3 Cara Diet Menggunakan Jeruk Nipis yang Benar

Doktersehat-diet-jeruk-nipis

DokterSehat.Com – Dalam menurunkan berat badan, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah diet jeruk nipis. Ya, diet jeruk nipis adalah salah satu metode menurunkan berat badan yang cukup populer dan digemari oleh banyak orang. Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang tepat?

Cara Mengonsumsi Jeruk Nipis yang Benar

Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui jenis diet ini, namun tidak semuanya mendapatkan manfaat diet jeruk nipis. Banyak yang menggunakan jenis diet ini karena meyakini bahwa seluruh nutrisi pada jeruk nipis bisa membakar lemak dalam tubuh.

Adapun nutrisinya seperti vitamin C, vitamin B1, karbohidrat, protein, lemak, zat besi, fosfor, kalsium, dan air. Nah, bagi Anda yang tidak tahu bagaimana caranya, berikut adalah cara diet dengan jeruk nipis yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Pastikan lambung Anda sehat

Pertama, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan diet jeruk nipis, pastikan terlebih dahulu jika lambung Anda dalam keadaan sehat. Sebab, keasaman pada jeruk nipis terbilang cukup tinggi sehingga bisa membuat gangguan lambung bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit lambung.

Bahkan, banyak yang merasa sakit dan nyeri pada perut karena bersikukuh menjalankan diet jeruk nipis. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu kondisi lambung Anda, jika memang sehat dan tidak ada kendala, maka metode diet jeruk nipis aman untuk dilakukan.

  • Pilih jeruk nipis matang

Dalam hal ini, tidak sedikit orang yang salah dalam memilih jeruk nipis. Pasalnya, mereka lebih memilih jeruk nipis muda karena dianggap lebih segar. Padahal, jeruk nipis yang matang adalah pilihan yang tepat karena seluruh kandungan dan nutrisinya akan lengkap dan seimbang.

Salah satu kandungan yang didapatkan pada jeruk nipis matang adalah Citrus Aurantifolia yang bisa meluruhkan lemak di dalam tubuh Anda.

  • Terjadwal

Satu hal yang tak kalah penting dalam melaksanakan diet jeruk nipis adalah Anda harus menjadwalkan diet jeruk nipis. Sebaiknya, dalam satu hari Anda mengonsumsi air jeruk nipis hangat hanya 3 gelas saja.

Satu gelas di pagi hari, satu gelas di siang hari, dan satu gelas menjelang tidur. Usahakan rutin dan jangan sampai melewatkan satu waktu sekalipun untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Diet Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Pada prinsipnya, menurunkan berat badan adalah bagaimana Anda mengonsumsi makanan yang rendah kalori namun mengenyangkan seperti makanan kaya serat dan protein sehat yang diolah rendah lemak sehingga berkalori rendah. Berikut adalah manfaat diet jeruk nipis bagi kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan sistem pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, maka hal ini akan membuat Anda lebih susah untuk menjalankan diet. Sedangkan, jika Anda menjalankan diet jeruk nipis maka kandungan senyawa flavonoidnya dapat melancarkan pencernaan Anda.

Dengan begitu, tubuh pun jadi tak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Pasalnya, timbunan zat-zat sisa tersebut bisa membuat perut dan pinggang tambah lebar.

  • Menunda rasa lapar

Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat bisa membuat kenyang lebih lama. Begitu juga saat Anda menjalankan diet jeruk nipis.

Jeruk nipis menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Sehingga godaan untuk konsumsi camilan berlebihan bisa diatasi.

  • Mengoptimalkan pembakaran lemak

Meski diet jeruk nipis bagi beberapa orang dipercaya bisa menurunkan berat badan, hal itu tidak serta merta mengonsumsi jeruk langsung membakar lemak di tubuh. Karena pada dasarnya, tidak satu pun makan yang memiliki kemapuan untuk membakar lemak.

Namun, jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat. Menurut sebuah penelitian, zat-zat tersebut bisa membakar lemak hingga 30% lebih banyak ketika Anda beraktivitas dan berolahraga.

Ini karena kandungan dalam jeruk nipis mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh. Maka, ketika Anda beraktivitas fisik, lemak dan gula dalam tubuh Anda akan diubah lebih cepat menjadi sumber energi. Hal ini tentu baik untuk membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Jangan Mengandalkan Diet Jeruk Nipis

Meski diet jeruk nipis dapat Anda masukan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan, perlu Anda ketahui bahwa tidak ada satu pun jenis buah atau makanan yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Menurunkan berat badan perlu usaha yang seimbang, mulai dari gaya hidup, pola makan, dan aktivitas fisik. Memperbanyak pengeluaran kalori dengan berolahraga dan bergerak lebih aktif adalah metode yang tidak boleh dilewatkan dalam menjalankan diet. Sehingga Anda tidak hanya mengandalkan metode diet jeruk nipis saja, akan tetapi harus rutin berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang teratur makan pagi, siang, dan malam lebih dapat menjaga berat badan ideal. Sarapan yang mengandung cukup serat dan protein dapat membuat Anda tetap merasa kenyang hingga tiba waktu makan siang.

baca juga: 23 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesembuhan Penyakit

Jadi, jika Anda sudah rutin menjalankan diet jeruk nipis di pagi hari tetapi tidak menjaga pola makan yang baik seperti tetap mengonsumsi makanan olahan, minuman beralkohol atau minuman soda dan ketidakmampuan mengatasi stres, maka manfaat jeruk nipis untuk diet tidak akan terasa dampaknya.

Pada akhirnya, meski jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun jika diet jeruk nipis digunakan sebagai cara menurunkan berat badan, sepertinya penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan kebenarannya. Selain itu, semua makanan yang dikonsumsi berlebihan tak terkecuali jeruk nipis mungkin saja dapat menyebabkan gangguan kesehatan.