Terbit: 12 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com Apakah anda sedang melakukan diet yang mengharuskan Anda mengurangi kalori atau porsi makan Anda? Ya, sebagian besar diet memang mengharuskan agar kita mengontrol asupan kalori dalam tubuh.

Diet Tetap Kenyang Meski Porsi Makan Berkurang dengan 5 Tips Mudah Ini!

Hal yang paling umum dilakukan, tentu saja mengurangi porsi makan agar tercipta keseimbangan kalori negatif yang kemudian dapat menurunkan berat badan.

Lazimnya, hal tersebut tentu akan membuat kita merasa kelaparan, ya. Kondisi ini tentu wajar mengingat kebutuhan kalori yang biasanya terpenuhi, jadi harus dikurangi asupannya.

Padahal, jika dipilih dengan tepat, kita bisa lho tetap mengurangi kalori yang masuk tanpa harus membuat tubuh merasa kelaparan.

Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi porsi makan tanpa harus kelaparan di bawah ini!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

1. Gunakan piring yang berukuran kecil

makanan-fitnes-doktersehatPernahkah Anda perhatikan mengapa Anda jadi banyak makan saat berada di restoran atau acara jamuan makan? Salah satu hal yang bisa menyebabkan kita jadi makan lebih banyak di saat tersebut, bisa jadi dipengaruhi oleh ukuran piring yang besar, lho.

Suatu survey pernah membuktikan bahwa orang akan cenderung mengisi piringnya dengan lebih dari 70% bagian piring yang harus terisi makanan.

Nah, maka dari itu, kita bisa memanfaatkan hal ini untuk mengurangi porsi makan saat diet namun tetap merasa banyak makan, dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Secara tidak sadar, kita akan merasa makan dalam porsi yang besar karena makanan telah banyak mengisi bagian piring kecil.

2. Minum air putih atau memilih makanan pembuka yang berkuah terlebih dahulu

Kombinasi-sup-rendah-kalori-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/stu_spivack

Agar asupan makanan tidak berlebihan, usahakan Anda selalu minum air putih atau mengonsumsi makanan pembuka.

Air putih, atau makanan pembuka yang berkuah, misalnya sup rendah kalori, bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengurangi nafsu makan karena dapat mengisi volume lambung lebih banyak, sehingga nafsu makan bisa ditekan.

Selain air putih dan sup, salad dari sayuran segar yang banyak mengandung cairan, misalnya salad dari daun selada, tomat dan timun, bisa jadi pilihan yang tepat sebelum makan.

3. Ambil sayuran terlebih dahulu baru kemudian makanan pokok

doktersehat-makanan-diet

photo credit : pexels.com

Sebagian besar orang tentu sangat terbiasa mengambil makanan pokok, seperti nasi atau mi terlebih dahulu, ya. Makanan yang diambil terlebih dahulu, cenderung akan kita ambil dalam porsi yang banyak.

Sayangnya,hal ini tidak dianjurkan untuk Anda yang sedang melakukan diet dan mengurangi porsi makan, karena makanan pokok memiliki kandungan kalori yang besar.

Untuk itu, ganti kebiasaan mengambil makanan pokok terlebih dahulu dengan mengambil makanan yang rendah kalori namun membuat kenyang, yaitu sayuran.

4. Selalu tambahkan makanan berprotein dalam piring makanan Anda

Diet-dukan-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/mosespreciado

Setelah menambahkan sayuran dalam jumlah banyak, usahakan selalu menyertakan makanan berprotein dalam piring makanan Anda. Makanan berprotein akan membuat tubuh tetap bertenaga dan asupan gizi untuk metabolisme dan sel dasar tubuh tetap terpenuhi.

Anda bisa memilih protein hewani maupun nabati, akan tetapi pastikan metode pengolahan atau masak yang Anda pilih tidak menggunakan banyak minyak, ya.

5. Makan di meja makan dan tidak melakukan hal lain saat makan

Usahakan untuk makan di meja makan, hal ini sangat berpengaruh agar Anda bisa mengontrol asupan dan porsi makan dengan tepat.

Makan bukan pada tempatnya, atau sambil menonton televisi maupun bermain gadget, akan membuat kita terpengaruh tidak fokus sehingga membuat kita ingin menambah porsi makan lebih banyak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi