Terbit: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jangan pernah menyepelekan dampak dari dehidrasi bagi kesehatan tubuh kita. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli dari Centre for Neuroimaging Sciences, Institute of Psychiary, King’s College London, dehidrasi ternyata bisa membuat otak menyusut! Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dehidrasi Ternyata Bisa Membuat Otak Menyusut!

Dilansir dari IOL, dalam penelitian ini, para partisipan yang diminta untuk berolahraga hingga berkeringat selama 90 menit tanpa minum sama sekali dicek kondisi otaknya. Hasilnya adalah, otak para partisipan ini mengalami penyusutan ukuran yang setara dengan penuaan selama 14 bulan. Jumlah ini juga setara dengan yang terlihat pada otak penderita Alzheimer selama 10 minggu.

Tahukah Anda jika 80 persen dari otak kita adalah air? Karena alasan inilah otak bisa mengalami penyusutan jika tubuh mengalami dehidrasi. Yang menjadi masalah adalah, penyusutan ini juga bisa berimbas pada masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Frontiers in Human Neuroscience menghasilkan fakta bahwa minum air saat haus bisa meningkatkan kemampuan mental hingga 14 persen. Menurut para peneliti dari University of East London, Inggris, dengan minum air saat haus, maka otak mampu fokus dengan jauh lebih baik sekaligus meningkatkan kewaspadaannya.

Tanpa kita sadari, dehidrasi ringan sudah cukup untuk membuat suasana hati, daya ingat, dan konsentrasi menurun. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak membiarkan dehidrasi dan segera minum air jika memang sudah merasa membutuhkannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Selain itu, jika sudah merasa haus, jangan asal mengonsumsi minuman seperti kopi, minuman bersoda, atau minuman berenergi yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya otak. Ada baiknya kita meminum air putih yang jauh lebih sehat dan mampu mengatasi dehidrasi dengan jauh lebih efektif.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi