Benarkah Penderita Diabetes Boleh Makan Ubi Jalar?

ubi-jalar-diabetes
Photo Source: Twitter/herosupermarket

DokterSehat.Com– Diabetes adalah masalah kesehatan yang membuat penderitanya tidak lagi mampu mengonsumsi makanan dan minuman dengan sembarangan. Jika sampai mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula atau kalori, maka mereka akan lebih rentan terkena komplikasi yang berbahaya dan mematikan.

Kebanyakan penderita diabetes memilih untuk tidak mengonsumsi makanan dengan rasa yang manis, namun apakah mereka juga tidak boleh mengonsumsi ubi jalar? Sebagaimana kita ketahui, ubi jalar termasuk dalam makanan yang sehat meskipun memiliki rasa yang manis. Bahkan, banyak orang yang mengonsumsi ubi jalar saat diet.

Pakar kesehatan menyebut ubi jalar sebagai makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah. Kandungan serat di dalamnya juga sangat tinggi. Hal ini berarti, jika penderita diabetes mengonsumsinya, ada kemungkinan kadar gula darahnya tidak akan melonjak dengan cepat sehingga tidak menyebabkan efek yang berbahaya.

Di dalam ubi jalar terdapat kandungan sehat seperti magnesium, potasium, beta karoten, dan vitamin C yang memang bisa memberikan manfaat bagi penderita diabetes. Karena kadar indeks glikemiknya rendah, maka kadar gula darah akan naik dengan perlahan dan bisa dimaksimalkan oleh tubuh menjadi sumber energi. Hal ini juga akan mempermudah kinerja pankreas dan hormon insulin. Kandungan di dalam ubi jalar juga mampu mencegah paparan radikal bebas dan munculnya peradangan di dalam tubuh.

Hanya saja, meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, proses pengolahan ubi jalar juga harus diperhatikan. Jika kita memasaknya dengan cara yang salah, maka kadar indeks glikemik atau kalori di dalamnya bisa saja meningkat. Sebagai contoh, banyak orang yang sengaja menjadikan ubi jalar sebagai gorengan. Padahal, hal ini akan membuatnya menjadi makanan yang tidak sehat dan kaya kalori sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Selain memperhatikan cara pengolahan, ada baiknya penderita diabetes juga tidak mengonsumsi ubi jalar dengan berlebihan. Jika memang masih ragu untuk mengonsumsi ubi jalar, penderita diabetes bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui seberapa banyak porsi ubi jalar yang bisa dimakan setiap hari atau bagaimana cara mengolah ubi jalar yang tepat sehingga makanan ini aman untuk dikonsumsi.