Terbit: 14 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara mengenai diet, tentu saja kita semua sudah tahu kalau diet merupakan metode penurunan berat badan yang paling ampuh sehingga cukup populer dilakukan. Hal itu memang benar dan telah banyak yang membuktikan. Sangking populernya, tak heran jika sampai saat ini ada berbagai jenis diet bermunculan, mulai dari diet keto, diet mayo, diet vegan, dan masih banyak lagi.

Diet CICO, Jenis Diet yang Membolehkan Anda Makan Sepuasnya!

Namun, ada satu jenis diet lagi yang tak kalah menarik dari semua jenis diet tersebut. Diet itu adalah diet CICO. Mungkin terdengar sedikit asing, tapi peminatnya lumayan banyak. Tahukah Anda apa itu diet CICO?

Jadi, diet CICO atau Calories In Calories Out merupakan jenis diet yang memiliki konsep untuk membatasi asupan kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh. Misalnya, dalam sehari tubuh Anda membutuhkan 500 kalori untuk beraktivitas, maka makanan yang Anda konsumsi seharusnya tidak lebih dari 500 kalori.

Sederhananya, diet CICO bisa dikatakan sebagai metode diet yang mengatur keseimbangan makanan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Diet CICO sendiri tidak membatasi makanan apapun kepada setiap pelakunya. Bahkan, diklaim siapapun bisa mengonsumsi makanan favoritnya setiap hari tanpa aturan khusus.

Hanya saja, kembali pada aturan utama, jumlah kalori harus seimbang dan tidak boleh melebihi dari yang dikeluarkan oleh tubuh. Walau terkesan menggiurkan, tapi diet ini sering membuat dilema pelakunya. Sebab, kebanyakan dari mereka tidak mengatahui berapa jumlah kalori yang dimakan dan yang dikeluarkan setiap hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Alhasil, dari banyaknya keluhan tersebut, didapati satu kesimpulan bahwa mengonsumsi makanan berkalori boleh saja, asal Anda memiliki aktivitas yang cukup padat setiap harinya. Lantas, ketika Anda tidak cukup gerak, maka Anda pun tidak diperbolehkan mengonsumsi kalori dalam jumlah banyak. Sehingga bisa diambil kesimpulan jika diet CICO membebaskan seseorang untuk mengonsumsi makanan favoritnya asalkan mengerti dengan kebutuhan tubuh dan dirinya sendiri.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi