Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pepaya?

pepaya-doktersehat
Photo Source: Flickr/jariceiii

DokterSehat.Com– Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan produksi hormon insulin di dalam tubuh. Kondisi ini membuat tubuh tidak mampu mengolah glukosa darah dan akhirnya menyebabkan kadar gula darah sangat tinggi. Masalahnya adalah kadar gula darah yang sangat tinggi ini bisa merusak saraf, berbagai organ dalam, dan sistem yang ada di dalam tubuh.

Demi mencegah datangnya lonjakan kadar gula darah yang merusak, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan, khususnya makanan yang memiliki rasa manis atau kaya akan kalori. Hanya saja, jika kita cermati, buah-buahan yang dianggap sebagai makanan sehat juga memiliki rasa yang manis. Sebagai contoh, buah pepaya tentu memiliki rasa yang manis. Sebenarnya, apakah penderita diabetes boleh makan buah pepaya?

Rasa manis yang ada dalam buah pepaya disebabkan oleh keberadaan gula alami. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, pepaya termasuk dalam buah yang rendah gula. Di dalam satu cangkir pepaya, kita hanya akan menemukan 8,3 gram gula. Selain itu, telah ada penelitian yang menghasilkan fakta bahwa di dalam buah pepaya terdapat senyawa dan enzim yang bisa menghambat perkembangan diabetes tipe 2. Sebagai contoh, enzim papain di dalam pepaya bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Pepaya juga termasuk dalam buah yang kaya akan vitamin, tepatnya vitamin A dan vitamin C. Selain itu, terdapat kandungan kalsium, magnesium, dan zat besi. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan di dalam pepaya bisa mencegah datangnya penyakit jantung yang terkait dengan diabetes.

Meski memiliki kandungan gula alami, pepaya termasuk dalam makanan dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Hal ini berarti, makan buah pepaya tidak akan memicu lonjakan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu, di dalam pepaya juga kaya akan serat yang bisa membantu tubuh lebih cepat kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membantu diet penderita diabetes yang memang tidak boleh mengonsumsi camilan tidak sehat.

Beberapa jenis buah-buahan lain yang memiliki nilai indeks glikemik rendah dan boleh dikonsumsi penderita diabetes adalah avokad, semangka, jambu biji, dan blueberry.