Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dewi Hughes dulu dikenal dengan postur tubuhnya yang besar dan berat badannya yang berlebih. Namun tahukah Anda bahwa Dewi Hughes kini sudah langsing karena sukses menerapkan Diet Kenyang. Kira-kira apakah diet kenyang itu?

Diet Kenyang Ala Dewi Hughes, Turun 80 Kg Hanya Dalam 15 Bulan!

Photo Credit: Instagram/hughes.dewi

Kita tentu sering mendengar ada berbagai macam jenis diet yang menjanjikan mampu menurunkan berat badan dengan cepat.

Namun menurut pakar kesehatan Nikolaos Katsilambros, dari University of Athens Medical School, penurunan berat badan yang tepat dan sehat ditunjukkan dengan berkurangnya total berat badan tidak lebih dari 0,5 hingga 1 kilogram dalam 1 minggu.

Angka tersebut cukup medekati diet yang telah diterapkan oleh Dewi Hughes. Jadi apakah diet yang dilakukan oleh Dewi Hughes bisa kita sebut penurunan berat badan yang sehat?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Berdasarkan penjelasan Dewi Hughes dalam akun YouTube-nya, beberapa hal yang diterapkan dalam dietnya adalah:

1. Melakukan clean eating

 

Yaitu makanan yang dikonsumsi adalah bahan makanan segar, yang tidak diolah berlebihan, tanpa pengawet, pewarna, pemanis, garam dan penyedap, bebas bahan kimia atau pestisida serta mengutamakan buah lokal.

2. Mengonsumsi buah, sayur dan kacang-kacangan lebih banyak

 

Bahan makanan diganti dengan makanan clean eating, utamanya buah, sayur dan kacang-kacangan. Konsumsi buah, sayur dan kacang-kacangan diolah dalam berbagai bentuk seperti jus, salad atau olahan sayur lain yang boleh dikonsumsi setiap dua jam sekali dan dalam jumlah yang banyak.

3. Meningkatkan konsumsi cairan

Air yang banyak dikonsumsi adalah air putih dan air kelapa. Air putih boleh diolah dengan penambahan rasa menjadi infuse water. Konsumsi air ini diusahakan 1 liter saat pagi hari, air diminum dengan jeda setiap ½ – 1 jam, mulai baru bangun tidur.

4. Mengganti makan utama dengan menu yang berbahan dasar sayur

 

Konsumsi menu berbahan dasar sayur misalnya cap cay, atau urap sayur sebagai menu makan besar (pagi, siang dan malam) sangat dianjurkan. Namun tentu dengan porsi yang cukup besar untuk memenuhi kalori dasar tubuh sehingga tubuh tidak lemas. Minimalkan penggunaan protein hewani misalnya bakso atau daging ayam pada capcay.

5. Mengonsumsi karbohidrat dari umbi-umbian

 

Konsumsi nasi diganti dengan ubi, atau kentang dan jagung sehingga karbohidrat tetap terpenuhi.

Prinsip diatas hampir sama dengan prinsip diet sehat yang diteliti oleh Yale University School of Public Health yaitu makanan yang mendukung kondisi kesehatan tubuh adalah makanan plant based yang rendah penggunaan bahan tambahan pangan.

Sehingga Diet Kenyang ala Dewi Hughes tidak hanya membuat kenyang karena asupan makanan yang tinggi serat dari buah, sayur, kacang dan umbi-umbian namun juga bisa jadi memberikan manfaat kesehatan ditambah dengan penurunan berat badan untuk individu yang menerapkannya.

Namun, Dewi Hughes menyebutkan bahwa diet yang dilakukannya adalah berdasarkan pengalamannya sendiri. Jadi alangkah lebih baiknya jika kita ingin menerapkan diet ini untuk berkonsultasi ahli kesehatan agar penerapannya bisa sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing orang,

Bagaimana, terinspirasikah Anda dengan penurunan berat badan ala Dewi Hughes?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi