ketika Anda melakukan diet keto. Keduanya sama-sama meminimalisir asupan karbohidrat ke dalam tubuh dan sebaliknya, memaksimalkan fungsi lemak dan protein hewani untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Oleh sebab itu, terjadilah kemudian yang dinamakan proses ketosis dimana tubuh akan kekurangan karbohidrat dan zat gula.

Di balik manfaat kopi mentega sebagai penurun berat badan dan lain-lain, tidak serta merta menjadikan minuman ini sebagai minuman yang benar-benar menyehatkan bagi tubuh. Hal ini utamanya berkaitan dengan efek jangka panjang mengonsumsi kopi mentega.

Menurut ahli gizi dari UCLA, Amy Schnabel, manfaat bulletproof coffee hanya untuk jangka pendek. Hal ini karena walaupun kopi mentega memiliki antioksidan yang baik dan bebas karbohidrat, ia cenderung akan menjadibumerangjika Anda tidak mengimbanginya dengan asupan gizi dan nutrisi yang lainnya.

Akhirnya? Alih-alih Anda bugar dengan bentuk tubuh ideal seperti yang diinginkan, serangan penyakit kurang gizi menjadibencanaselanjutnya yang akan dihadapi. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda hanya bergantung pada kopi mentega kala tengah berdiet.

1. Jadikan Kopi Mentega Hanya Sebagai Penunda Lapar

Menjadikannya sebagai penunda lapar kiranya masih lebih tepat. Sisanya, tetap terapkan pola makan dengan gizi seimbang. Dengan begitu, tubuh pun tetap memiliki asupan gizi yang baik.

2. Perhatikan Kandungan Kalori Pada Kopi Mentega

Kopi yang dicampur dengan mentega memiliki jumlah kalori sekitar 200-300 lebih banyak jika dibandingkan dengan kopi hitam biasa. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin tanpa dibarengi asupan nutrisi lainnya, bukan tidak mungkin program diet Anda justru terancam gagal. Hal ini karena berat Anda berpotensi malah bertambah sekitar 9-14 kilogram per tahun.

Selain itu, kombinasi mentega dan MCT disebut akan meningkatkan kadar lemak jenuh yang berpotensi pula terhadap peningkatan kolesterol jahat bernama LDL. Sayangnya, LDL inilah yang oleh sejumlah ahli kesehatan ditengarai menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke dan jantung.

Baca juga: Diet Telur Bisa Turunkan Berat Badan 11 Kg? Ini Dia Caranya!

Resep Kopi Mentega

Setelah mengetahui informasi penting terkait bulletproof coffee, kini saatnya Anda coba untuk membuatnya sendiri. Berikut ini resep kopi mentega:

Bahan-Bahan Kopi Mentega

  • 250 ml air
  • 2-3 sendok makan kopi bubuk (tergantung pilihan Anda)
  • 1 sendok makan mentega organik atau unsalted grass-fed butter
  • 1 sendok teh minyak MCT (kandungan MCT ada di minyak kelapa) 

 Cara Membuat Kopi Mentega

  • Seduh kopi dalam 250 ml air yang sudah mendidih
  • Campurkan bahan-bahan lainnya dan aduk sampai berwarna keemasan
  • Masukkan semua bahan beserta es batu dan blender selama kurang lebih 30 detik

Diet dengan Kopi Mentega Tidak Salah, Asal Tidak Berlebihan

Tidak ada yang salah dengan keputusan Anda menjadikan kopi mentega sebagai penolong untuk menurunkan berat badan Anda. Sebagaimana ditulis dalam sub-judul ini, kiranya jangan sampai Anda berlebihan mengonsumsinya dan cenderung meninggalkan metode lain yang sebenarnya lebih sehat dan tepat yakni menjaga pola makan. Bulletproof coffee juga bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin merasakan sensasi baru dalam menikmati kopi. Semoga bermanfaat!