Biduran – Diagnosis, Gejala, dan Pengobatan

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

DokterSehat.Com – Diagnosis biduran atau urtikaria adalah dimulai dengan mengajukan berbagai pertanyaan dalam upaya untuk menemukan kemungkinan penyebab gatal-gatal. Karena tidak ada tes khusus untuk gatal-gatal, pengujian akan tergantung pada riwayat kesehatan dan setelah Anda melakukan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter spesialis alergi, imunologi atau dokter kulit.

Tes kulit dapat dilakukan untuk menentukan zat yang menyebabkan Anda alergi. Sementara tes darah rutin dilakukan untuk menentukan apakah penyakit lain yang ada di dalam tubuh.

Gejala Biduran

Pembengkakan yang dikenal sebagai wheals (bentol), muncul sebagai ruam pada kulit. Bentol ini biasanya berwarna merah jambu atau merah, dengan bentuk oval atau bulat. Ukuran bentol berkisar beberapa milimeter hingga beberapa inci. Bentol ini bisa sangat gatal, dan berwarna merah di sekitarnya.

Biduran atau urtikaria ini biasanya muncul secara berklompok, biasanya pada wajah atau atau area kulit lainnya, termasuk lengan, tangan, jari tangan, kaki, dan jari kaki. Biduran biasanya menghilang dalam 24 jam. Biduran muncul hanya pada satu bagian tubuh, atau pada beberapa bagian.

Gejala biasanya hilang dalam 24 jam, tetapi kadang-kadang muncul luka lain yang sedikit meninggalkan bekas biduran. Dalam beberapa kasus, gatal-gatal dapat dapat bertahan selama beberapa hari. Orang-orang dengan gatal-gatal kronis bisa merasakan gejala selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Jika gatal-gatal terjadi dengan salah satu gejala berikut, Anda harus mendapatkan penanganan medis dengan segera, di antaranya:

  • Pusing
  • Mengi
  • Sulit bernapas
  • Dada sesak
  • Pembengkakan di lidah, bibir atau wajah.

Anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi parah yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang serius dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini juga bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat. Anafilaksis adalah keadaan darurat medis.

Penanganan medis segera diperlukan jika ada:

  1. Mual dan muntah
  2. Pembengkakan pada selaput mulut, lidah, bibir, dan tenggorokan, menyebabkan kesulitan bernapas
  3. Kulit dingin dan lembap
  4. Detak jantung cepat
  5. Pingsan atau kepala terasa ringan
  6. Tiba-tiba merasakan kecemasan yang intens

Orang dengan gatal-gatal perlu waspada untuk gejala lebih lanjut yang bisa menunjukkan reaksi anafilaksis.

Cara Mengobati Biduran

Cara mengobati biduran atau urtikaria yang terbaik adalah dengan mengidentifikasi dan menghilangkan penyebabnya, tapi ini tidak selalu mudah. Antihistamin biasanya diresepkan oleh dokter atau dokter kulit untuk memberikan bantuan untuk meringankan gejalanya.

Obat-obat ini juga dapat digunakan sesuai dengan jadwal rutin, untuk membantu mencegah gatal-gatal dan pembengkakan terkait dari pembentukan di tempat pertama.

Gatal-gatal kronis dapat diobati dengan antihistamin atau kombinasi obat. Ketika antihistamin tidak memberikan bantuan, kortikosteroid oral dapat diresepkan. Sedangkan cara mengobati biduran dengan rasa gatal parah, suntikan adrenalin atau obat steroid mungkin diperlukan.

Cara Merawat Biduran

Sementara Anda menunggu gatal-gatal dan bengkak menghilang, berikut adalah beberapa tips merawat biduran:

  • Hindari air panas, menggunakan air hangat sebagai gantinya.
  • Gunakan sabun lembut yang ringan.
  • Terapkan kompres dingin atau kain basah ke area kulit yang terkena.
  • Cobalah untuk bekerja dan tidur di ruangan yang sejuk.
  • Gunakan pakaian tipis dan longgar.

Biduran: 1 2