Decolgen – Cara Kerja, Dosis dan Indikasi

obat-decolgen-doktersehat

DokterSehat.Com– Decolgen obat apa? Obat Decolgen adalah obat untuk mengatasi gejala flu seperti sakit kepala, demam, pilek, hidung tersumbat, mata berair, dan bersin-bersin. Kenali fungsi, komposisi, indikasi, dan dosis Decolgen, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Obat Decolgen Tablet bekerja dengan mengurangi pembengkakan di hidung dan telinga; memblokir situs H1-reseptor pada jaringan; meningkatkan ambang rasa sakit dan meningkatkan aliran darah di kulit, kehilangan panas dan berkeringat. Sementara OBat Decolgen Forte Tablet bekerja dengan meningkatkan ambang rasa sakit dan meningkatkan aliran darah di kulit, kehilangan panas dan berkeringat; merangsang reseptor alfa-adrenergik yang menghasilkan vasokonstriksi dan mengurangi edema jaringan dan hidung tersumbat; memblokir situs H1-reseptor pada jaringan.

Komposisi Decolgen:

Komposisi Decolgen dibuat dari bahan-bahan aktif (garam), berikut di antaranya:

Untuk decolgen biasa:

  • Paracetamol 500 mg
  • Chlorpheniramine maleat 2 mg
  • Fenilefrin HCl 10 mg

Untuk decolgen forte

  • Paracetamol 500 mg
  • Chlorpheniramine maleat 2 mg
  • Fenilpropanolamine HCl 25 mg

Sediaan Decolgen: Tablet

Cara Kerja Obat Decolgen

Paracetamol merupakan obat yang aman untuk menurunkan demam (antipiretik) dan pereda nyeri (analgetik) sehingga cocok untuk sakit kepala dan keluhan pegal-pegal serta demam, terutama yang terkait dengan flu dan infeksi saluran napas lainnya.

decolgen-forte
Photo Credit: WORLD MEDICAL LIBRARY

Chlorpheniramine maleat merupakan obat golongan antihistamin generasi I yang digunakan untuk mengatasi alergi seperti hidung gatal, hidung tersumbat, bersin, mata berair.

Chlorpheniramine maleat bersinergi dengan fenilpropanolamin untuk memberikan efek dekongestan yang lebih besar dan meredakan saluran napas lebih lama. Dengan meningkatnya aliran ingus di hidung, selain bernapas lebih lega, infeksi sekunder karena bakteri dan mencegah komplikasi yang terkait hidung tersumbat. Obat ini juga memiliki efek samping mengantuk.

Fenilpropanolamin HCl dan fenilefrin HCl, merupakan obat dekongestan, yang meredakan gejala hidung tersumbat sehingga pasien dapat bernapas dengan lega. Fenilefrin merupakan perpaduan efedrin dan fenilefrin ini memberikan aktivitas kerja 2 jam, sedangkan fenilpropanolamin memberikan durasi kerja 7 jam dalam meredakan saluran napas. Dari segi keamanan klinis, obat ini cenderung lebih ringan dalam menyebabkan rangsangan otak yang mengakibatkan kegelisahan atau insomnia.

Dosis Decolgen/Penggunaan Decolgen

  • Dosis Decolgen untuk dewasa: Meminum 1 tablet setiap 6 jam
  • Dosis Decolgen untuk anak-anak 2-12 tahun: ½ tablet, diberikan 3-4 kali sehari, sesuai resep dokter.

Indikasi Decolgen

Apa kegunaan obat ini? Obat Decolgen adalah untuk meredakan hidung tersumbat, sakit kepala, pegal-pegal, dan demam yang disebabkan oleh flu, dan infeksi saluran napas akut. Obat ini juga digunakan untuk mengatasi gejala bersin-bersin, sinusitis, dan masalah terkait pernapasan lainnya.

Kontraindikasi

  • Pasien yang mengonsumsi inhibitor monoamin oksidase (MAOi)
  • Hipersensitivitas terhadap komponen yang ada pada Decolgen.
  • Pasien pada kondisi berikut: penyakit koroner berat atau penyakit kardiovaskuler (meliputi infark miokardium, yaitu kondisi sumbatan pembuluh darah pada jantung), hipertensi berat, dan takikardi ventrikel.
  • Pemberian berulang dikontraindikasikan pada pasien dengan penyakit anemia atau gangguan jantung-paru, ginjal, dan penyakit hati.

Informasi Penting tentang Obat Decolgen

Berikut ini akan dijelaskan jika Anda melewatkan dosis Decolgen atau lupa maminumnya hingga tablet Decolgen yang kedaluwarsa.

1. Dosis yang terlewatkan (lupa minum obat)

Jika Anda melewatkan dosis Decolgen, gunakan segera setelah lupa meminumnya. Jika sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan menggunakan dosis tambahan untuk mengganti dosis yang terlewatkan.

Jika Anda secara teratur lupa minum obat, pertimbangkanlah untuk menggunakan alarm atau meminta teman atau anggota keluarga untuk mengingatkan Anda. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendiskusikan perubahan dalam jadwal pemberian dosis Anda atau jadwal baru untuk mengganti dosis yang terlewatkan, jika Anda baru saja melewatkan terlalu banyak dosis.

2. Overdosis Decolgen

Jangan menggunakan lebih dari dosis yang ditentukan. Minum lebih banyak obat tidak akan memperbaiki gejala Anda; bukan menyebabkan keracunan atau efek samping yang serius. Jika menduga bahwa Anda atau siapapun yang mungkin telah overdosis karena obat Decolgen, segera pergi ke rumah sakit terdekat. Bawa serta kotak obat, wadah, atau label untuk membantu dokter untuk mendapatklan dengan informasi yang diperlukan.

Jangan berikan obat-obatan kepada orang lain bahkan jika tahu bahwa mereka memiliki kondisi yang sama atau tampaknya mereka memiliki kondisi yang serupa. Ini dapat menyebabkan overdosis. Silakan berkonsultasi dengan dokter, apoteker atau memerhatikan paket produk untuk informasi lebih lanjut.

3. Cara menyimpanan obat Decolgen

Simpanlah obat-obatan pada suhu kamar di temperatur yang tidak melebihi 30oC, jauhkan dari suhu panas dan cahaya langsung. Jangan menaruh obat di freezer kecuali diminta oleh petunjuk dalam kemasan obat. Jauhkan obat-obatan dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat di toilet atau membuangnya ke saluran air kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Obat Decolgen yang dibuang dengan cara ini dapat mencemari lingkungan. Silakan berkonsultasi dengan apoteker atau dokter Anda untuk rincian lebih lanjut tentang cara membuang Decolgen dengan aman.

4. Tablet Decolgen kedaluwarsa

Mengonsumsi satu dosis tablet Decolgen yang kedaluwarsa tidak mungkin menghasilkan efek samping. Namun, silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker untuk saran yang tepat atau jika Anda merasa tidak sehat atau sakit. Obat kedaluwarsa dapat menjadi tidak efektif dalam mengobati kondisi yang ditentukan. Langkah aman, penting untuk tidak menggunakan obat kedaluwarsa.

Jika memiliki penyakit kronis yang memerlukan minum obat terus-menerus seperti kondisi jantung, kejang, dan alergi yang mengancam jiwa, jauh lebih aman berhubungan dengan penyedia perawatan kesehatan utama Anda sehingga Anda dapat memiliki persediaan obat-obatan, untuk mencegah obat habis.

Decolgen – Halaman Selanjutnya:   1   2