Diet Bayam, Jenis Diet yang Cocok Bagi Pelaku Fitnes

diet-bayam-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Bicara mengenai bayam, sebagian besar orang pasti menghubungkannya dengan tokoh kartun legendaris Popeye. Ya, tokoh tersebut memang sangat hobi sekali mengonsumsi bayam. Sebab, ketika dia makan bayam, maka seketika itu pula kekuatannya bertambah dan meningkat drastis sehingga bisa mengalahka musuhnya dengan mudah.

Nah, sebenarnya cerita dalam film kartun tersebut tidak terlalu menyimpang dari kehidupan nyata. Pasalnya, banyak ahli gizi yang mengatakan kalau bayam memang baik dalam memberikan kebugaran bagi tubuh. Bahkan, sampai saat ini tak sedikit orang yang menggunakan bayam sebagai metode diet sehat.

Hal ini berlaku bagi setiap orang, namun yang paling sering menggunakan bayam untuk fitnes adalah orang yang aktif dalam dunia kebugaran. Biasanya, mereka yang ototnya kekar akan melakukan diet jika dirasa tubuhnya mulai membengkak dan kendur. Nah, saat itulah bayam sangat berharga bagi mereka.

Dilansir dari laman Livestrong, bayam termasuk sebagai sayuran sehat yang sangat minim akan kalori serta karbohidrat. Seperti diketahui, kalori adalah biang kerok dari penggemukan badan. Digadang kalau satu cangkir bayam hanya mengandung 7 kalori dan 1 gram karbohidrat saja. Tentu saja itu adalah takaran yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, bayam pun masih kaya akan nutrisi lainnya, seperti zat besi, magnesium, folat, kalsium, vitamin, dan antioksidan. Jadi, jika Anda ingin melakukan diet sehat, namun aktivitas fitnes tetap lancar, maka pilihan terbaik adalah menggunakan bayam.

Anda bisa mengonsumsi bayam dengan berbagai cara, bisa dimakan langsung sebagai sayur, jus, diolah menjadi keripik, ataupun diolah menjadi masakan lain serta pendamping makanan sehat lainnya. Tak lupa pula, ganti menu makan malam Anda dengan bayam sebelum tidur agar hasilnya semakin cepat terlihat.