Penderita Diabetes Masih Bisa Ngemil?

popcorn-berondong-doktersehat
Photo Source: Twitter/rocketpopcorn

DokterSehat.Com– Penderita diabetes harus berhati-hati dengan kebiasaan makannya setiap hari karena jika sampai salah makan, ada kemungkinan kadar gula darah di dalam tubuhnya akan meningkat. Jika sampai hal ini terjadi, dikhawatirkan mereka bisa menyebabkan komplikasi berbahaya. Lantas, apakah hal ini berarti mereka tidak boleh lagi ngemil?

Biasanya, penderita diabetes diminta untuk membatasi konsumsi makanannya, khususnya makanan yang tinggi kalori atau kandungan gula. Hanya saja, bukan berarti hal ini membuat mereka tak lagi bisa ngemil. Penderita diabetes masih bisa ngemil asalkan camilan yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk memilih camilan yang memilih kandungan gula dan lemak yang rendah. Selain itu, camilan yang dipilih juga sebaiknya tidak memiliki indeks glikemik tinggi. Hal ini tentu akan mampu membuat kadar gula darah tetap stabil sekaligus memenuhi hasrat ngemil penderita diabetes.

“Sebaiknya tidak memilih camilan dengan label ‘diabetic’ karena biasanya harganya sangat mahal namun manfaat kesehatannya tidak begitu terasa. Selain itu, penderita diabetes juga harus memastikan bahwa camilan yang dikonsumsi tidak berlebihan sehingga mereka pun bisa menjaga asupan kalori harian,” ungkap Diabetes UK.

Seperti apakah camilan sehat yang aman bagi penderita diabetes?

Pakar kesehatan menyarankan popcorn polos untuk menggantikan keripik kentang. Demi menambah rasa pada popcorn ini, kita bisa menambahkan rempah-rempah seperti kayu nasi. Sementara itu, jika kita terbiasa ngemil roti atau dips, kita bisa menggantinya dengan wortel dan seledri.

Penderita diabetes ternyata juga masih diperbolehkan untuk mengonsumsi cokelat. Hanya saja, cokelat yang dipilih bukanlah cokelat biasa atau cokelat susu, melainkan dark chocolate. Pilihan lain seperti kue beras, yoghurt rendah lemak, hingga es krim beku juga boleh dikonsumsi penderita diabetes.

Selain memperhatikan asupan camilan, penderita diabetes juga sebaiknya memperhatikan asupan karbohidrat hariannya. Sebagai contoh, jika biasanya mengonsumsi roti putih, maka kita bisa menggantinya dengan roti gandum utuh yang bisa membuat kenyang berlangsung lebih lama namun tidak akan mudah menaikkan kadar gula darah. Selain itu, penderita diabetes juga harus rutin mencukupi kebutuhan air setiap hari.