Terbit: 12 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wanita hamil memiliki risiko terjangkit penyakit lebih tinggi bila dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Wanita hamil memang memiliki pantangan yang cukup banyak, mulai dari pola makan, istirahat yang cukup, dan masih banyak lainnya. Jika wanita hamil memiliki gaya hidup yang kurang sehat, maka risiko terjadinta keguguran akan semakin meningkat.

Benarkah Demam saat Hamil Berpotensi Menyebabkan Keguguran?

Tak sedikit pula, wanita hamil kerap mengalami demam. Demam mungkin bisa dianggap sebagai penyakit biasa yang tidak berbahaya, namun berbeda dengan wanita yang sedang hamil. Demam justru berpotensi dapat mengakibatkan terjadinya keguguran.

Hal ini juga dibenarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, Amerika Serikat, yang mengatakan bahwa ada hubungan antara demam dengan keguguran. Hal ini disebabkan oleh suhu yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya kecacatan pada tabung saraf janin sehingga menyebabkan keguguran.

Seperti yang Anda ketahui bahwa tabung saraf merupakan struktur yang akan berkembang menjadi otak dan saraf tulang belakang. Dengan demikian, tabung saraf ini mempunyai peranan penting dalam perkembangan janin hingga menjadi bayi. Jika terjadi kecacatan pada tabung saraf, maka kemungkinan besar janin akan gugur.

Demam merupakan salah satu gejala yang timbul akibat terjadinya suatu penyakit, tentu saja Anda harus mencari tahu apa sebab dari gejala demam tersebut. Bisa jadi Anda mengalami suatu penyakit yang berbahaya. Terlebih lagi jika Anda sedang mengandung. Untuk itu, jangan pernah abaikan demam dan kelainan sekecil apapun di saat Anda sedang hamil. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan intensif.

Akan tetapi, apabila demam yang Anda rasakan masih wajar, cobalah melakukan beberapa cara untuk mengatasinya, seperti berada ditempat dingin. Anda bisa menyalakan pendingin ruangan atau membuka jendela rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pakaian longgar dan tipis sebab dapat memudahkan Anda untuk mengeluarkan rasa panas dan keringat.

Tidak lupa pula cukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Sebab, air putih sangatlah penting untuk kesehatan, terutama ketika Anda sedang mengandung. Yang terakhir adalah, istirahat yang cukup. Karena dengan istirahat yang cukup, suhu tubuh Anda akan normal kembali.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi