Dicium Ibunya, Bayi yang Baru Lahir ini Terkena Herpes Parah

Photo: Asia Wire

DokterSehat.Com– Berhati-hatilah jika kita akan mencium atau memegang bayi yang baru lahir karena sistem kekebalan pada tubuhnya belum benar-benar kuat. Pastikan untuk selalu membersihkan tangan dan wajah terlebih dahulu sebelum memegang bayi karena jika tidak, bisa jadi bayi akan terkena masalah kesehatan.

Photo Source: Asia Wire

Dilansir dari Metro, seorang bayi yang baru berusia tiga bulan dari Tiongkok mengalami ruam-ruam parah pada sekujur tubuhnya gara-gara terkena herpes. Penyebab dari masalah kesehatan ini adalah sang ibu yang kerap mencium bibir bayi tersebut.

Sang bayi pun langsung dilarikan ke Zhejiang Provincial People’s Hospital yang ada di Hangzhou, Tiongkok untuk mendapatkan perawatan medis yang memadai. Sebagai informasi, tak hanya mengalami ruam-ruam parah, Dokter Zhu Haiqiao yang menangani kondisi sang bayi juga menyebut sang bayi mengalami demam parah.

Dokter Zhu juga berkata bahwa sang bayi sepertinya sangat menderita dengan kondisi tersebut. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan, sang bayi pun didiagnosis terkena herpes simpleks virus 1- atau HSV-1.

Setelah bertanya dengan ibunya, Dokter Zhu pun menduga jika hal ini disebabkan oleh kebiasaan sang ibu yang mencium bibir buah hatinya. Hal ini ternyata membuat virus herpes yang memang sudah ada dalam tubuh sang ibu berpindah ke tubuh bayi malang ini.

Yang menjadi masalah adalah, virus herpes ini ternyata juga bisa memicu dampak kesehatan lain seperti kerusakan organ dalam atau keracunan darah yang bisa sangat fatal. Beruntung, pihak rumah sakit berhasil menyembuhkan masalah kesehatan ini dengan baik.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan saat menyentuh bayi, apalagi menciumnya di bibir ya?