Dicap Sebagai Pembuat Ngantuk, Kangkung Sebenarnya Sangat Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Meskipun memiliki rasa yang enak, khususnya saat masih dalam kondisi hangat, kangkung kerap kali dianggap sebagai salah satu makanan yang akan membuat kita mudah mengantuk. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mempercayai mitos ini dan justru sangat merekomendasikan kita untuk kerap mengkonsumsinya karena adanya kandungan kalsium, fosfor, zat besi, serat, vitamin, dan berbagai nutrisi baik lainnya. Jika kita kerap mengkonsumsi kangkung, maka kita akan mendapatkan manfaat kesehatan berikut ini.

Mencegah osteoporosis
Kangkung ternyata memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Dengan rutin mengkonsumsinya, maka kesehatan tulang akan terjaga dan tidak akan mudah keropos atau patah. Resiko untuk terkena osteoporosis saat usia tua tentu akan menurun.

Baik bagi kesehatan jantung
Kangkung memiliki kandungan niacin yang bisa mendukung kelancaran aliran darah. Dengan sirkulasi darah yang berjalan dengan baik, maka kinerja jantung akan menjadi lebih ringan. Hal ini ternyata akan membuat kesehatan jantung tetap terjaga sekaligus menurunkan resiko terkena berbagai masalah kesehatan jantung dengan signifikan.

Mengatasi insomnia
Khasiat kangkung yang satu inilah yang membuat sayuran ini dianggap bisa membuat ngantuk. Padahal, kangkung sebenarnya adalah salah satu obat alami yang bisa mengatasi masalah insomnia atau susah tidur. Dengan makan kangkung, maka kita akan mendapatkan kandungan bromium dalam jumlah yang cukup untuk membuat kita lebih mudah terlelap dan tidur dengan nyenyak.

Mengatasi ambeien
Kangkung ternyata bisa dijadikan bahan alami untuk mengobati ambeien dari luar. Pakar kesehatan alternatif menyarankan kita untuk menumbuk kangkung dan kemudian menambahkan 5-7 tetes cuka makan. Tempelkan kangkung pada bagian ambeien di bagian anus yang sakit di malam hari menjelang tidur. Rutin melakukannya akan membuat ambeien bisa mereda.