Terbit: 26 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Dermabrasi adalah pilihan perawatan kulit untuk menghilangkan bekas luka, bekas jerawat, noda hitam, keriput, dan banyak lagi. Ketahui apa itu dermabrasi, fungsi, prosedur, efek samping, dan biaya. 

Dermabrasi: Fungsi, Alat, Prosedur, Efek Samping, dll

Apa Itu Dermabrasi? 

Dermabrasi adalah prosedur pengelupasan kulit dengan alat khusus yang bekerja dengan cara berputar-putar untuk mengangkat lapisan luar kulit yang bermasalah. Perawatan kulit ini efektif untuk membuat kulit tampak lebih cerah, membersihkan bekas luka, bekas jerawat, kerusakan kulit akibat sinar UV, noda hitam serta garis halus, dan banyak lagi. 

Dermabrasi berasal dari kata “Derm” berarti kulit dan “Abrasi” yang artinya “proses mengikis”. Jadi, dermabrasi berarti proses pengikisan kulit untuk menumbuhkan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Anda bisa melakukan prosedur dermabrasi di klinik kecantikan dengan dokter kulit profesional.

Dokter akan memberi anastesi lokal pada kulit wajah lalu mengaplikasikan alat dermabrasi pada kulit untuk memperbaiki penampilan kulit. Alat tersebut akan “mengamplas” kulit sehingga regenerasi kulit baru tumbuh dan kulit jadi lebih halus dan bersih. 

Sebenarnya ada alat dermabrasi sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa pengawasan dokter kulit. Namun, alat pengelupasan kulit tersebut tentu tidak mencapai hasil peremajaan kulit seefektif dan secepat dermabrasi sungguhan dengan dokter kulit profesional. 

Fungsi Dermabrasi

Dermabrasi adalah alternatif perawatan kulit untuk mereka yang ingin memiliki kulit bersih, cerah, halus, dan lebih muda. Prosedur kecantikan pengelupasan kulit ini juga berguna untuk indikasi lain, termasuk:

  • Menghilangkan bekas jerawat. 
  • Membersihkan noda-noda hitam pada kulit. 
  • Mengatasi warna kulit belang.
  • Menyamarkan garis-gari halus dan tanda penuaan. 
  • Mengatasi kerutan halus. 
  • Menghapus tato. 
  • Mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. 
  • Membersihkan bekas luka, bekas cedera, bekas cacar, dan luka bekas operasi. 
  • Mengatasi bercak kulit yang berpotensi kanker kulit (melasma). 
  • Membantu menangani pembengkakan atau kemerahan pada hidung (rhinophyma). 

Dermabrasi tidak berfungsi untuk menghilangkan tahi lalat, tanda lahir berpigmen, bekas luka akibat luka bakar, atau cacat kulit sejak lahir. Anda harus konsultasi dulu ke dokter apakah masalah kulit Anda bisa ditangani dengan prosedur pengelupasan kulit ini. 

Siapa yang Boleh Melakukan Dermabrasi?

Prosedur pengelupasan kulit ini boleh dilakukan oleh siapa saja (lebih dari 18 tahun) yang ingin memperbaiki penampilan kulit. Walaupun demikian, prosedur dermabrasi lebih aman untuk orang dengan kulit cerah. Dokter tidak menganjurkan dermabrasi untuk orang dengan kulit gelap karena malah akan menyebabkan jaringan parut atau perubahan warna kulit yang berbeda. 

Prosedur Dermabrasi

Ada beberapa persiapan dan hal-hal yang harus Anda pahami sebelum melakukan prosedur pengelupasan kulit ini. Ketahui prosedurnya terlebih dulu, berikut penjelasannya! 

1. Persiapan sebelum Dermabrasion

Pastikan Anda konsultasi di klinik kecantikan profesional. Jangan sampai melakukan prosedur kecantikan apa pun di tempat yang belum teruji kredibilitasnya karena akan berisiko tinggi. 

Sebelum melakukan prosedur, dokter kecantikan akan memeriksa kondisi Anda terlebih dulu, termasuk: 

  • Mengecek riwayat medis Anda, termasuk riwayat prosedur kecantikan yang pernah Anda lakukan. 
  • Melakukan pemeriksaan fisik pada bagian kulit yang akan diperbaiki, termasuk warna kulit, keparahan masalah kulit, ketebalan kulit, dan sebagainya. 
  • Konsultasi seputar ekspektasi dan hasil penampilan kulit yang Anda inginkan. 

Dokter juga akan meminta Anda untuk berhenti konsumsi obat antibiotik, obat lainnya, krim retinoid, atau bahan lain yang digunakan untuk kulit. Anda juga tidak boleh merokok dan terpapar sinar UV setidaknya satu hingga dua minggu sebelum prosedur pengelupasan kulit. 

2. Prosedur selama Dermabrasion

Dokter akan memberi suntikan anestesi lokal. Alat dermabrasi yang digunakan disebut dermabrader, yaitu perangkat dengan motor kecil dengan permukaan kasar yang berputar untuk mengikis lapisan terluar kulit. 

Prosedur ini dilakukan selama 30 menit hingga 1 jam, tergantung pada kondisi kulit Anda. Setelah selesai, dokter akan membalut wajah Anda dengan balutan antilengket yang lembap. Anda bisa pulang dan kembali lagi esok hari untuk mengganti lapisan balutan tersebut. 

3. Perawatan setelah Dermabrasion

Secara umum, wajah Anda akan bengkak, berwarna merah muda, dan terasa seperti ada sensasi terbakar. Dokter akan memberi tahu perawatan apa yang harus Anda lakukan di rumah dan mungkin beberapa resep obat antinyeri. 

Anda harus mengganti balutan tersebut sesuai dengan perintah dokter. Selama proses penyembuhan, jangan menggunakan produk perawatan kulit lain kecuali yang disetujui oleh dokter Anda. 

Dalam kebanyakan kasus, pemulihan membutuhkan waktu sekitar 10 hari. Regenerasi kulit baru hingga efek warna kulit merah muda itu hilang membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. 

Baca Juga: 10 Jenis Operasi Plastik Penampilan yang Paling Diminati

Jenis Dermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur prosedur pengelupasan kulit yang lebih sederhana. Prosedur mikrodermabrasi menggunakan semprotan kristal abrasif kecil hanya untuk mengatasi masalah kulit luar, tidak bisa digunakan untuk masalah kulit lapisan dalam seperti bekas luka atau kerutan.

Efek Samping Dermabrasi

Bagaimanapun, ada risiko efek samping dari prosedur pengelupasan kulit ini, termasuk: 

  • Infeksi.
  • Alergi pada anestesi.
  • Perubahan warna kulit.
  • Kulit kemerahan.
  • Pembengkakan.
  • Ruam kulit.
  • Jerawatan.

Selalu konsultasi pada dokter setelah Anda melakukan prosedur dermabrasi untuk mengurangi risiko efek samping dan memastikan hasil penampilan kulit sesuai yang Anda inginkan. Selain itu, Anda harus menjaga kulit dari paparan sinar matahari setidaknya selama 6 bulan setelah prosedur pengelupasan kulit. 

Baca Juga: Tanam Benang: Fungsi, Prosedur, Efek Samping, dan Biaya

Biaya Dermabrasi

Biayanya tergantung pada klinik kecantikan dan rumah sakit yang Anda datangi. Harga mikrodermabrasi dimulai dari Rp300.000 per satu kali perawatan, sedangkan biaya dermabrasi dimulai dari sekitar Rp600.000 per satu kali perawatan. 

Itulah pembahasan tentang apa itu dermabrasi. Dermabrasi adalah teknik pengelupasan kulit untuk menghilangkan noda hitam, tanda penuaan, dan masalah penampilan kulit lainnya menggunakan alat bernama dermabrader. Konsultasi pada dokter kulit profesional bila Anda ingin melakukan prosedur ini. 

 

  1. Krans, Brian. 2018. Dermabrasion. https://www.healthline.com/health/dermabrasion. (Diakses pada 26 November 2020). 
  2. Mayo Clinic. 2020. Dermabrasion. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/dermabrasion/about/pac-20393764. (Diakses pada 26 November 2020). 
  3. WebMD. 2020. Dermabrasion and Microdermabrasion. https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-dermabrasion#1. (Diakses pada 26 November 2020). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi