Diabetes Bisa Memicu Gagal Jantung?

denyut-jantung-normal-doktersehat

DokterSehat.Com– Diabetes tak melulu hanya menyebabkan amputasi. Ada banyak sekali komplikasi yang bisa muncul akibat penyakit ini. Salah satu organ yang bisa mendapatkan dampak paling buruk akibat penyakit metabolik ini adalah jantung. Bahkan, menurut pakar kesehatan, penderita diabetes lebih rentan terkena gagal jantung yang mematikan.

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa 80 persen kasus kematian pada penderita diabetes dipicu oleh penyakit jantung. Selain itu, kematian mendadak yang dialami penderita diabetes juga lebih tinggi 2-3 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang menderita penyakit lainnya. Hanya saja, bagaimana bisa diabetes terkait dengan penyakit jantung?

Kadar gula yang tinggi ternyata ikut membuat pembuluh darah mengalami penumpukan plak kolesterol jahat. Penumpukan ini tidak disebabkan oleh jumlah kolesterol jahat yang meningkat, melainkan berubahnya sifat kolesterol menjadi lebih mudah menempel pada dinding dalam pembuluh darah. Selain itu, kondisi kadar gula yang tinggi juga membuat kadar kolesterol baik yang ada di hati menurun drastis. Kombinasi antara melonjaknya kadar kolesterol jahat dan menurunnya kadar kolesterol baik inilah yang kemudian berimbas pada munculnya penyakit jantung.

Menumpuknya plak pada pembuluh darah membuat aliran darah mengalami gangguan sirkulasi. Hal ini juga membuat pembuluh darah rentan mengalami robekan atau pecah akibat menurunnya kelenturan pembuluh darah. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah yang mengarah ke jantung, maka jantung tak lagi mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen dan akhirnya membuat otot jantung mengalami kerusakan. Hal inilah yang akhirnya berimbas pada menurunnya fungsi pemompaan jantung dan kemudian berakhir dengan gagal jantung yang mematikan.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria