Penderita Diabetes Tidak Boleh Telat Sarapan

Doktersehat-diabetes-melitus-tipe-2

DokterSehat.Com– Sarapan pagi adalah salah satu waktu makan yang paling penting bagi tubuh. Tak hanya membuat kita mendapatkan asupan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas seharian, sarapan pagi juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang menderita diabetes. Bahkan, menurut pakar kesehatan, penderita diabetes┬ápantang melewatkan sarapan jika tidak ingin mengalami peningkatan risiko terkena komplikasi.

Fakta ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Diabetic Medicine. Dalam penelitian ini, terungkap bahwa kebiasaan hidup yang masih tidak sehat, termasuk melewatkan sarapan ternyata terkait dengan obesitas atau kenaikan berat badan pada penderita diabetes tipe 2. Padahal, penderita diabetes harus menjaga berat badannya tetap dalam kondisi ideal karena hal ini akan berpengaruh besar bagi kondisi kesehatannya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Profesor Sirimon Reutrakul yang aktif di bidang endokrinologi, diabetes, dan sistem metabolisme tubuh dari College of Medicine, University of Illinois, Chicago, Amerika serikat ini, dihasilkan fakta bahwa kebiasaan terlambat makan, termasuk telat melakukan sarpaan bisa menyebabkan perubahan jam biologis atau ritme sirkadian tubuh yang mengendalikan berbagai sistem dan kinerja organ di dalam tubuh.

Masalahnya adalah bergesernya jam biologis tubuh ini bisa mengacaukan sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan. Sebagai contoh, hal ini juga akan mempengaruhi cara tubuh mencerna makanan atau mempengaruhi respons insulin tubuh. Pankreas tidak akan lagi peka untuk mengeluarkan hormon insulin yang berperan besar dalam mengolah gula darah menjadi energi. Hasilnya adalah, tubuh tidak akan mengeluarkan hormon insulin dengan cukup dan kadar gula darah pun akan semakin meningkat dan tak terkendali.

Jika sampai hal ini terjadi, maka penderita diabetes akan lebih rentan terkena hiperglikemia atau kadar gula darah yang jauh lebih tinggi dari angka normal. Kondisi ini bisa memicu efek seperti rusaknya pembuluh darah dan berbagai organ tubuh serta luka yang tidak bisa disembuhkan sehingga rentan terkena infeksi dan amputasi.

Melihat adanya fakta ini, penderita diabetes sebaiknya memang harus rutin makan tepat waktu setiap hari agar tetap sehat.