14 Manfaat Kucai bagi Kesehatan (No. 7 Baik untuk Ibu Hamil)

manfaat-kucai-doktersehat

DokterSehat.Com – Daun kucai adalah salah satu tanaman herbal yang masuk dalam keluarga bawang (Allium) dan rempah-rempah. Selain itu, kucai adalah tanaman yang sering digunakan sebagai pelengkap pada sup, bubur dan tumis sayuran. Meski sering digunakan sebagai pelengkap, faktanya kucai menyimpan banyak kegunaan bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat kucai yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Kucai bagi Kesehatan

Kucai yang memiliki nama latin Allium tuberosum ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat daun kucai telah lama digunakan sebagai obat karena kandungan di dalamnya.

Daun kucai rendah kalori tapi relatif tinggi vitamin A dan C. Daun berongga dan runcing ini juga mengandung kalsium, magnesium, kolin, folat,  karoten lutein, zeaxanthin, vitamin K, fosfor, dan potasium.

Berikut adalah beberapa manfaat kucai yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan risiko kanker

Manfaat kucai yang pertama adalah menurunkan risiko kanker prostat. Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang pria dengan asupan daun kucai yang tinggi memiliki risiko kanker prostat paling rendah. Bahkan, penelitian lain menghubungkan konsumsi Allium dengan pencegahan kanker perut dan kerongkongan. 

2. Mengatasi peradangan

Daun kucai mengandung kolin yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, kemampuan mengingat dan membantu melawan peradangan. Selain itu, folat sendiri juga dipercaya mengurangi depresi, menjaga suasana hati dan nafsu makan.

3. Menurunkan kolesterol

Kandungan potasium, allicin dan kuersetin yang ada di daun kucai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan plak arteri. Dampak lanjutannya adalah kesehatan jantung terjaga dengan baik dan risiko aterosklerosis yang lebih rendah.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kucai berikutnya adalah berguna bagi kesehatan tulang dengan menjaga kepadatannya. Hal ini bisa diperoleh karena daun kucai mengandung vitamin K yang berkontribusi untuk menjaga kondisi tulang.

5. Menjaga kesehatan otak

Manfaat daun kucai lainnya yang berguna bagi tubuh karena kandungan kolinnya. Kolin adalah salah satu nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan otak, mengatur mood dan mempertajam ingatan.

Sebuah penelitian mengungkapkan, tingginya asupan kolin dapat meningkatkan fungsi kognitif otak serta penyimpanan memori visual dan verbal

6. Menjaga kesehatan ginjal

Senyawa sulfur yang terdapat pada daun kucai dapat memperbaiki fungsi ginjal. Ginjal yang sehat adalah ginjal yang fungsinya terjaga dengan baik.

7. Menjaga kesehatan janin

Manfaat kucai yang satu ini berguna bagi ibu hamil. Seperti diketahui kucai mengandung folat yang cukup banyak. Asam folat sangat penting untuk sintesis DNA dan pembelahan sel. Kadar folat yang cukup selama kehamilan dapat mencegah cacat pada bayi

8. Menjaga kondisi pencernaan

Senyawa di dalam daun kucai bertugas sebagai antibakteri dan antioksidan. Antibakteri membantu mengatasi gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, sedangkan antioksidan memperbaiki kerusakan maupun gangguan sistem pencernaan akibat radikal bebas.

9. Menjaga kesehatan mata

Manfaat kucai yang banyak orang tidak tahu adalah kemampuannya menjaga kesehatan mata. Kandungan zeaxanthin dan karoten lutein dipercaya dapat mengurangi stres oksidatif pada mata dan memperlambat perkembangan katarak.

10. Menurunkan asam urat

Senyawa kuersetin dan beberapa senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan, membuat daun kucai dapat digunakan untuk menghambat aktivitas xanthine oxidase yang merupakan pemicu kenaikan asam urat. Manfaat kucai dapat membuat kadar asam urat normal apabila dikonsumsi secara rutin.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kombinasi allicin dan sifat antibakteri yang ada di tanaman kucai dapat berguna untuk proses detoksifikasi tubuh. Selain itu, vitamin C dan E yang terdapat pada kucai bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan secara keseluruhan.

12. Menurunkan darah tinggi

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat daun kucai sebagai penurun darah tinggi mungkin karena adanya kandungan senyawa kuersetin. Oleh karena itu, banyak orang memanfaat daun kucai sebagai cara menurunkan darah tinggi yang alami.

13. Menjaga kesehatan otak

Area lain di mana asam folat bermanfaat adalah fungsi kognitif. Studi menunjukkan bahwa suplementasi asam folat dapat meningkatkan memori, kecepatan pemrosesan informasi, dan kecepatan sensorimotor–yang semuanya cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi suplemen asam folat juga dapat mengurangi risiko stroke.

14. Membantu menyembuhkan luka

Sejumlah penelitian mengungkapkan, senyawa allicin yang ditemukan pada kucai dapat mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sterilitas luka. Sifat antijamur allicin menunjukkan bahwa hal itu dapat digunakan dalam pengobatan atau pencegahan berbagai infeksi.

Nah, itulah beberapa manfaat kucai yang berguna bagi kesehatan Anda.

Hal-Hal yang Harus Dipersipakan Sebelum Mengonsumsi Kucai

Beberapa orang yang mengonsumsi daun kucai tidak menimbulkan masalah apapun, namun jika Anda memiliki riwayat alergi, sepertinya Anda harus menghindari daun kucai. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya reaksi alergi berbahaya pada tubuh.

Beberapa reaksi yang bisa terjadi adalah menimbulkan bercak merah dan gatal. Pada beberapa kasus, seseorang juga bisa mengalami hidung berair atau tersumbat, pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, lidah dan bagian tubuh lainnya.

Mengonsumsi daun kucai terlalu banyak juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut atau lainnya. Selain disajikan sebagai makanan pelengkap, Anda juga bisa merebusnya.

Siapkan 15-20 helai daun kucai, kemudian rebus dengan 3 gelas. Biarkan air mendidih hingga menyisakan kurang lebih 1 gelas. Manfaat daun kucai dapat maksimal apabila Anda mengonsumsinya 3 kali sehari.

Hingga kini belum ada laporan yang mengatakan mengenai efek samping dari daun kucai. Manfaat kucai akan lebih maksimal apabila Anda mengonsumsinya dalam takaran yang tepat. Selain tangkai atau daunnya, pada dasarnya setiap bagian dari kucai dapat dimakan, mulai dari bunga hingga akarnya.