Terbit: 1 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini seks oral yang dilakukan oleh pasangan jarang selali yang menggunakan pengaman seperti kondom. Sebagian besar pasangan selalu menganggap seks oral aman sehingga peluang penyebaran penyakit cukup rendah. Anggapan itu sebenarnya salah kaprah. Banyak penyakit menular seksual menyabar melalui seks oral.

Apakah Dental Dam untuk Seks Oral Wanita Dibutuhkan?

Cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit seperti gonore adalah dengan menggunakan kondom jika pria menerima seks oral. Kalau wanita menerima seks oral, dibutuhkan alat bernama dental dam. Nah, kira-kira dental dam ini apakah benar-benar dibutuhkan untuk memberikan seks oral baik pada vagina atau anus?

Mengenal dental dam

Kondom mungkin sudah diketahui oleh semua orang dan mudah didapatkan. Alat itu digunakan untuk menutup permukaan penis sehingga cairan yang keluar dari sana tidak tertelan. Secara konsep, dental dam mirip sekali dengan kondom, tapi bentuknya seperti lembaran lateks atau polyurethane.

Lembaran ini digunakan untuk melindungi vulva atau bagian luar dari vagina meliputi klitoris dan labia. Dengan menutup bagian vulva dengan lembaran dental dam, seks oral bisa dilakukan dengan aman. Pria tidak perlu khawatir terkena penyakit atau merasa tidak nyaman dengan menelan cairan yang keluar dari vagina.

Dental dam mungkin belum begitu umum ada di Indonesia. Meski demikian sudah ada banyak yang menjual dalam bentuk pak sekali pakai. Kalau pria atau wanita tidak tahan dengan bahan lateks karena menyebabkan alergi yang cukup kuat, bisa menggunakan bahan polyurethane.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Apabila Anda susah sekali mencari dental dam untuk keperluan seks oral, bisa menggunakan kondom yang dipotong. Pilih kondom polos yang tidak memiliki pelumas atau perasa. Bentuk menjadi segi empat untuk diletakkan di atas bagian vulva dari vagina.

Manfaat dental dam

Sekilas dental dam membuat aktivitas seks oral yang diterima oleh wanita terlihat rumit. Namun, aktivitas seks dengan ini akan memberikan banyak manfaat yang antara lain terdiri dari.

  • Mencegah perasaan jijik atau mual. Barangkali semua pria tertarik dengan vagina, tapi kalau menyentuhnya dengan mulut dan lidah mungkin membuat mereka tidak nyaman. Nah, dengan dental dam, perasaan ini bisa dihindari dan seks bisa dilakukan hingga wanita merasa terpuaskan.
  • Mencegah penular penyakit menular seksual. Beberapa penyakit menular seperti gonore hingga HPV bisa masuk dengan mudah ke mulut pria. Kalau suda masuk, kemungkinan virus menyebar akan tinggi.
  • Mencegah herpes genitalis. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini mudah menular dari dan ke pasangan. Kalau sudah menular, kemungkinan sembuhnya tidak ada. Virus akan tetap ada dan sering kambuh kalau kondisi tubuh menurun.
  • Kanker di mulut dan kerongkongan. HPV tidak menyebabkan kutil saja. Penyakit itu juga bisa menyebabkan kanker di mulut dan kerongkongan.

Membiasakan diri melakukan seks dengan aman

Salah satu mencegah penularan penyakit seksual adalah membiasakan diri untuk melakukan seks dengan aman. Salah satu cara untuk memastikan seks yang dilakukan aman adalah mengetahui status kesehatan pasangan. Kalau sama-sama bersih penyakit seks bisa dilakukan dengan aman meski tanpa pengaman sekali pun.

Kalau Anda tidak tahu kondisi pasangan lebih baik memeriksakan mereka. Kalau tidak mau melakukannya selalu gunakan kondom atau dental dam khususnya saat seks oral. Dengan menggunakan pengaman ini, peluang penularan penyakit yang berbahaya tidak akan pernah ada atau sangat minim.

Inilah beberapa hal tentang seks oral yang harus diperhatikan oleh pria dan wanita. Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang tata cara melakukan seks oral yang aman pada wanita.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi