Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu cara menurunkan berat badan yang paling ampuh adalah dengan melakukan diet. Ada banyak metode diet diklaim ampuh dan tak membutuhkan waktu lama. Umumnya, ketika diet kita harus membatasi asupan makanan dan harus bisa memilih jenis makanan yang sehat dan aman dikonsumsi tanpa berpotensi menaikkan berat badan.

Diet dengan Kacang Tanah, Mau Coba?

Akan tetapi, tidak semua metode diet membuahkan hasil, malah justru sebaliknya. Alih-alih mendapatkan bentuk tubuh ideal, tapi justru badan semakin membesar. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan namun masih bingung ingin menggunakan metode diet seperti apa, cobalah untuk menerapkan diet dengan kacang.

Sesuai namanya, diet kacang mengharuskan Anda mengonsumsi kacang-kacangan, salah satunya adalah kacang tanah. Walaupun terdengar aneh, namun menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan khususnya kacang tanah, maka mereka akan mengalami penurunan berat badan.

Hal ini dikarenakan kacang tanah mengandung nutrisi penting seperti serat dan lemak sehat yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga, Anda tidak akan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar karena perut yang masih terasa kenyang.

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan adalah porsi kacang yang harus dikonsumsi setiap harinya. Dalam satu gram kacang tanah mengandung sekitar 160-200 kalori. Angka tersebut sama dengan satu genggam kacang tanah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Anda harus memerhatikan porsi kacang tanah yang akan dikonsumsi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Oleh sebab itu, cara mudah untuk menikmati kacang tanah agar mendapatkan manfaatnya dalam menurunkan berat badan ialah dengan mengambil satu genggam kacang tanah dan meletakkannya di dalam mangkuk. Cara ini dapat mencegah Anda mengonsumsi kacang tanah terlalu banyak.

Selain mengonsumsi kacang tanah dalam bentuk utuh, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan diolah menjadi selai kacang. Oleskan selai kacang pada satu lembar roti gandum dan konsumsi setiap pagi saat sarapan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi