DokterSehat.Com – Ada banyak sekali jenis diet yang menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu singkat. Salah satu yang paling populer adalah diet GM. Ya, bagaimana tidak dikatakan singkat, diet GM adalah diet yang mengklaim dapat menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam waktu satu minggu. Wah, menarik sekali, bukan?

diet-gm-doktersehat

Apa Itu Diet GM

Diet GM adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan tertentu selama 7 hari. Menu diet GM sudah ditentukan dan di antaranya hanya terdapat beberapa jenis makanan seperti buah, sayur, nasi merah, susu, dan daging tanpa kulit. Diet GM bukan termasuk jenis diet baru karena ternyata sudah ada sejak tahun 1985.

Singkatan diet GM ternyata diambil dari kata General Motors diet. Diet ini pada awalnya diterapkan untuk para karyawan General Motors, sebuah perusahaan di Amerika Serikat. Diet ini diklaim tidak hanya dikembangkan oleh perusahaan General Motors, tapi juga bersama dengan FDA (Food and Drug Administration) dan juga US Department of Agriculture, serta sudah diuji oleh Johns Hopkins Research Center.

Namun tidak diketahui hingga kini apakah asal-usul diet GM ini benar atau hanya sekedar mitos yang berkembang di masyarakat. Meskipun begitu, diet GM tetap banyak diminati karena klaimnya cukup menggiurkan yaitu dapat menurunkan berat badan hingga 7 kg, hanya dalam waktu 7 hari saja.

Diet GM yang sangat rendah kalori dianggap mampu untuk menghasilkan defisit kalori yang tidak hanya dapat menurunkan berat badan dengan cepat tetapi juga dapat memperbaiki kerja sistem pencernaan dan juga sebagai detoksifikasi tubuh. Bagaimana cara melakukan diet GM?

Tata Cara Diet GM

Diet GM baru akan berhasil dilakukan jika dilakukan sesuai dengan aturannya. Terdapat beberapa aturan dalam diet GM dan salah satu aturan yang paling ketat berkaitan dengan menu yang harus dikonsumsi setiap harinya. Berikut adalah menu diet GM dan beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika melakukan diet GM

Menu Diet GM

Menu diet GM yang diterapkan bisa berbeda-beda namun masih mirip dan menunya selalu terdiri dari 7 menu untuk pelaksanaan diet ini selama 7 hari. Berikut adalah menu diet GM yang paling populer

1. Hari ke-1

  • Buah-buahan, semua jenis buah kecuali pisang, semangka dan melon adalah yang paling disarankan, karena banyak mengandung air
  • Air putih 8-10 gelas.

2. Hari ke-2

  • Kentang rebus
  • Sayuran mentah atau dikukus atau ditumis tanpa minyak
  • Air putih 8-10 gelas.

3. Hari ke-3

  • Buah-buahan, semua jenis buah-buahan kecuali pisang
  • Sayur-sayuran, semua jenis sayuran kecuali kentang
  • Air 8-10 gelas.

4. Hari ke-4

  • 750 ml susu murni
  • Pisang dengan ukuran besar 4 buah atau pisang ukuran kecil 6 buah
  • Air putih 8-10 gelas.

5. Hari ke-5

  • 500 gr daging ayam tanpa kulit atau 2 cangkir nasi merah
  • 6 buah tomat
  • Air putih 8-10 gelas.

6. Hari ke-6

  • 500 gr daging ayam tanpa kulit atau 2 cangkir nasi merah
  • Sayur-sayuran, kecuali kentang, dimakan mentah atau diolah dengan diberus, dikukus atau ditumis tanpa minyak
  • Air putih 8-10 gelas.

7. Hari ke-7

  • Dua cangkir nasi merah dan sayur-sayuran
  • Satu atau dua gelas jus buah tanpa gula
  • Air putih 8-10 gelas.

Hal-Hal yang Harus Diketahui Ketika Menjalani Diet GM

Melaksanakan diet GM sesuai dengan tata caranya adalah salah satu kunci keberhasilan diet GM. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika melaksanakan diet GM:

  • Menu diet GM bersifat mutlak, sehingga Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi jenis makanan diluar dari menu tersebut.
  • Jumlah buah dan sayur tidak dibatasi, namun bisa Anda kosumsi secukupnya dan tidak berlebihan.
  • Porsi air putih 8-10 gelas per hari adalah porsi yang umum. Jika Anda termasuk orang yang terbiasa mengonsumsi banyak air maka Anda boleh mengonsumsi lebih dari 10 gelas. Namun jangan dikonsumsi secara berlebihan agar makanan lain dalam menu masih bisa Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.
  • Anda masih boleh mengonsumsi teh atau kopi, namun dilarang mengonsumsi minuman yang mengandung gula.
  • Sistem metabolisme setiap orang berbeda-beda, jadi tidak semua orang dapat menurunkan berat badan hingga 7 kg, meskipun dietnya bisa dikatakan berhasil.
  • Banyak diet GM yang menawarkan menu yang berbeda dari menu di atas, banyak di antaranya yang lebih ekstrim. Pilihlah rangkaian menu yang paling cocok bagi Anda dan jangan memaksakan diri.
  • Tidak disarankan untuk mengulang diet GM selama dua minggu berturut-turut. Rata-rata pelaku diet GM mengulangnya maksimal satu bulan sekali hingga mencapai berat badan yang diinginkan.

Bahaya Diet GM

Diet GM memang sangat menggiurkan karena dianggap mampu untuk menurunkan berat badan hingga 7 kilogram dalam waktu hanya 7 hari saja. Diet ini termasuk diet yang dapat menurunkan berat badan dengan sangat cepat dibandingkan jenis diet lainnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa diet GM juga relatif mudah karena tidak mewajibkan pelakunya untuk berolahraga.

Tapi meskipun terlihat mudah, bukan berarti diet GM tidak memiliki risiko. Diet GM sebenarnya merupakan diet yang tidak disarankan oleh ahli kesehatan. Risiko terbesar dari diet Gm adalah Anda dapat terkena malnutrisi. Hal ini terjadi akibat menu diet GM yang dikonsumsi tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Orang yang menjalani diet GM akan mengalami kekurangan nutrisi seperti protein, padahal protein adalah salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Menjalani diet yang menyebabkan kekurangan nutrisi pada dasarnya tidak baik dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan kembali dengan cepat. Hal ini disebabkan karena berat badan turun akibat berkurangnya air dalam tubuh, bukan berkurangnya lemak.

Kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan gangguan tubuh seperti anemia, lemah otot, kulit kering, hingga kerontokan rambut. Beberapa orang yang menjalani diet GM juga biasanya merasakan tubuh yang sangat lemah hingga sulit beraktivitas. Efek samping lain yang mungkin dialami akibat diet GM adalah seperti mual dan muntah.

Penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat juga pada dasarnya tidak baik untuk tubuh. Menurunnya berat badan secara ekstrim dalam waktu singkat bisa mengacaukan sistem metabolisme tubuh dan juga memicu timbulnya berbagai macam gangguan tubuh seperti malnutrisi, batu empedu, hingga terganggunya siklus menstruasi.

Diet yang menerapkan pola nutrisi seimbang sebenernya lebih disarankan, meskipun hasilnya tidak seinstan diet GM. Jika memang tetapi ingin melalukan diet GM, pastikan Anda telah paham semua risiko dan kekurangan dari diet ini. Tidak perlu memaksakan diri karena pada dasarnya tidak setiap jenis diet dapat dijalani oleh semua orang.

Kunci dari sebuah diet memang ada pada pengaturan pola makan. Tetapi usaha menurunkan berat badan seharusnya tidak hanya melalui diet saja. Olahraga juga merupakan kunci peting lainnya dari penurunan berat badan. Jadi jangan hanya mencari pola diet yang cocok untuk Anda jalani, tapi carilah juga jenis olahraga yang Anda sukai agar usaha menurunkan berat badan Anda akan lebih efektif dan tentunya menyehatkan.