Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengonsumsi buah delima? Buah berwarna merah dengan butir-butir kecil ini terkenal kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Selain itu, buah ini ternyata juga dapat berkontribusi untuk kesehatan rambut Anda. Hal ini tidak lain karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Nutrisi Pada Buah Delima yang Baik untuk Rambut

1. Vitamin

Buah delima mengandung vitamin A dan K yang baik untuk pertumbuhan rambut. Vitamin K membantu batang dan akan rambut tetap kuat, sedangkan vitamin A mendorong kulit kepala untuk menghasilkan lebih banyak rambut.

2. Selenium

Buah delima juga mengandung selenium yang membantu mengatasi masalah jamur Malassezia. Jamur ini membuat kulit kepala kering dan mengelupas sehingga menjadi masalah ketombe. Selenium membantu membersihkan serpihan kulit kepala ini dan mendorong pertumbuhan rambut.

3. Zinc

Zinc merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan sebum pada kulit kepala. Bahan ini mendorong regenerasi sel-sel kulit kepala dan menjaga akar serta batang rambut tetap terhidrasi.

4. Zat besi

Zat besi pada buah delima diperlukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Ketika tubuh kekurangan zat besi, salah satu ciri-cirinya adalah rambut menjadi kusam, lemah dan mudah rontok.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

5. Vitamin C

Vitamin C pada buah delima membantu penyerapan nutrisi lain yang diperlukan tubuh, termasuk rambut. Rambut juga menjaga kesehatan jaringan ikat atau kolagen sehingga mampu mendorong pertumbuhan rambut.

6. Magnesium

Magnesium pada buah delima akan menghambat peradangan, serta membantu masalah kulit kepala seperti ketombe, eksim dan psoriasis.

7. Antioksidan

Oksidasi pada jaringan dapat membuat rambut berubah putih lebih dini. Antioksidan pada buah delima mencegah korosi pada jaringan sehingga mengurangi kemungkinan rambut berubah putih lebih dini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi