Turunkan Berat Secara Efektif dengan Diet Golongan Darah

diet-golongan-darah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Mendapatkan tubuh indah dan sehat memang gampang-gampang susah. Memang ada banyak metode yang berkembang saat ini dan menawarkan bentuk tubuh menawan. Kadang cara tersebut memang terasa sangat berat, namun jika kita disiplin melakukannya, hasilnya pun bisa sangat memuaskan. Dan di antara sekian banyak metode diet, salah satu yang menarik adalah diet golongan darah.

Konsep diet ini ditemukan pertama kali oleh seorang naturopath bernama Peter J.D’Adamo. Dia mengungkapkan bahwa makanan yang dimakan seseorang akan bereaksi scara kimia dengan darah, dan efeknya tidak akan sama satu sama lain bergantung golongan darahnya.

Karenanya, jika seseorang mengikuti diet sesuai dengan yang didesain untuk golongan darahnya, maka hasilnya akan lebih baik dan efisien karena tubuh mendapat asupan sesuai dengan yang dibutuhkan. Tujuan utamanya tak hanya penurunan berat badan, namun juga bertambahkan energi, dan pencegahan terhadap berbagai penyakit. Adapun makanan yang disajikan dalam diet ini antara lain adalah:

1. Golongan Darah O

Tipe darah ini membutuhkan banyak protein yang berasal dari daging tanpa lemak, daging unggas dan ikan, gandum, kacang, dan susu. Pemilik darah O umumnya memiliki masalah pencernaan sehingga membutuhkan suplemen untuk mengatasinya.

2. Golongan Darah A

Golongan darah A disarankan menjalani diet tanpa lemak, dengan makanan seperti buah dan sayuran, kacang, polong-polongan, dan gandum. Mereka harus makan makanan yang organik dan segar karena kebanyakan pemilik darah A memiliki masalah sistem imun.

3. Golongan Darah B

Untuk pemilik darah B, jauhi makanan seperti jagung, gandum, gandum hitam, kacang-kacangan, tomat, ayam, dan biji-bijian. Golongan darah B sebaiknya memakan sayuran hijau, telur, daging, susu tanpa lemak.

4. Golongan Darah AB

Adapun makanan yang disarankan untuk tipe darah ini antara lain adalah tofu, seafood, susu, dan sayuran hijau. Pemilik darah ini cenderung memiliki asam lambung rendah sehingga disarankan menjauhi kafein, alkohol, rokok, dan daging kare.