Benarkah Penderita Diabetes Disarankan Makan Pisang Hijau?

pisang-hijau-diabetes-doktersehat
Photo Source: Flickr/toddler

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali informasi yang terkait dengan masalah diabetes. Salah satunya adalah penderita penyakit ini sangat disarankan untuk makan pisang hijau jika ingin mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya. Apakah saran ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Dampak Makan Pisang Hijau bagi Penderita Diabetes

Berbeda dengan pisang yang sudah matang yang biasanya memiliki rasa yang manis, pisang hijau rasanya cenderung sedikit masam atau sepat. Menariknya, pisang hijau ternyata meman bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dengan efektif.

Hal ini disebabkan oleh indeks glikemik dalam pisang hijau yang cenderung rendah, tepatnya tidak sampai angka 55. Hal ini berarti, mengonsumsinya tidak akan membuat kadar gula darah naik dengan cepat. Sebagai informasi, kenaikan kadar gula darah bisa memicu komplikasi yang berbahaya pada penderita diabetes. Selain itu, di dalam pisang hijau juga terdapat kandungan pati resisten yang bisa membantu menjaga kondisi penderita diabetes.

Pati resisten ternyata bisa memberikan peran layaknya serat di dalam saluran pencernaan. Hal ini akan membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebut rutin makan pisang hijau bisa membuat kadar gula darah lebih terkontrol.

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Annals of Nutrition and Metabolism pada 2016 silam menyebut wanita yang mengidap diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi suplemen pati resisten dalam kurun waktu 8 pekan memiliki kadar gula darah yang jauh lebih terkendali dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Diabetic Medicine pada 2010 juga menghasilkan fakta bahwa pati resisten bisa membuat sensitivitas insulin meningkat sekaligus menurunkan risiko peradangan.

Hanya saja, mengonsumsi pisang hijau juga bisa memberikan efek samping seperti perut kembung. Karena alasan inilah sebaiknya pisang ini tidak dikonsumsi dengan berlebihan. Jika perlu, penderita diabetes bisa meminta saran kepada dokter untuk mengetahui porsi dan frekuensi makan pisang hijau yang aman bagi kondisinya.

Makanan Lain yang Bisa Menjaga Kadar Gula Darah

Selain pisang hijau, pakar kesehatan menyebut ada beberapa makanan lain yang ternyata juga bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Ikan yang Kaya Kandungan Asam Lemak Omega 3

Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 tinggi seperti ikan salmon, ikan tuna, hingga ikan kembung yang sangat mudah didapatkan di Indonesia bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Mengonsumsinya juga bisa membantu menyehatkan pembuluh darah dan membuat perut kenyang dalam waktu yang lama.

  1. Telur

Telur yang sering diadikan lauk ternyata bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Hal ini disebabkan oleh sumber proteinnya yang tinggi sehingga bisa membantu perut kenyang dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, indeks glikemik telur juga cenderung rendah sehingga tidak akan memicu kenaikan berat badan.

Hanya saja, pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi telur rebus, bukannya telur goreng yang memiliki kandungan lemak dari minyak yang digunakan untuk mengolahnya.

  1. Sayuran

Sayuran, apapun jenisnya, tinggi kandungan serat yang bisa membantu menjaga kadar gula darah. Rutin mengonsumsi sayur bahkan disebut-sebut bisa menurunkan risiko diabetes hingga 14 persen.

  1. Alpukat

Tak hanya menyehatkan jantung, alpukat juga bisa membantu menjaga kadar gula darah karena akan membuat fungsi insulin meningkat.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, kacang mete, atau walnut memiliki indeks glikemik yang cenderung rendah sehingga tidak akan memicu kenaikan kadar gula darah. Kandungan proteinnya juga tinggi sehingga bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang lama.

 

Sumber:

  1. West, Helen. 2016. How Bananas Affect Diabetes and Blood Sugar Levels.com/nutrition/bananas-diabetes. (Diakses pada 7 November 2019).