Terbit: 6 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa makanan penutup, atau dessert, favorit yang sering Anda konsumsi setelah makan malam?

Super, Ini 3 Pilihan Dessert Makan Malam Bebas Gula

Makan malam menjadi waktu makan dimana orang dapat menikmati dessert dengan lebih santai, karena waktu makan yang bebas. Tidak heran, dessert makan malam kerap sudah dipersiapkan secara khusus.

Kira-kira, apa saja sih pilihan dessert yang sehat den bebas gula yang bisa kita konsumsi setelah makan malam? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Manfaat dessert setelah makan malam

Dessert, sebagai pencuci mulut setelah makan malam, bisa memberikan berbagai manfaat, diantaranya:

  • Memberikan rasa segar pada tubuh, utamanya pencernaan, setelah mengonsumsi makan malam yang cenderung berat.
    Dessert bersifat segar, mampu mecukupkan nafsu makan tanpa harus kehilangan cita rasa pada menu makan malam.
  • Menekan nafsu makan berlebih, utamanya di malam hari
    Hal ini disebabkan pilihan jenis dessert dengan rasa yang tepat, tidak hanya mampu memberikan rasa segar di mulut, namun juga mampu mengisi pencernaan dengan baik dan mempertanahkan rasa kenyang lebih lama.
  • Mengoptimalkan penyerapan zat gizi pasca mengonsumsi makanan utama
    Pilihan jenis dessert yang tepat juga bisa mampu mendukung metabolisme dan penyerapan zat gizi yang lebih optimal di pencernaan.

Nah, 3 manfaat tersebut tentu super sehat jika kita dapatkan setelah makan malam, ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

doktersehat-dessert-makanan-penutup

Photo Credit: Flickr.com/Amy the Nurse

Sayangnya, sebagian besar dessert tersaji dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Hal ini tentu kurang tepat dipilih, untuk itu, kita haru cermat menentukan apa saja jenis dessert yang memang bermanfaat untuk tubuh pasca makan malam.

Pilihan dessert makan malam yang bebas gula

Josean Alija & Clara Talens, pakar kesehatan dan gizi, dalam artikel yang diterbitkan oleh Sciencedirect.com, menyebutkan bahwa ada beberapa pilihan dessert sehat yang bebas gula dan bisa memberikan ketiga manfaat di atas adalah:

1. Es krim sehat yang bebas kalori

Photo Credit: pexels.com

Es krim merupakan salah satu jenis dessert yang paling terkenal. Akan tetapi, kandungan gula pada es krim, tentu sangat tingi. Untuk itu, kita harus cerdik dalam mengakalinya.

Pilih es krim yang bebas kalori, hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat es krim dari buah manis yang tidak terlalu matang, bubuk kokoa, atau kayu manis.

Caranya tentu cukup mudah, Anda bisa menambahkan potongan buah dalam air sari buah, atau buah yang telah dihaluskan, tambahkan emulsifier, lalu bekukan. Hindari menambahkan gula, krimer kental manis, atau susu tinggi lemak yang ketiganya adalah bahan tinggi kalori.

2. Puding dari buah

Puding tentu menjadi pilihan dessert yang super menyegarkan, bukan? Sama seperti es krim, Anda bisa membuat puding dari buah.

Pilih puding dari sari buah lalu tambahkan potongan buah segar, atau puding dari jus buah dan menambahkan gelatin khusus puding, juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pilih buah yang manis namun tidak terlalu matang, jambu, atau buah naga bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Buah atau jus beku

doktersehat-minuman-lemon-dan-mint

Source: Flickr.com

Ingin sajian dessert sehat yang lebih praktis? Buah atau jus beku bisa jadi pilihan. Anda bisa memilih buah atau daun yang segar, misalnya buah anggur, daun mint, untuk dihaluskan, lalu campurkan dengan sedikit air, atau sari buah, misalnya sari buah jeruk, lalu bekukan.

Cara yang lebih praktis, Anda juga bisa menyajikan buah potong dalam suhu dingin. Pilih buah yang rendah gula, misalnya apel, pisang, atau anggur.

Mengonsumsi buah potong dalam suhu dingin tentu sama segar den sehatnya dengan 3 pilihan dessert di atas, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi