Terbit: 10 September 2018 | Diperbarui: 4 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Mereka harus memperhatikan kadar kalori dan gula dari makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tidak sampai memicu lonjakan kadar gula darah yang sangat berbahaya. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah penderita diabetes boleh minum susu?

Bolehkah Penderita Diabetes Minum Susu?

Sebagaimana kita ketahui, susu termasuk dalam minuman yang sangat baik bagi kesehatan. Di dalam susu terdapat kandungan kalsium, vitamin D, dan potasium. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care bahkan menyebutkan bahwa susu bisa membantu proses penurunan berat badan. Padahal, menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu cara yang bisa dilakukan penderita diabetes untuk tetap berada dalam kondisi sehat dan tidak mudah terkena komplikasi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of the American College of Nutrition menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi 2-3 sajian produk susu setiap hari. Selain susu cair, yoghurt tanpa gula, mousse, hingga parfait buah juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja, sebelum mengonsumsinya penderita diabetes sebaiknya meminta saran terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan bahwa makanan-makanan ini aman untuk dikonsumsi.

Pastikan untuk mengonsumsi susu tanpa tambahan gula. Selain itu, penderita diabetes juga bisa memilih susu yang memang diperuntukkan khusus untuk mereka konsumsi setiap hari.

Minuman lain yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tentu saja adalah air putih. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi air putih kurang dari 500 ml setiap hari cenderung memiliki kadar gula lebih tinggi sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes. Selain itu, penderita diabetes juga cenderung mudah mengalami rasa haus sehingga ada baiknya mereka mencukupi kebutuhan air putihnya setiap hari sehingga tidak mudah terkena dehidrasi dan komplikasi lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi