Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Nasi?

Doktersehat-nasi

DokterSehat.ComРPenderita diabetes memang sebaiknya tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Yang menjadi masalah adalah, ada anggapan yang dipercaya banyak orang tentang penderita diabetes yang sebaiknya tidak makan nasi demi mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuhnya. Sebenarnya, apakah mereka memang benar-benar tidak boleh makan nasi?

Pakar kesehatan menyebut nasi sebagai salah satu makanan dengan kadar indeks glikemik yang tinggi. Hal ini berarti, setelah mengonsumsinya, kadar gula darah bisa naik dengan sangat cepat. Kenaikan kadar gula darah memang bisa memberikan dampak buruk bagi penderita diabetes.

Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penderita diabetes tidak harus benar-benar menghindari nasi. Mereka masih tetap bisa mengonsumsinya meskipun tentu harus memperhatikan beberapa hal.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi nasi dengan indeks glikemik rendah seperti nasi kemarin yang sudah didinginkan semalaman. Nasi ini kaya akan pati resisten yang memiliki peran mirip dengan serat saat berada di dalam tubuh.

Hanya saja, sebelum mengonsumsinya, cek nasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa nasi ini belum basi. Nasi merah juga bisa menjadi pilihan yang lebih sehat karena memiliki indeks glikemik lebih rendah sekaligus kaya akan serat.

Selain memilih jenis nasi, pakar kesehatan juga menyarankan penderita diabetes untuk memperhatikan porsi nasi yang dikonsumsi. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, disebutkan bahwa konsumsi nasi sebaiknya dibatasi hingga 45-60 gram saja dalam sehari. Jumlah ini setara dengan setengah gelas nasi.

Hanya saja, setiap penderita diabetes memiliki kondisi yang berbeda-beda sehingga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa mereka konsumsi sekaligus seberapa porsinya dengan tepat, termasuk nasi.