Terbit: 2 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Daun tapak liman adalah jenis rumput-rumputan liar yang biasa tumbuh di sawah, tegalan, dan pekarangan. Daun tapak liman adalah tanaman yang dipercaya masyarakat sebagai obat herbal. Ketahui apa itu daun tapak liman, kandungan tapak liman, manfaatnya, dll.

Daun Tapak Liman: Kandungan, Manfaat, Obat Tradisional, dll

Apa Itu Daun Tapak Liman?

Daun tapak liman adalah tumbuhan herbal yang memiliki nama Latin Elephantopus Scaber L. Daun tapak liman termasuk dalam kelas tumbuhan Asteraceae dan sub kelas tumbuhan Asteridae. Tumbuhan ini berasal dari Mexico dan India dan kemudian diperkenalkan ke seluruh Asia, Afrika, Australia, dan Eropa karena terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan.

Ciri-ciri tumbuhan tapak liman adalah memiliki 6 helai daun berbentuk kelopak daun spatulate dengan ujung membulat. Tumbuhan ini biasanya tumbuh liar di sawah, namun sekarang banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tapak liman dikenal dengan nama lain yaitu daun tutup bumi di Malaysia dan daun dila-dila di Filipina.

Tanaman tapak liman bukan hanya dipercaya masyarakat Indonesia sebagai obat herbal, namun juga digunakan dalam pengobatan tradisional di India, Myanmar, China, Taiwan, dan sebagian besar negara di Afrika. Investigasi pada tahun 2013 pernah dilakukan untuk menganalisis potensial tanaman tapak liman sebagai obat, walaupun hasilnya mungkin belum akurat.

Kandungan Daun Tapak Liman

Berdasarkan penelitian pada tahun 2019, tanaman tapak liman memiliki beberapa kandungan bioaktif, seperti:

  • Lipid
  • Senyawa fitokimia
  • Pharmaceutics
  • Pigment
  • Ethyl Hexadecanoate
  • Ethyl-9
  • 12-octadecadienoate
  • Ethyl-(Z)-9-octadecadienoate
  • Lupeol
  • Stigmasterol
  • Glucoside
  • Deoxyelephantopin
  • Sesquiterpene lactones
  • Triterpenoids
  • Steroids
  • Flavonoids

Daun tapak liman juga memiliki berbagai kandungan lainnya yang sedang diteliti untuk menemukan potensi sebagai komponen medis untuk mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat Daun Tapak Liman untuk Kesehatan

Tanaman tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal yang efektif. Kandungan bahan kimia, senyawa bioaktif, dan minyak esensial dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit, walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun tapak liman.

Berikut ini adalah manfaat daun tapak liman, yaitu:

1. Agen Anti Kanker

Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2012, kandungan sesquiterpene lactones memiliki potensi agen anti kanker yang efektif. Sesquiterpenoids lactones adalah komponen spesifik yang dihasilkan secara alami dari tumbuhan Asteraceae yang berperan secara signifikan untuk kesehatan manusia.

Komponen Sesquiterpenoids pada tanaman tapak liman seperti deoxyelephantopin, isodeoxyelephantopin, scabertopin, dan isoscabertopin berperan sebagai agen anti kanker alami. Walaupun begitu, belum ada penelitian lebih lanjut yang dirilis seputar penyembuhan kanker dengan tanaman herbal tapak liman.

2. Agen Antioksidan

Tanaman herbal tapak liman memiliki kandungan aktivitas yang dihasilkan dari aktivitas biologis alami tumbuhan. Antioksidan adalah zat alami yang berperan untuk mencegah atau memperlambat kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang bila jumlahnya melebihi kapasitas yang bisa ditolerir oleh tubuh, maka dapat memicu sel kanker aktif. Selain pada tanaman herbal tapak liman, sumber antioksidan alami dapat didapat dari buah dan sayur seperti blueberry, raspberry, stroberi, kubis, kangkung, dll.

3. Agen Anti Diabetes

Senyawa bioaktif di tanaman herbal tapak liman seperti 28Nor-22 (R) dengan 2, 6, 23-trienolide menunjukan aktivitas yang efektif sebagai anti diabetes.

Cara kerja komponen ini adalah dengan mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh dan menyeimbangkan kadar insulin yang diinduksi streptozotocin. Penelitian ini berhasil dilakukan pada tikus, namun belum ada penelitian khusus pada manusia.

4. Agen Antimikroba

Tanaman herbal tapak liman adalah tanaman herbal yang dipercaya sebagai agen antimikroba yang efektif. Antimikroba adalah agen yang berperan untuk memperlambat atau menghentikan mikroba. Contoh penyakit yang disebabkan oleh mikroba adalah influenza, batuk, dan pilek biasa.

Baca Juga: Daun Basil: Nutrisi, Manfaat, Efek Samping, dll

5. Agen Antiseptik

Antiseptik adalah agen yang digunakan untuk memperlambat dan menghentikan mikroorganisme penyebab berbagai penyakit. Tanaman herbal tapak liman memiliki kandungan antiseptik untuk mengatasi luka dan mengurangi efek sakit saat demam.

Manfaat daun tapak liman sebagai agen antiseptik alami ini dipercaya di berbagai negara seperti Indonesia, India, Filipina, dll. Selain Tanaman herbal, agen antiseptik alami lainnya adalah tree tea oil, witch hazel water, thyme, dll.

6. Agen Anti Hepatotoksik

Anti hepatotoksik adalah agen untuk melindungi hati dari racun serta mencegah kerusakan hati. Efek anti hepatotoksik pada tanaman herbal tapak liman telah diuji pada hewan tikus dan terbukti efektif untuk mengatasi kerusakan hati, namun belum ada uji yang dilakukan pada manusia.

Selain tanaman herbal tapak liman, tumbuhan lain yang memiliki efek anti hepatotoksik alami adalah temulawak, akar teki, dan danggui.

7. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat daun tapak liman yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan liver. Selain mengandung anti hepatotoksik untuk menjaga hati dari kerusakan, kandungan etanol pada tanaman herbal tapak liman juga berperan untuk melindungi dan menjaga kesehatan hati.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2009, kandungan etanol pada tanaman herbal adalah bahan utama dari tonik hati. Selain itu, kandungan ekstrak akar tapak liman juga dapat mengurangi lipid peroksidasi membran dengan membersihkan radikal bebas.

8. Mengatasi Diare

Rebusan tanaman herbal tapak liman dimanfaatkan sebagai obat diare alami oleh sebagian masyarakat Nepal. Selain itu, tanaman herbal tapak liman juga dipercaya dapat mengatasi disentri, gangguan lambung, muntah darah, dan penyakit tuberkulosis.

Sampai saat ini, penelitian lebih lanjut belum pernah dilakukan untuk membuktikan manfaat daun tapak liman dalam mengatasi diare. Bila Anda menggunakan tanaman herbal tapak liman ini sebagai obat tradisional, harap tetap berhati-hati akan efek samping yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan (Kandungan dan Efek Samping)

9. Agen Anti Inflamasi

Antiinflamasi adalah agen yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi peradangan. Umumnya, obat yang memiliki anti inflamasi digunakan untuk mengatasi radang sendi dan gangguan peradangan lainnya.

Tanaman herbal tapak liman juga diberitakan memiliki kandungan anti inflamasi, namun belum ada bukti klinis apakah efek ini dapat membantu mengatasi berbagai penyakit peradangan.

10. Agen Antiplatelet

Tanaman herbal tapak liman memiliki efek antiplatelet. Antiplatelet adalah adalah kandungan untuk mengurangi risiko pembekuan darah. Umumnya, obat antiplatelet digunakan untuk memecah gumpalan darah berbahaya yang terbentuk di pembuluh darah atau jantung Anda.

Belum ada data dan penjelasan lebih lanjut tentang seberapa efektif agen antiplatelet di tanaman herbal tapak liman dan apa pengaruhnya dalam menyembuhkan penyempitan pembuluh darah  dan penyakit terkait.

11. Mengatasi Batuk

Akar dan daun tapak liman digunakan sebagai emolien untuk mengatasi gejala batuk yang sudah parah. Caranya adalah dengan merebus akan dan tanaman herbal tapak liman lalu digosokan di tenggorokan.

Baca Juga: 10 Obat Batuk Kering Alami dan Penyebabnya yang Perlu Dikenali

Obat Tradisional Daun Tapak Liman

Tanaman herbal tapak liman dipercaya banyak orang dari berbagai negara sebagai obat tradisional. Berikut ini adalah manfaat daun tapak liman sebagai obat herbal di beberapa negara, yaitu:

  • China: Dipercaya dapat mengatasi nefritis, edema, kelembaban, nyeri pada dada, demam dan batuk radang paru-paru, kudis, dan arthralgia akibat luka.
  • India: Dipercaya dapat mengatasi muntah, demam, jerawat, gangguan kandung kemih, gangguan pencernaan, dan disentri.
  • Taiwan: Akar tapak liman dipercaya dapat mengatasi nyeri dada dan penyakit kelamin wanita.
  • Filipina: Digunakan untuk menurunkan demam dan obat diuretic.
  • Guam: Dipercaya dapat mengatasi gejala demam asthenic.
  • Indonesia: Dipercaya dapat mengatasi keputihan dan anemia pada wanita.

Itulah berbagai manfaat daun tapak liman yang dipercaya di berbagai negara. Tanaman herbal tapak liman diklaim memiliki efek antimikroba, hepatoprotektif, antioksidan, antidiabetes, antiinflamasi, analgesik, antiasthmatic, antiplatelet, anti kanker, dan menyembuhkan luka.

Walaupun begitu, belum ada penelitian yang membuktikan secara uji klinis terhadap manfaat daun tapak liman bagi kesehatan. Obat tradisional memang dinilai lebih aman dan ekonomis, namun Anda harus tetap waspada terkait efek samping tanaman dan risiko lain yang mungkin terjadi.

 

  1. Chatterjee, Moumita & Mukherjee, Ambarish. 2014. Elephantopus scaber L: 1. AN OVERVIEW. Indian J.L.Sci. 4 (1) : 51-54, 2014. (Diakses pada 2 Desember 2019).
  2. Global Biodiversity Information Faculty. 2019. Elephantopus scaber L. https://www.gbif.org/species/5395925. (Diakses pada 2 Desember 2019).
  3. UNS. 2013. Agroekologi Dan Usaha Domestikasi Tumbuhan Obat Tapak Liman (Elephantopus Scaber L.) Pada Berbagai Tipe Penggunaan Lahan di Dataran Rendah. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/33258/Agroekologi-Dan-Usaha-Domestikasi-Tumbuhan-Obat-Tapak-Liman-Elephantopus-Scaber-L-Pada-Berbagai-Tipe-Penggunaan-Lahan-Di-Dataran-Rendah. (Diakses pada 2 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi