DEBM, Diet Makan Banyak Lemak yang Bikin Langsing

diet-golongan-darah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Sudah pernah dengar Diet Enak Bahagia dan Mengenyangkan? yang disingkat menjadi DEBM, yang kini semakin populer karena diklaim dapat penurunan berat badan yang diringi dengan anjuran mengonsumsi makanan enak dan mengenyangkan. Cara diet DBM ini cukup unik lho, Teman Sehat!

Diet DEBM adalah tips menurunkan badan dengan membatasi asupan karbohidrat, namun diharuskan mengonsumsi banyak lemak.

Diet Enak Bahagia dan Mengenyangkan dianggap bahwa asupan karbohidrat merupakan penyebab utama terjadinya kenaikan berat badan, namun jika hanya mengonsumsi buah dan sayur, hormon dalam tubuh kita akan terganggu pembentukannya. Untuk itu konsumsi makanan tinggi lemak dan protein justru dianjurkan.

Diet DEBM diklaim mampu menurunkan berat badan sebanyak 2 kilogram dalam satu minggu, dengan melakukan beberapa prinsip diet, diet DEBM pemula bisa Anda coba nih, yaitu:

  • Melakukan pola makan tanpa asupan karbohidrat sama sekali
  • Selalu melakukan sarapan tanpa karbohidrat, contoh idealnya adalah telur, ikan, keju, ayam dan alpukat
  • Menyertakan protein hewani dalam setiap kali makan dan camilan. Camilan yang dianjurkan yang mengandung protein tinggi, misalnya telur dan keju
  • Sayur yang dianjurkan dalam diet ini adalah wortel, buncis, brokoli dan sayuran berdaun
  • Buah yang dilarang karena tinggi karbohidrat adalah pisang, pepaya, melon dan semangka
  • Penggunaan bumbu pengawet buatan, vetsin, garam, hingga kopi tidak dibatasi sama sekali
  • Beberapa pola makan diatur dengan pembatasan diet berdasarkan jam makan malam

Diet DEBM telah diikuti dan diterapkan serta disebut sukses untuk banyak orang. Namun, bagaimana dengan efeknya pada kesehatan?

Jika dilihat dari prinsip diet DEBM, maka diet ini termasuk dalam diet yang sangat rendah karbohidrat. Umumnya penerapan diet rendah karbohidrat memang efektif dalam menurunkan berat badan, utamanya pada orang dengan kondisi obesitas.

Namun asupan karbohidrat yang dibatasi ketat akan memengaruhi metabolisme zat gizi menjadi tidak seimbang, tubuh tentu akan merasa lemas, pusing hingga pingsan. Sedangkan dalam jangka panjang berbagai organ tubuh hingga pembentukan tulang bisa terganggu, serta diet yang rendah karbohidrat cenderung akan menyebabkan berat badan justru berfluktuasi, atau naik turun.

Selain itu, pemilihan bahan makanan yang tinggi lemak dan protein di setiap kali makan, mau tidak mau, tentu akan memengaruhi kondisi kadar darah tubuh.

Berbagai pedoman kesehatan dan penelitian telah membuktikan bahwa asupan makanan protein hewani, dan penggunaan minyak yang lebih dari 5 porsi dalam sehari, akan meningkatkan kadar LDL dalam darah karena kandungan lemak jenuh yang tinggi. Di samping itu konsumsi makanan protein tinggi yang berlebihan dalam jangka panjang dapat memengaruhi fungsi ginjal.

Tentu boleh-boleh saja Anda mencoba diet DEBM, tapi selalu cermati berbagai jenis diet yang baru Anda ketahui agar manfaatnya bisa maksimal, baik untuk berat badan dan kesehatan Anda.

Cara diet DEBM

1. Jauhi karbohidrat, namun makan tinggi lemak

Diet DEBM mengangjurkan Anda mengonsumsi lemak dan protein tinggi, dan jauhi karbohidrat. Diet ini bermanfaat untuk tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi.

2. Pantangan DEBM

Makanan yang mengandung karbohidrat juga harus dibatasi, seperti tepung, kentang, singkong, ubi, beras merah, beras ketan, dan gula. Buah-buahan juga tak luput dari pantangan diet DEBM, di antaranya buah pisang, semangka, mangga, pepaya, dan melon

3. Makanan pengganti karbohidrat dan buah

Makanan penggantinya sukup mudah, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran, seperti wortel, buncis, sayuran daun, lobak dan rebung. Sementara pengganti buah-buahan, Anda bisa mengantinya dengan buah alpukat, stroberi, Apel, dan pir.

4. Perbanyak lemak dan protein tinggi

Uniknya, diet DEBM justru menganjurkan Anda memperbanyak makan lemak dibanding diet lain yang mengharuskan sama sekali menjauhi lemak. Makanan tinggi lemak yang bisa Anda konsumsi seperti, telur, daging ayam, ikan, alpukat, dan keju.

5. Jangan lewatkan sarapan dan makan malam

Diet DEBM menyarankan Anda jangan melewatkan sarapan sesuai anjuran menu makan seperti yang dijelaskan di atas.

Agar usaha menurunkan berat badanmu ini terlaksana dengan lancar, sebaiknya kamu ikuti jadwal DEBM ini. Setelah bangun tidur, kamu diwajibkan untuk sarapan. Beberapa menu yang dianjurkan antara lain ayam, telur, ikan, keju, alpukat, dan berbagai macam jenis daging lainnya. Sementara untuk makan malam, batasi mengonsumsi karbohidrat. Jam makan malam di sarankan pukul 6 sore ya!

Itulah diet DEBM yang diklaim dapat menurunkan berat badan secara cepat. Bagaimana, mau mencobanya, Teman Sehat?