Diet untuk Tubuh Endomorph: Aturan Makan & Olahraga Penunjang

diet-endomorph-doktersehat

DokterSehat.Com – Ada tiga jenis bentuk tubuh yang dimiliki oleh manusia yaitu ectomorph, lalu ada mesomorph, dan endomorph. Bentuk tubuh ectomorph adalah bentuk yang cenderung kecil atau kurus. Selanjutnya mesomorph cenderung stabil berada di tengah-tengah. Terakhir, endomorph adalah bentuk badan yang cenderung besar.

Apa itu diet endomorph?

Diet adalah pengaturan pola makan yang dilakukan untuk mendapatkan tujuan pada tubuh yang dimiliki. Untuk itu, jenis makanan dan pola yang dilakukan bisa saja berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Ada yang harus memperbanyak protein. lemak, atau malah karbohidrat.

Nah, diet untuk bentuk tubuh yang dimiliki seseorang pun juga akan berbeda-beda satu dengan yang lain. Nah, pada pembahasan ini kita akan membahas tentang diet yang bisa dilakukan untuk kita yang memiliki bentuk tubuh endomorph atau cenderung besar dan juga berisi.

Tubuh seseorang yang memiliki bentuk tubuh endomorph biasanya memiliki metabolisme yang cenderung lebih rendah dibandingkan yang lain, Metabolisme ini menyebabkan seseorang menjadi mudah sekali menyimpan lemak di dalam tubuhnya. Kalau ada surplus kalori yang tidak digunakan, lemak akan mudah terbentuk dan tubuhnya kian menebal.

Kalau lemak yang dimiliki oleh seseorang kian menebal, Kondisi tubuhnya akan mengalami gangguan. Kalau lemak banyak, estrogen tentu akan lebih banyak dihasilkan. Pada wanita mungkin tidak akan memberikan cukup banyak masalah. Namun, pada pria akan memicu gangguan fungsi pada testosteron.

Dengan dasar di atas, akhirnya dibuatlah diet yang khusus untuk mereka yang memiliki bentuk tubuh lebih tebal. Diet tidak akan membuat tubuh pria dan wanita jadi menggemuk. Terpenting dari semua, diet tetap memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga fungsi semua organ berjalan dengan lancar.

Makanan yang boleh dimakan saat diet endomorph

Diet untuk mereka yang memiliki bentuk tubuh endomorph sebenarnya tidak memiliki cukup banyak perbedaan dengan diet lain. Protokolnya juga sederhana asalkan menggunakan beberapa makanan atau bahan makanan di bawah ini. Kalau Anda ingin mencoba berbagai jenis makanan untuk diet endomorph, gunakan makanan di bawah ini.

  1. Protein

Berbagai jenis protein sebenarnya bisa digunakan untuk diet endomorph. Protein dari berbagai jenis daging ayam tanpa lemak bisa digunakan. Selanjutnya ada juga protein dari telur baik utuh atau putihnya saja. Anda juga bisa mendapatkan protein dari beberapa jenis kacang termasuk kedelai dan olahannya.

Anda bisa mengkombinasikan berbagai jenis protein yang ada di luaran sana. Namun, kalau ingin mengonsumsi protein nabati khususnya yang bersumber dari kedelai, kandungan karbohidrat akan tinggi. Jadi, perhatikan berapa jumlah makanan yang dikonsumsi agar tidak over kalori dan akhirnya dibuat lagi menjadi lemak.

  1. Lemak

Jenis lemak yang cukup disarankan untuk diet endomorph adalah lemak yang sehat dan berjenis lemak tidak jenuh. Dengan menggunakan lemak tidak jenuh inilah energi akan didapatkan dalam jumlah banyak dan cepat dipakai oleh tubuh. Lemak tidak akan diubah lagi menjadi cadangan lemak yang nantinya akan disimpan di dalam tubuh.

Beberapa jenis lemak sehat yang bisa dikonsumsi adalah lemak dari ikan seperti tuna atau salmon. Selanjutnya lemak dari olahan susu juga bisa digunakan seperti keju dan juga yoghurt. Untuk minyak memasak, sangat disarankan menggunakan minyak zaitun yang sehat serta minyak kelapa murni yang warnanya jernih dan mudah beku di suhu dingin.

  1. Karbohidrat

Tidak semua karbohidrat cocok untuk diet endomorph. Oleh karena itu kita disarankan untuk lebih banyak menggunakan karbohidrat yang lebih spesifik. Karbohidrat dari biji-bijian seperti kacang merah dan sejenisnya boleh digunakan termasuk dari buah kecuali melon dan nanas.

Aneka jenis sayuran baik sayuran hijau yang mengandung serat hingga sayuran yang mengandung pati seperti kentang dan ubi boleh dikonsumsi asal sesuai dengan kebutuhan. Terakhir, beberapa jenis biji-bijian seperti gandum hingga quinoa boleh dikonsumsi juga.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat diet endomorph

Makanan yang sudah disebutkan sebelumnya bisa dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Selanjutnya beberapa makanan di bawah ini hendaknya tidak dikonsumsi atau dihindari karena bisa menyebabkan diet gagal dan susah untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

  • Nasi dan olahannya, roti putih, dan pasta.
  • Berbagai jenis makanan manis seperti permen, cokelat, hingga aneka kue.
  • Minuman ringan terlalu banyak seperti soda dan sirup.
  • Beberapa jenis sereal yang biasanya digunakan untuk sarapan.
  • Makanan yang diproses seperti makanan kaleng dan juga makanan cepat saji yang digoreng.
  • Aneka krim.
  • Makanan yang tinggi sodium atau garam.
  • Berbagai jenis alkohol.
  • Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba.

Olahraga untuk menunjang diet endomorph

Untuk menunjang diet endomorph, Anda disarankan untuk melakukan beberapa olahraga di bawah ini.

  • Olahraga angkat beban di tempat gym. Dengan melakukan olahraga angkat beban, Anda bisa membantu otot lebih banyak. Otot akan membantu tubuh dalam melakukan metabolisme.
  • Olahraga jenis interval training. Olahraga dengan jenis interval training ini akan membuat tubuh menjadi sangat panas. Tubuh yang panas akan mengalami peningkatan metabolisme yang cukup kuat dan bertahan lebih dari sehari.
  • Olahraga kardio ringan untuk membuat tubuh tetap aktif. Anda bisa jalan kaki atau jogging ringan secara rutin setiap harinya.

Inilah beberapa ulasan tentang diet yang cocok untuk mereka yang memiliki bentuk tubuh endomorph baik pria dan wanita. Meski memiliki bentuk tubuh yang cenderung besar dan mudah sekali menyimpan lemak, seseorang dengan kondisi ini tetap bisa memiliki bentuk tubuh yang baik asal menjaga apa yang dimakan dan rutin melakukan olahraga secara intens.