Penderita Diabetes Boleh Makan Ikan?

Ikan-dilarang-ibu-hamil-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Ikan, khususnya ikan laut dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan yang paling baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam lemak omega 3 yang diyakini bisa membantu menurunkan tekanan darah, risiko stroke, dan serangan jantung. Hanya saja, terdapat sebuah pertanyaan, apakah sering mengonsumsi ikan laut bisa menyebabkan diabetes?

Dilansir dari Men’s Health (20/4/2013), pakar kesehatan Ka He, MD. ScD melakukan sebuah penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Diabetes Care. Dalam peneltiian ini, disebutkan bahwa pencinta ikan laut lebih rentan untuk terpapar merkuri tingkat tinggi. Sekitar 65 persen dari pencinta ikan laut ini pun lebih rentan untuk terkena diabetes akibat paparan merkuri ini.

Meskipun tidak memiliki hubungan sebab-akibat secara langsung, Ka He menyebut paparan merkuri dalam jumlah tinggi bisa mengganggu fungsi sel pankreas yang akhirnya berpengaruh besar pada sensitivitas insulin. Padahal, jika sampai terjadi resistensi insulin, maka diabetes pun akan muncul. Karena alasan ini, Ka He pun menyarankan kita untuk lebih memilih ikan yang rendah merkuri seperti ikan kembung, bandeng, sarden, atau ikan teri.

Hanya saja, penelitian lain yang dilakukan oleh Cassandra Rico, MPH. RD, dari American Diabetes Association menghasilkan fakta bahwa ikan termasuk dalam makanan yang bisa mencegah diabetes. Beberapa jenis ikan yang dianggap paling baik untuk dikonsumsi adalah ikan nila yang kaya protein dan rendah lemak, ikan gabus yang bisa membantu proses pembentukan insulin dalam tubuh, serta ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega 3.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Dr. Dewi Hidayati SSi. MSi dan rekan-rekannya dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menghasilkan fakta bahwa ikan gabus sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan yang bisa menurunkan kadar gula darah sekaligus memperbaiki kerusakan pada pankreas, organ yang memproduksi insulin.

Hanya saja, proses pengolahan ikan-ikan ini juga harus diperhatikan. Jika ikan ini dibakar langsung di atas api digoreng di dalam minyak, maka kadar kalori dan lemak tidak sehatnya bisa meningkat dengan signifikan. Ada baiknya ikan-ikan ini dikukus atau dipanggang yang membuatnya memiliki nutrisi yang menyehatkan tubuh.