Didiagnosis Penyakit Motor Neuron, Pesenam Ini Salahkan Aktivitas Olahraganya Sebagai Pemicunya

Photo Source: Rick Findler-Isabel Silva/Pixieworld.net

DokterSehat.Com– Mantan atlet senam internasional dari Inggris bernama Paris Lever didiagnosis terkena penyakit motor neuron, penyakit mengerikan yang bisa mempengaruhi kondisi fisiknya dengan parah. Ibu dua anak yang masih berusia 26 tahun ini pun diprediksi hanya akan mampu bertahan hidup dua atau lima tahun lagi.

Photo Source: Rick Findler-Isabel Silva/Pixieworld.net

Dilansir dari The Sun, Paris sama sekali tidak menyangka jika Ia bisa mengalami penyakit mengerikan ini. Namun, dokter yang menanganinya menyebutkan bahwa latihan berat yang dilakukan Paris selama menjadi atlet menjadi salah satu pemicu dari penyakit ini.

“Aku pikir dengan terus berlatih keras setiap hari sejak usia muda bisa membuatku menjadi sehat seumur hidup,” ucap Paris.

Terdapat penelitian yang menunjukkan fakta bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas olahraga berat cenderung rentan terkena penyakit motor neuron. Sayangnya, saat masih aktif di dunia senam, Paris bisa melakukan latihan berat hingga 30 jam dalam seminggu.

Wanita yang pernah menjadi juara dunia saat mewakili Inggris di Kejuaraan Dunia nomor acrobatic gymnastics yang diadakan di Portugal pada 2006 silam ini mengaku seperti mendapatkan vonis kematian setelah mendengar kabar ini. Ia juga mengaku tak siap meninggalkan pasangannya, Dan Baker, dan kedua putrinya, Kallie (7) dan Harper (3).

Ada banyak sekali faktor yang bisa memicu datangnya MND, namun, menurut pakar kesehatan hal ini dipicu oleh kombinasi dari faktor lingkungan, gaya hidup, dan faktor genetic. Hanya saja, dalam beberapa tahun terakhir, cukup banyak olahragawan yang didiagnosis penyakit yang dikenal luas diderita oleh Stephen Hawking ini.

Sayangnya, penyakit ini tidak ada obatnya dan membuat Paris pasrah menerima masa depannya. Ia pun kini berharap bisa mengabiskan sisa hidupnya dengan bahagia bersama dengan keluarganya tercinta.