Daun Salam Mampu Turunkan Kolesterol?

manfaat-daun-salam-doktersehat
Photo Credit: freepik.com

DokterSehat.Com– Kita mengenal daun salam sebagai salah satu bumbu alami yang membuat masakan menjadi jauh lebih nikmat Hanya saja, ada yang menyebut daun salam sebagai salah satu obat alami yang mampu menurunkan kolesterol. Sebenarnya, apakah memang daun salam memiliki manfaat kesehatan ini?

Meski kini lebih sering dikenal sebagai bumbu masakan, dalam realitanya daun salam sudah digunakan dalam dunia medis sejak lama. Bahkan, telah ada penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan di dalam daun salam mampu mencegah datangnya penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh adanya fitonutrien di dalamnya, senyawa yang mampu menyehatkan jantung sekaligus mencegah datangnya stroke dan serangan jantung dengan signifikan. Kandungan ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan membuat kadar kolesterol baik atau HDL meningkat.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition pada 2009 lalu, dihasilkan fakta bahwa setelah 30 hari rutin mengonsumsi 1-3 gram daun salam setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol total hingga 24 persen, kadar trigliserida hingga 34 persen, kadar kolesterol jahat turun hingga 40 persen, dan kadar kolesterol baik bisa ditingkatkan hingga 29 persen.

Penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli dari Zarqa Private University yang ada di Yordania juga menyebutkan bahwa partisipan yang mengonsumsi daun salam setiap hari selama satu bulan mengalami penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida dengan signifikan.

Lantas, apakah kita harus mengunyah daun salam secara langsung demi mendapatkan manfaat ini meskipun daun ini memiliki tekstur yang sedikit alot?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita sebaiknya mengolahnya menjadi minuman. Untuk membuatnya, kita hanya perlu menyiapkan 10 atau 15 daun salam yang dicuci bersih dan tiga gelas air putih. Rebus air dan daun salam ini hingga yang tersisa sekitar satu gelas saja. Setelahnya, saring air rebusan ini dan kita bisa mengonsumsinya secara teratur demi mendapatkan manfaat berupa menurunnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain minum air rebusan daun salam, ada baiknya kita juga menerapkan gaya hidup yang sehat demi menurunkan kadar kolesterol dengan maksimal.