Panduan Diet Sehat Golongan Darah A untuk Menurunkan Berat Badan

diet-sehat-golongan-darah-a-doktersehat

DokterSehat.Com – Diet golongan darah adalah salah satu diet yang sudah sangat populer. Diet yang dilakukan menyesuaikan dengan golongan darah kita ini dianggap mampu untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan risiko penyakit. Kali ini yang akan dibahas adalah diet golongan darah A. Lalu, bagaimana jika ingin melakukan diet sehat golongan darah A untuk menurunkan berat badan?

Diet Golongan Darah

Sesuai dengan namanya, diet golongan darah adalah diet yang dibedakan berdasarkan golongan darah seseorang. Diet yang dipopulerkan oleh seorang dokter naturopati, Dr. Peter J. D’Adamo ini mengahruskan kita untuk mengonsumsi makanan sesuai dengan golongan darah kita.

Menurut Dr. D’Adamo, diet golongan darah dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh, meningatkan kebugaran tubuh, dan tentunya menurunkan risiko berbagai penyakit. Pola makan yang lebih sehat ini juga banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan jumlah golongan darah secara umum, terdapat empat jenis diet yang berbeda yaitu diet golongan darah A, B, AB, dan O. Setiap golongan darah memiliki aturannya sendiri tentang makanan yang baik untuk dimakan dan sebaiknya dihindari. Diet golongan darah yang akan dibahas kali ini adalah diet golongan darah A.

Fakta Golongan Darah A

Dilansir dari lama resmi diet golongan darah, www.dadamo.com , keunikan dari golongan darah A adalah banyaknya faktor neurokimoawi yang ada dalam disposisi genetiknya. Hal ini yang membuat pemilik golongan memiliki kehidupoan yang terstruktur, harmonis dan berirama. Golongan darah A juga dikelilingi dengan lingkungan yang positif dan suportif.

Golongan darah A adalah yang memiliki interkoneksi paling baik antara tubuh dan pikiran jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya. sayangnya golongan darah A juga dianggap mudah stres. Cara untuk mewujudkan kehidupan sehat untuk golongan darah A adalah dengan gaya hidup sehat, keseimbangan hormon, olahraga ringan, dan diet sehat golongan darah A.

Panduan Melakukan Diet Sehat Golongan Darah A

Tertarik untuk melaksanakan diet golongan darah A? Sebelumnya ketahui lebih dulu jenis-jenis makanan yang paling direkomendasikan dan harus dihindari oleh pemilik golongan darah A. Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah makanan yang boleh dimakan dan sebaiknya dihindari golongan darah A:

1. Protein hewani

Protein adalah salah satu makronutiren yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu sumber protein adalah dari hewan atau disebut juga dengan protein hewani. Protein hewani yang direkomendasikan untuk golongan darah A didominasi oleh hasil laut.

Boleh dikonsumsi: ayam, kalkun, ikad kod, ikan mas, ikan kembung, ikan kerapu, ikan sarden.

Sebaiknya dihindari: daging sapi, daging babi, daging domba, daging rusa, bebek, angsa, ikan teri, ikan barakuda, ikan lele, kerang, kavia, kepiting, udang, belut, lobster, dan cumi-cumi.

2. Olahan susu

Olahan susu sebenarnya dianggap sulit untuk diserap oleh golongan darah A. namun masih terdapat beberapa produk yang bisa masuk ke daftar diet golongan darah A seperti berikut ini.

Boleh dikonsumsi: yogurt, kefir, keju, susu kambing.

Sebaiknya dihindari: semua produk yang tidak tercantum dalam daftar yang diperbolehkan.

3. Kacang-kacangan

Selain protein hewani, protein juga banyak didapat dari jenis kacang dan polong-polongan. Berikut adalah beberapa jenis kacang-kacang yang boleh dikonsumsi dan sebaiknya dihindari.

Boleh dikonsumsi: kacang tanah, kacang kenari, biji labu, kedelai merah, kacang hijau, kacang polong hitam.

Sebaiknya dihindari: kacang brazil, kacang mete, jagung, wijen, kacang polong, asam jawa.

4. Padi-padian

Sebagian besar padi-padian ditoleransi baik oleh golongan darah A. Padi-padian umumnya dijadikan sebagai sumber karbohidrat yang merupakan nutrisi yang sama pentingnya seperti protein bagi tubuh.

Boleh dikonsumsi: amaranth, gandung kuda, kue beras, gandum hitam, mie soba, pasta artichoke.

Sebaiknya dihindari: granola, wheat bran, gandum durum.

5. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran dibutuhkan untuk memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, sayuran juga umumnya mengandung serat tinggi yang dibutuhkan untuk menjaga pencernaan. Ada cukup banyak jenis sayuran yang bisa dikonsumsi dalam diet golongan darah A.

Boleh dikonsumsi: bawang putih, bawang merah, wortel, brokol, kale, labu kuning, bayam, lobak, peterseli, okra, selada.

Sebaiknya dihindari: paprika, zaitun, kentang, ubi, kubis, tomat, kacang lima, terong, jamur.

6. Buah-buahan

Sama seperti sayur-sayuran, buah-buahan juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh. Jumlah buah-buahan yang termasuk ke dalam diet golongan darah A juga cukup banyak.

Boleh dikonsumsi: plum, prem, buah tin, jeruk bali, lemon, nanas, aprikot, blueberry, cranberry.

Sebaiknya dihindari: melon, blewah, jeruk, strawberry, blackberry, mangga, pepaya, pisang, kelapa.

7. Rempah atau bumbu

Rempah atau bumbu dibutuhkan untuk meningkatkan cita rasa masakan. Rempah dan bumbu juga harus disesuaikan dalam diet golongan darah. Berikut adalah rempah dan bumbu yang boleh dikonsumsi dan sebaiknya dihindari oleh golongan darah A.

Boleh dikonsumsi: bawang putih, jahe, kecap, miso.

Sebaiknya dihindari: cuka, saus tomat, mayones, acar.

8. Minuman

Diet golongan darah juga membahas tentang minuman yang baik dan kurang baik untuk golongan darah tertentu.

Boleh dikonsumsi: teh hijau, air jahe, kopi, dan anggur merah.

Sebaiknya dihindari: bir, soda, teh hitam.

Tips Turunkan Berat Badan Dengan Diet Golongan Darah A

Diet sehat golongan darah A bertujuan untuk meningkatkan metebolisme tubuh dan juga menurunkan risiko berbagai penyakit. Sedangkan jika ingin menurunkan berat badan, maka berikut adalah beberapa tips yang harus diterapkan:

  • Perhatikan kalori setiap makanan. Sebaiknya konsumsi makanan dengan gizi seimbang.
  • Lakukan olahraga secara rutin. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa golongan darah A memang sebaiknya melakukan olahraga ringan jika ingin hidup sehat.
  • Lakukan diet dengan konsisten untuk menjaga berat badan ideal.
  • Diskusikan dengan dokter tentang diet ini, terutama jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu.