Terbit: 28 Mei 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com –  Rambu adalah mahkota, baik bagi pria, apalagi wanita. Untuk itu, kesehatan rambut harus dijaga agar rambut senantiasa terlihat menawan. Rambut yang kasar, kusam, hingga mudah rontok tentunya hal yang tidak diinginkan. Selain mengurangi estetika rambut, masalah rambut juga menandakan ada yang tidak beres dengan kesehatan rambut. Salah satu cara untuk merawat rambut adalah dengan detoks rambut.

detoks-rambut-doktersehat

Apa Itu Detoks Rambut?

Sama halnya seperti detoks tubuh, detoks rambut adalah aktivitas membuang racun yang ada di rambut dan kulit kepala, untuk kemudian digantikan oleh nutrisi dan vitamin sehingga rambut senantiasa terjaga kesehatannya dan bebas dari masalah-masalah umum pada rambut seperti rambut kasar, kusam, mudah rontok, hingga berketombe

Penyebab rambut tidak sehat sehingga membutuhkan detoks rambut umumnya karena paparan sinar matahari, atau penggunaan sejumlah produk rambut seperti shampoo, conditioner, gel rambut, wax, hair spray, hair tonic, hingga serum. Kondisi ini lantas disebut sebagai “product build-up”, dan menyebabkan sumbatan pada folikel rambut yang berujung pada terhambatnya regenerasi sel-sel rambut.

Cara Detoks Rambut yang Tepat dan Efektif

Ada sejumlah kondisi di mana rambut dan kulit kepala membutuhkan perawatan rambut khusus yakni detoks rambut. Sebagai contoh, kondisi rambut rusak akibat “product build-up” yang tidak bisa diatasi dengan menggunakan produk shampoo biasa. Pada kasus ini, detoks rambut dapat dilakukan guna membuang racun kimia yang dihasilkan oleh produk-produk rambut tersebut.

Lantas, bagaimana tips atau cara detoks rambut yang tepat dan efektif? Simak informasinya berikut ini, ya.

1. Clarifying Shampoo

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemakaian produk rambut seperti gel atau wax tidak bisa dibersihkan begitu saja menggunakan shampoo biasa. Pasalnya, kedua produk tersebut terbuat dari bahan yang jika didiamkan beberapa lama akan menimbulkan kerak pada rambut dan kulit kepala sehingga sulit untuk dibersihkan.

Alih-alih shampoo biasa, Anda bisa menggunakan clarifying shampoo sebagai detoks rambut untuk membersihkan kerak bekas gel atau wax yang ada di rambut dan menyumbat folikel rambut. Selain itu, shampoo yang mengandung asam salisiat, selenium sulfida, dan zinc phyrithione juga berfungsi sebagai detoks kulit kepala karena mengangkat sel kulit yang sudah mati.

Produk shampoo khusus ini mungkin sulit untuk ditemukan di supermarket layaknya shampoo biasa. Namun, clarifying shampoo sudah cukup banyak tersedia di toko-toko online. Gunakan shampoo ini seminggu atau dua minggu sekali untuk hasil terbaik.

2. Conditioner

Setelah clarifying shampoo, cara detoks rambut lainnya yakni dengan menggunakan conditioner. Fungsi conditioner ini lebih ditujukan untuk mengembalikan kilau rambut yang kusam akibat penggunaan produk rambut tertentu. Namun perlu diingat, penggunaan conditioner juga tidak boleh berlebihan karena alih-alih sehat, kondisi rambut yang rusak akan semakin parah. Baiknya, gunakan conditioner 1 – 2 minggu sekali.

3. Potong Rambut

Cara detoks rambut selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memotong rambut Anda, terutama pada bagian ujung rambut yang telah rusak atau mati. Memotong rambut dimaksudkan untuk mengembalikan kondisi rambut yang rusak akibat paparan sinar matahari atau product build-up.

Idealnya, lakukan aktivitas potong rambut ini sebanyak satu kali dalam enam minggu. Usahakan juga untuk memotong rambut di tempat potong rambut langganan dengah hair-stylist yang sama guna mendapat potongan rambut yang sesuai.

4. Jangan Gunakan Alat Tata Rambut

Tips detoks rambut lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah, jangan gunakan alat-alat tata rambut (hair-styling) seperti pengering rambut dan catokan setiap hari. Panas yang dihasilkan oleh alat-alat tersebut faktanya akan meningkatkan risiko rambut rusak, kering, maupun kusam.

Sah-sah saja jika Anda ingin menggunakan alat-alat tersebut. Namun, batasi pemakaiannya agar tidak terlalu sering. Misalnya, gunakan alat tata rambut hanya saat hendak menghadiri acara-acara formal.

5. Baking Soda

Menggunakan bahan-bahan alami juga bisa jadi cara detoks rambut yang tepat dan efektif guna mengembalikan kondisi rambut Anda.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk detoks rambut adalah baking soda atau soda kue. Kegunaan baking soda yang satu ini dikarenakan bahan makanan tersebut mengandung sodium bikarbonat yang berfungsi sebagai eksfoliator dan diklaim efektif untuk membersihkan sisa bahan kimia yang masih tertinggal di batang rambut, pun kulit kepala.

Campurkan 1 (satu) sendok makan baking soda ke dalam shampoo. Setelah itu, usap rambut Anda menggunakan shampoo yang sudah dicampur soda kue tersebut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih. Laukan tips detoks rambut ini seminggu hingga dua minggu sekali untuk hasil ideal.

6. Telur

Selain baking soda, bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk detoksifikasi rambut adalah telur. Kandungan asam amino dan protein pada telur dipercaya efektif untuk membuat rambut kembali berkilau, tebal, dan kuat. Tak hanya itu, manfaat telur untuk detoks rambut juga termasuk mengatasi rambut rontok dan bercabang akibat sering terpapar uap panas.

Campurkan 1 (satu) butir telur dengan shampoo, kemudian usap rambut menggunakan campurna keduanya. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan tips detoks kulit kepala dan rambut ini sekali dalam dua minggu.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal akan manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan rambut melalui detoks rambut. Manfaat minyak zaitun ini adalah untuk melapisi rambut dan kulit kepala sehingga bebas dari kerusakan.

Oleskan 1 (satu) sendok makan minyak zaitun ke rambut dan kulit kepala secara merata. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas rambut dengan air sampai bersih. Lakukan tips dektoks rambut ini seminggu sekali untuk merasakan manfaatnya.

Nah, itu dia informasi seputar tips detoks rambut yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Sudah saatnya Anda melakukan detoks rambut manakala rambut terasa

  • Berminyak
  • Lengket
  • Menggumpal
  • Tidak terlihat bersih sekalipun sudah keramas.

Ingat, rambutmu adalah mahkotamu. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi