Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Tubuh

Doktersehat-manfaat-daun-sirih-merah

DokterSehat.com – Daun sirih adalah salah satu tanaman yang cukup populer Indonesia karena dipercaya sebagai tanaman yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun sirih yang paling populer adalah daun sirih hijau, akan tetapi tahukah Anda bawah daun sirih merah mempunyai manfaat yang sama?

Sejak zaman dulu daun sirih merah dikenal berkhasiat sebagai obat. Daun yang sering digunakan untuk susuran ini ternyata memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, seperti mencegah adanya bakteri di tubuh dan menghilangkan bau badan secara alami dengan air rebusan sirih merah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun sirih merah mampu menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, asam urat, maag, hepatitis, darah tinggi, ambien, dan infeksi.

baca juga: Benarkah Daun Sirih Bisa Mengatasi Mimisan?

Dari hasil riset diketahui bahwa daun sirih merah memiliki kandungan zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit. Bila dibandingkan dengan manfaatnya, efek negatif dari daun sirih merah pun sangat sedikit. Bahkan penyakit mematikan seperti kanker dan diabetes melitus pun bisa dicegah.

Kandungan senyawa dalam sirih merah digolongkan menjadi 3, yakni:

  • Senyawa flavonoid dan polivenol

Kedua senyawa ini berkhasiat untuk mencegah kanker dan juga digunakan sebagai bahan antiflamasi, antiseptik, antioksidan, dan antideabetik.

  • Senyawa alkoloid

Manfaat dari senyawa ini hampir sama dengan senyawa flavonoid dan polivenol, yakni menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia.

  • Senyawa polevenolad, tanin, minyak atsiri dan zat lainnya

Manfaat Daun Sirih Merah

  • Antiseptik

Manfaat daun sirih merah yang sering digunakan adalah sebagai antiseptik. Manfaat sirih merah ini juga sudah lama dipercaya masyarakat untuk menyembuhkan infeksi. Meski begitu, manfaat ini belum didukung penelitian yang kuat.

Akan tetapi, sebuah penelitian mengungkapkan, antiseptik dari cairan daun sirih merah ini lebih unggul daripada sabun non-antiseptik dan sabun antiseptik. Hanya saja, perlu dianalisis apakah bakteri yang tersisa tersebut bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak.

  • Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun sirih merah bisa Anda dapatkan apabila meminum air rebusannya. Air rebusan darun sirih atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2.

Manfaat daun sirih merah untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Daun sirih merah tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, jangan jadikan daun sirih merah sebagai satu-satunya pengobatan diabetes. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih merah untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang berlawan dengan kerja obat.

  • Menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi

Manfaat daun sirih merah lainnya adalah menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Caranya, Anda hanya perlu mengunyahnya. Minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut.

Sifat-sifat yang dimiliki minyak atsiri inilah yang mampu mengurangi peradangan gusi, di mana peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada dalam karang gigi. Selai itu, karies gigi menjadi salah satu momok kesehatan paling umum di Indonesia.

Adapun salah satu bakteri yang menyebabkan gangguan kesehatan gigi jenis ini adalah Streptococcus mutans. Minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, dan senyawa fenolik yang terdapat di daun sirih merah dipercaya menghilangkan karies gigi.

Sementara itu, batang dan daunnya juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan, sembelit, batuk, dan asma.

baca juga: Benarkah Daun Sirih Berbahaya untuk Miss V?

  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Khasiat daun sirih merah sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung dan meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. Manfaat daun sirih lainnya terhadap kesehatan saluran cerna adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung, dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.