Terbit: 13 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes memang harus menjaga pola makannya agar tidak mengalami komplikasi yang berbahaya. Jika hal ini tidak dilakukan, maka kadar gula darahnya akan semakin tak terkendali dan bisa meningkatkan risiko amputasi atau bahkan kematian. Sayangnya, terdapat beberapa pola makan yang dianggap sehat namun sebenarnya berbahaya bagi penderita diabetes.

doktersehat-diabetes-makan-nanas

Dikutip dari The Health Site, berikut adalah pola makan yang sebenarnya tidak sehat bagi penderita diabetes tersebut.

  1. Semua buah-buahan baik bagi penderita diabetes

Meski tergolong makanan sehat dan kaya akan nutrisi seperti serat dan vitamin, dalam realitanya penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih buah yang dikonsumsi. Rasa manis dari buah didapatkan dari kandungan gula alami yang dianggap lebih sehat bagi tubuh, namun kandungan gula ini tetap bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan penderita diabetes.

Pakar kesehatan menyarankan buah-buahan yang dianggap aman bagi penderita diabetes adalah apel, pepaya, beri, buah persik, cheri, dan buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, serta jeruk bali.

  1. Makan buah setelah makan

Banyak penderita diabetes yang masih mengonsumsi buah setelah makan karena kebiasaan dan menganggap hal ini baik untuk dilakukan. Padahal, kecenderungan masyarakat Indonesia yang masih mengonsumsi karbohidrat tanpa perhitungan bisa memicu kenaikan kadar gula darah, termasuk jika kita menambahkan asupan buah persis setelah makan.

Pastikan untuk mengecek kadar kalori yang dikonsumsi setiap makan dan berikan jeda setidaknya satu jam dan barulah penderita diabetes bisa makan buah.

  1. Air kelapa baik bagi penderita diabetes

Meski dikenal luas baik bagi kesehatan, air kelapa ternyata juga bisa meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes dengan cepat sehingga sebaiknya dihindari.

Sobat Sehat punya keluarga dengan diabetes? Pastikan untuk memberitahukan hal ini agar tidak salah menerapkan pola makan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi