Dhawiya, Anak Elvy Sukaesih Mengaku Memakai Sabu Agar Bisa Kurus. Benarkah Manfaat Sabu Ini?

DokterSehat.Com– Dunia selebritis digemparkan oleh penangkapan anak dan menantu ratu dangdut Elvy Sukaesih terkait kepemilikan narkoba. Salah seorang putri Elvy, Dhawiya Zaida, bahkan menyebutkan bahwa Ia sengaja mengkonsumsi narkoba berjenis sabu agar lebih kurus. Sebenarnya, apakah memang sabu bisa memberikan efek ini?

Foto: Istimewa

Dalam beberapa foto yang beredar di media sosial, diketahui bahwa Dhawiya memang kini terlihat lebih langsing dibandingkan dengan penampilannya di masa lalu. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, sabu ternyata hanya akan memberikan efek menurunkan berat badan untuk sementara saja. Hal ini berarti, jika kita ingin menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi sabu, pilihan ini sama sekali tidak tepat.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pengguna sabu akan mengalami efek seperti terganggunya pola tidur, cenderung lebih hiperaktif dan mengalami delusi, kerap mengalami mual-mual, lebih agresif, dan lebih mudah marah. Bahkan, penggunanya akan mudah terkena insomnia, kebingungan, halusinasi, paranoid, atau gangguan kecemasan. Jika pengguna sabu sudah mengalami ketergantungan, maka tubuhnya akan mengalami masalah kurang gizi, depresi, dan kerusakan pembuluh darah yang tak lagi mampu diperbaiki.

Mereka yang menggunakan sabu akan mengalami peningkatan tekanan darah dan denyut jantung dengan signifikan. Rusaknya pembuluh darah bisa memicu tidak teraturnya detak jantung atau meningkatkan risiko terkena stroke yang sangat mematikan.

Ada baiknya kita mengatur pola makan agar menjadi lebih sehat dan berolahraga secara teratur jika ingin menurunkan berat badan. Jangan sampai tertarik untuk mencari jalan pintas layaknya mengkonsumsi sabu karena efek sampingnya yang sangat berbahaya.