Penderita Diabetes Berbadan Gemuk Lebih Cepat Meninggal?

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat, yakni diabetes cenderung menyerang mereka yang berbadan gemuk. Bahkan, penderita diabetes dengan masalah berat badan berlebihan juga cenderung lebih cepat meninggal jika dibandingkan dengan penderita diabetes dengan kondisi badan yang lebih kurus.

Apakah anggapan ini sesuai dengan fakta medis?

Pakar kesehatan menyebut anggapan ini tidak benar adanya. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Northwestern University, Chicago, Amerika Serikat, pada 2012 lalu justru menghasilkan fakta sebaliknya, yakni penderita diabetes dengan kondisi badan yang gemuk justru berusia lebih panjang dibandingkan dengan penderita diabetes yang kurus.

Dalam penelitian ini, 2.625 penderita diabetes dilibatkan. Sekitar 12 persen dari partisipan berusia lebih dari 40 tahun dan memiliki berat badan yang ideal. Hal yang tidak disangka adalah di akhir penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association ini, dihasilkan fakta bahwa penderita diabetes dengan berat badan yang normal justru memiliki risiko kematian paling tinggi.

Lantas, mengapa penderita diabetes dengan berat badan yang berlebihan justru bisa berusia lebih lama? Para peneliti belum benar-benar menemukan alasan dari hal ini, namun bisa jadi ada gen khusus yang melindungi tubuh mereka atau adanya jaringan lemak di seluruh tubuh yang mempengaruhi kondisi diabetes.

Penelitian ini memang masih membutuhkan studi lebih lanjut. Hanya saja, pakar kesehatan tetap menyarankan siapa saja, baik itu penderita diabetes atau yang masih sehat untuk selalu menjaga gaya hidup tetap sehat dan berat badan tetap ideal demi menjaga kesehatan tubuh.