Biduran – Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

DokterSehat.Com –¬†Gejala khas dari urtikaria adalah wheals atau bentol yang ditandai dengan adanya ruam kemerahan yang membengkak dan menonjol pada permukaan kulit.¬†Bentol urtikaria biasanya disertai dengan rasa gatal yang hebat dan ukuran benol ini dapat bervariasi dari beberapa sentimeter dan dapat pula luas menyerupai bentuk pulau.

Biduran biasanya menghilang dalam 24 jam. Biduran muncul hanya pada satu bagian tubuh, atau pada beberapa bagian.

Gejala biduran biasanya hilang dalam 24 jam. Dalam beberapa kasus, gatal-gatal dapat dapat bertahan selama beberapa hari. Orang-orang dengan gatal-gatal kronis bisa merasakan gejala selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Jika gatal-gatal terjadi dengan salah satu gejala berikut, Anda harus mendapatkan penanganan medis dengan segera, di antaranya:

  • Pusing
  • Mengi
  • Sulit bernapas
  • Dada sesak
  • Pembengkakan di lidah, bibir atau wajah.

Anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi parah yang dapat memengaruhi seluruh tubuh. Ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang serius dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini juga bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat. Anafilaksis adalah keadaan darurat medis.

Pengobatan biduran secara medis segera diperlukan jika muncul gejala berikut:

  1. Mual dan muntah
  2. Pembengkakan pada selaput mulut, lidah, bibir, dan tenggorokan, menyebabkan kesulitan bernapas
  3. Kulit dingin dan lembap
  4. Detak jantung cepat
  5. Pingsan atau kepala terasa ringan
  6. Tiba-tiba merasakan kecemasan yang intens

Orang dengan gatal-gatal perlu waspada untuk gejala lebih lanjut yang bisa menunjukkan reaksi anafilaksis.

Diagnosis Biduran

Dalam upaya menegakan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik kulit secara menyeluruh dan mengajukan beberapa agar dapat menentukan penyebab pemicu urtikaria.

Tes kulit dapat dilakukan untuk menentukan zat yang menyebabkan Anda alergi. Dokter juga dapat meminta pemeriksaan laboratorium darah rutin tambahkan untuk mengetahui adanya infeksi dan penyakit lain yang dapat menjadi pemicu penyebab urtikaria

Dokter juga dapat meminta pemeriksaan laboratorium darah rutin tambahkan untuk mengetahui adanya infeksi dan penyakit lain yang dapat menjadi pemicu penyebab urtikaria

Cara Mengobati Biduran

Cara mengobati biduran atau urtikaria yang terbaik adalah dengan mengidentifikasi dan menghilangkan penyebab biduran, tapi ini tidak selalu mudah. Dokter dapat meresepkan antihistamine untuk mengurangi gejala gatal dan kemerahan.

Obat ini sebaiknya digunakan secara rutin sesuai dengan anjuran dokter, dan tidak hanya diminum apabila ruam gatal muncul, untuk mencegah kekambuhan penyakit.

Urtikaria kronis yang tidak sembuh dengan pemberian antihistamin, dapat digunakan kombinasikan obat antihistamin dan kortikosteroid untuk menekan peradangan.

Cara Merawat Biduran

Sementara Anda menunggu gatal-gatal dan bengkak menghilang, berikut adalah beberapa tips merawat biduran:

  • Hindari air panas, menggunakan air hangat sebagai gantinya.
  • Gunakan sabun lembut yang ringan.
  • Terapkan kompres dingin atau kain basah ke area kulit yang terkena.
  • Cobalah untuk bekerja dan tidur di ruangan yang sejuk.
  • Gunakan pakaian tipis dan longgar.

Biduran: 1 2

_

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia.