Terbit: 27 Februari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Presenter Dewi Hughes berhasil menurunkan berat badan dengan metode diet hipnoterapi. Berat badannya yang melebihi 100 kilogram turun mencapai 59 kilogram dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun saja. Bagaimana caranya? Ketahui apa itu diet hipnoterapi, cara diet hipnoterapi, dll.

Diet Hipnoterapi: Metode, Cara, Aturan, Tips, dll

Apa Itu Hipnoterapi?

Hipnoterapi adalah metode hipnosis yang dilakukan oleh terapis untuk membantu pasien mengobati suatu kondisi, seperti gangguan kecemasan, gejala stres dan depresi, penyalahgunaan obat terlarang, fobia, disfungsi seksual, gangguan tidur, serta kebiasaan buruk mengompol, merokok, menggigit kuku, dll.

Terapi ini memengaruhi alam bawah sadar pasien untuk fokus, konsentrasi, dan melakukan cara-cara agar tujuan pengobatan tercapai. Hipnoterapi adalah perawatan psikologis atau medis yang hanya dapat dilakukan oleh ahli terapi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien tersebut.

Belakangan ini, teknik hipnoterapi juga digunakan untuk membantu program menurunkan berat badan dengan mengubah perilaku, emosi, dan kebiasaan makan orang tersebut dengan program pola makan dan pola hidup yang lebih sehat. Metode ini kemudian dikenal sebagai diet hipnoterapi.

Apa Itu Diet Hipnoterapi?

Diet hipnoterapi adalah cara diet dengan metode hipnosis, pemrograman neuro-linguistik (NLP), dan klinis modern. Cara ini digunakan untuk menghipnosis pikiran bawah sadar Anda untuk tujuan menurunkan berat badan. Seorang ahli terapi akan memprogram ulang pikiran Anda untuk menerapkan pola makan dan pola hidup sehat.

Terapis akan melakukan hipnosis yang mengubah pola pikir Anda terhadap makanan dimana Anda akan diajari untuk mengatur porsi makan, jadwal makan, jenis makanan, serta penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Secara otomatis, otak Anda akan merubah pola pikir agar selalu menjalani pola hidup sehat seperti untuk tidak makan makanan berlemak atau makanan dengan pengawet, dll. Teknik hipnosis untuk menurunkan berat badan ini juga akan memotivasi Anda untuk melakukan olahraga rutin.

Tujuan diet hipnoterapi adalah untuk mensugesti diri Anda agar Anda tetap percaya diri dengan kondisi tubuh Anda. Cara kerja hipnoterapi adalah dengan memodulasi aktivitas di daerah otak untuk mengubah pikiran, perilaku, emosi, persepsi, sensasi, dan emosi yang dalam kasus ini bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Hipnoterapi: Cara Kerja, Manfaat, Risiko, Persiapan Sebelum Melakukan

Cara Diet Hipnoterapi

Diet hipnoterapi menjadi trend diet saat ini karena dianggap efektif untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan gaya hidup sehat. Diet hipnoterapi adalah cara untuk mengganti kebiasaan buruk pada pola makan dan pola hidup agar menjadi lebih baik melalui saran dan perawatan dari ahli hipnoterapi.

Cara diet hipnoterapi setiap orang mungkin berbeda-beda tergantung pada apa tujuan Anda, kondisi tubuh Anda, metode terapis, durasi terapi, serta terapis Anda mungkin akan berkonsultasi dengan ahli medis lainnya terkait kondisi kesehatan Anda.

Secara umum, cara diet hipnoterapi yang diterapkan oleh ahli terapi adalah untuk mensugesti Anda menerapkan pola pikir sebagai berikut:

  • Membayangkan penampilan Anda bila berat badan Anda turun.
  • Membayangkan kebugaran dan kesehatan yang akan Anda miliki dengan tubuh yang lebih ramping.
  • Membayangkan perasaan Anda bila Anda dapat mencapai apa yang Anda cita-citakan.
  • Membayangkan kepercayaan diri dan energi setelah berat badan turun.
  • Membayangkan dapat hidup lebih sehat dengan berolahraga.

Ahli hipnoterapi Anda akan mengantar Anda ke kondisi relaksasi yang dalam. Setelah Anda mencapai kondisi pikiran yang reseptif, ahli hipnoterapi Anda akan memandu Anda untuk mengubah kebiasaan makan, kebiasaan tidur, jadwal olahraga, dan lainnya demi mencapai tujuan penurunan berat badan.

Sementera itu, menu diet hipnoterapi juga akan tergantung pada tujuan Anda. Secara umum, menu diet yang paling ideal adalah:

  • Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan kalori seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, susu rendah lemak, daging dan ikan rendah lemak.
  • Mengurangi kandungan gula, garam, dan minyak di makanan.
  • Melakukan olahraga secara teratur.
  • Membatasi minuman bersoda, minuman manis, dan minuman beralkohol.
  • Minum air putih yang cukup setiap hari.

Anda dapat merencanakan pola makan yang cocok dengan diet Anda. Dalam teknik diet hipnoterapi, Anda akan dibantu untuk mengelola emosi negatif yang akan berpengaruh pada pola makan Anda.

Baca Juga: 15 Cara Diet Alami dan Sehat (Cepat Turunkan Berat Badan)

Seberapa Efektif Diet Hipnoterapi?

Metode hipnosis dapat mendukung program diet Anda karena Anda diarahkan untuk mengubah kebiasaan makan yang sembarangan, namun seberapa efektif metode diet ini tergantung pada setiap individu yang menjalankannya.

Umumnya, diet hipnoterapi harus dibarengi dengan terapi kombinasi, perawatan kesehatan tertentu, latihan olahraga teratur, serta konseling kesehatan. Sementara itu, belum ada penelitian khusus yang membuktikan hipnoterapi 100% efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Tips Menurunkan Berat Badan

Selain melakukan diet hipnoterapi, berikut ini adalah tips menurunkan berat badan, yaitu:

  • Lakukan olahraga setiap hari dalam satu minggu.
  • Cobalah latihan olahraga seperti berjalan aerobic selama 150 menit.
  • Coba untuk latihan olahraga yang lebih berat seperti berlari atau berenang selama 75 menit dalam satu minggu.
  • Menghitung asupan kalori, lemak, dan gula sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebihan.
  • Tidak makan cemilan sembarangan.
  • Makan buah dan sayur.
  • Makan makanan berserat agar lebih lama kenyang.
  • Mencukupi asupan mineral yaitu 6-8 gelas hari per hari.
  • Membuat jadwal makan yang ideal.

Diet hipnosis dapat menurunkan berat badan lebih cepat namun tetap harus didukung dengan makanan bergizi, olahraga rutin, dan mungkin membutuhkan terapi kombinasi lainnya.

Baca Juga: 12 Makanan yang Tidak Bikin Gemuk di Malam Hari – Tips Diet

Efek Samping Hipnoterapi

Berikut ini adalah efek samping dari diet hipnoterapi yang mungkin terjadi, yaitu:

  • Mengantuk
  • Gelisah
  • Sakit kepala
  • Membuat halusinasi

Selain itu, Anda harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum melakukan hipnoterapi untuk menurunkan berat badan. Orang-orang yang berada di bawah obat-obatan atau minuman beralkohol tidak dianjurkan melakukan diet hipnoterapi.

Itulah pembahasan tentang diet hipnoterapi. Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu Anda dalam menentukan program diet yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

  1. City Hypnosis. 2018. THE TOP 10 REASONS TO USE WEIGHT LOSS HYPNOTHERAPY. https://www.cityhypnosis.com/blog/weight-loss-hypnotherapy/. (Diakses pada 27 November 2019).
  2. Hypnotherapy Dictionary. 2019. Weight loss. https://www.hypnotherapy-directory.org.uk/articles/weightloss.html. (Diakses pada 27 November 2019).
  3. Marcin, Ashley. 2018. Hypnotherapy for Weight Loss: Does It Work?. https://www.healthline.com/health/hypnotherapy-weight-loss. (Diakses pada 27 November 2019).
  4. Psychology Today. 2018. Hypnotherapy. https://www.psychologytoday.com/us/therapy-types/hypnotherapy. (Diakses pada 27 November 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi