Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Seseorang harus mencari perawatan medis untuk memulai penilaian diagnostik komprehensif saat masalah dengan keterampilan motorik menjadi nyata atau bila muncul masalah dengan perilaku. Keterampilan dan interaksi sosial dimulai pada anak usia prasekolah atau anak usia sekolah awal atau ketika diagnosis sindrom Asperger dicurigai dalam kunjungan ke dokter anak atau perawatan kesehatan lainnya. Perawatan medis juga ditunjukkan saat perawatan psikofarmakologis dipertimbangkan untuk penanganan perilaku bermasalah atau gejala yang terkait dengan sindrom Asperger.

Sindrom Asperger – Diagnosis dan Pengobatan

Diagnosis Sindrom Asperger

Tim interdisipliner umumnya diperlukan untuk penilaian klinis yang komprehensif. Evaluasi menyeluruh ini harus mencakup penilaian psikologis (termasuk minimal, fungsi intelektual dan adaptif), evaluasi komunikasi (terutama difokuskan pada bentuk komunikasi nonverbal), dan evaluasi neurologis, psikiatri, dan medis. Tes Intelektual (IQ) mungkin merupakan bantuan khusus, karena nilai IQ verbal seringkali jauh lebih tinggi daripada nilai IQ kinerja untuk anak-anak dengan sindrom Asperger.

Tatalaksana Sindrom Asperger

Pengobatan untuk sindrom Asperger mungkin termasuk:

  • Pendidikan.
  • Karir.
  • Dukungan.
  • Intervensi.

Dukungan perilaku, sosial, dan keluarga merupakan perawatan utama. Selain itu, obat dapat digunakan untuk mengobati gejala perilaku yang sering terjadi pada sindrom Asperger.

Pengobatan Sindrom Asperger

Tidak ada pengobatan khusus untuk gejala inti sindrom Asperger yang tersedia dan tidak ada penyembuhan untuk gangguan ini. Dukungan pendidikan, karier, dukungan perilaku, sosial, dan keluarga merupakan perawatan utama yang digunakan untuk individu dengan sindrom Asperger. Psikoparmakologi dan perawatan lainnya juga dapat digunakan untuk mengelola beberapa masalah perilaku yang terkait dengan sindrom Asperger atau beberapa kondisi psikiatri yang terkait.

Meski tidak ada obat khusus yang digunakan untuk mengobati sindrom Asperger, terdapat obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati gejala perilaku spesifik yang terkait dengan sindrom Asperger, terutama bila menyebabkan orang tertekan atau secara signifikan mengganggu fungsi pendidikan, karir, atau sosial. Gejala perilaku ini bisa meliputi kecemasan, masalah perhatian, agresi, kekakuan perilaku, gangguan mood (terutama depresi), dan pola stereotip (pengulangan konstan gerakan atau gerakan tanpa makna) atau ketekunan (pengulangan berulang kata atau frasa yang tidak berarti).

Terapi Sindrom Asperger

  • Dukungan pendidikan, karir, serta dukungan perilaku merupakan intervensi utama bagi individu dengan sindrom Asperger. Intervensi ini perlu dilakukan secara individual untuk mengatasi kekuatan dan tantangan masing-masing orang.
  • Individu dengan sindrom Asperger dapat memperoleh manfaat dari pelatihan keterampilan sosial formal. Idealnya disediakan dalam kelompok dengan teman sebaya.
  • Partisipasi dalam kegiatan terorganisir, diawasi, dan terstruktur dapat memberi kesempatan pada anak-anak ini untuk berinteraksi sosial dan memfasilitasi hubungan sosial.
  • Psikoterapi yang mendukung mungkin bermanfaat dalam mengatasi frustrasi, depresi, dan kecemasan. Fokus pemecahan masalah secara langsung pada umumnya lebih berhasil daripada pendekatan yang berorientasi pada wawasan.
  • Intervensi perilaku spesifik mungkin perlu diimplementasikan untuk mengurangi perilaku bermasalah atau perilaku yang mengganggu, seperti perilaku aneh dan mengamuk.
Sindrom Asperger – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi