Terbit: 25 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Tidak hanya nikmat, ternyata ada beberapa manfaat daun kenikir yang berguna bagi kesehatan. Apakah Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi daun kenikir? Apabila Anda gemar makan salad atau lalapan maka seharusnya Anda juga suka mengonsumsi daun kenikir. Daun kenikir biasa ditemukan di lalapan atau pecel.

11 Manfaat Daun Kenikir bagi Ibu Menyusui hingga Penderita Diabetes

Mengenal Daun Kenikir

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat daun kenikir, perlu diketahui bahwa daun kenikir adalah daun yang berasal dari tanaman kenikir. Kenikir juga biasa dikenal dengan nama ulam raja. Tanaman kenikir memiliki nama latin Cosmos caudatus yang termasuk ke dalam keluarga Asteraceae.

Kenikir berasal dari Amerika Latin dan dibawa ke Asia Tenggara. Bagian daun dari tanaman kenikir telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional di Asia Tenggara sejak dulu. Daun kenikir juga dimanfaatkan sebagai lalapan yang biasa disantap mentah.

Kandungan Daun Kenikir

Manfaat daun kenikir yang ada tidaklah terlepas dari kandungan zat-zat yang ada di dalam daun kenikir. Di dalam daun kenikir mengandung beberapa zat yang memiliki banyak manfaat. Pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa daun kenikir kaya akan asam askorbat dan asam klorogenik.

Selain itu, masih ada beberapa kandungan daun kenikir lainnya, yaitu:

  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Flavonoid.
  • Tokoferol.
  • Polifenol.
  • Saponin.
  • Terpenoid.
  • Kuersetin.
  • Alkohol Koniferil.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Protein.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Daun kenikir tidak hanya memiliki fungsi sebagai hiasan, akan tetapi daun kenikir memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa ternyata manfaat daun kenikir bisa meningkatkan nafsu makan. Bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan tetapi memiliki nafsu makan yang rendah maka mengonsumsi daun kenikir sebagai lalapan bisa menjadi solusi.

Di dalam daun kenikir terdapat kandungan kuersetin yang mampu meningkatkan nafsu makan. Daun kenikir juga bisa diberikan kepada anak-anak yang mengalami masalah kenaikan berat badan karena sulit makan.

Orang-orang yang baru saja pulih dari sakit atau pasca operasi sebaiknya mengonsumsi daun kenikir sebanyak tiga kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan selera makan guna menjaga stamina tubuh yang optimal.

2. Mengatasi Masalah Bau Mulut

Pada daun kenikir terdapat kandungan alkohol koniferil. Alkohol koniferil ini bertindak sebagai antibakteri yang bisa membersihkan lidah dan air liur dari kuman-kuman. Biasanya, setiap makanan yang dimakan terdapat kuman-kuman tak kasat mata yang ikut masuk dan menempel di lidah.

Kuman-kuman tersebutlah yang menjadi penyebab bau mulut. Manfaat daun kenikir bisa mengatasi masalah bau mulut ini. Caranya adalah dengan mengunyah daun kenikir selama tiga puluh detik lalu berkumurlah.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam daun kenikir juga terdapat kandungan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Kandungan vitamin-vitamin tersebut bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang akan berdampak pada peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, zat gizi makro protein juga hadir di dalam daun kenikir. Protein bisa membentuk fagosit yang bisa melindungi tubuh dari serangan kuman-kuman penyakit dan virus. Fagosit ini bisa melawan dan mengalahkan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

4. Menguatkan Tulang

Selama ini mungkin sebagian besar orang-orang hanya mengetahui susu yang bisa memperkuat tulang. Padahal manfaat daun kenikir juga bisa untuk menguatkan kerangka tulang tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam dalam daun kenikir terdapat kandungan beberapa mineral seperti kalsium dan magnesium.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat daun kenikir yang satu ini maka Anda bisa mengonsumsi daun kenikir sebagai lalapan. Selain itu, Anda juga bisa meminum air rebusan daun kenikir yang telah ditambahkan pemanis alami seperti madu atau gula untuk menambah cita rasa.

5. Mengatasi Masalah Payudara karena Menyusui

Bagi ibu menyusui, masalah payudara seringkali muncul. Masalah payudara yang biasanya muncul adalah payudara bengkak karena terjadi peradangan payudara atau karena air susu ibu (ASI) yang keluar tak henti-henti.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan ibu menyusui dan akhirnya bisa berdampak pada bayinya. Oleh karena itu, masalah payudara seharusnya segera diatasi. Salah satu cara alami mengatasi payudara yang bengkak karena menyusui adalah dengan mengonsumsi daun kenikir.

Cara memanfaatkan daun kenikir untuk mengatasi masalah payudara adalah dengan cara membakar daun kenikir bersama api yang kecil. Bakarlah daun kenikir hingga layu kemudian Anda bisa segera mengusapkan daun kenikir bakar tersebut di sekitar area payudara.

6. Mengobati Penyakit Maag

Salah satu manfaat daun kenikir yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya adalah bisa mengobati penyakit maag secara alami. Kandungan tokoferol di dalam daun kenikir mampu menetralkan asam lambung.

Selain itu, tokoferol pada daun kenikir juga bisa menguatkan otot-otot sfingter yang ada di perut. Apabila ingin mengobati penyakit maag dengan daun kenikir maka Anda bisa merebus daun kenikir bersama sedikit garam lalu meminum air rebusannya.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi Anda yang memiliki masalah jantung lemah maka konsumsilah daun kenikir. Manfaat daun kenikir juga bisa untuk memperkuat organ jantung. Hal ini dikarenakan di dalam daun kenikir terdapat kandungan flavonoid yang bisa menguatkan arteri dan otot jantung.

Otot jantung dan arteri yang kuat bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga organ jantung pun menjadi lebih kuat. Cara mengonsumsi daun kenikir untuk mengatasi masalah jantung ini adalah dengan merebus daun kenikir dengan air lalu meminum air rebusan tersebut.

8. Melawan Penyakit Kanker

Kandungan saponin, flavonoid, dan terpenoid yang ada di dalam daun kenikir memiliki sifat antikarsinogenik. Antikarsinogenik ini berarti bersifat melawan kanker. Daun kenikir bermanfaat untuk melawan beberapa jenis kanker seperti kanker perut, kanker hati, kanker payudara, kanker lambung, dan lainnya.

Konsumsilah daun kenikir secara lebih sering untuk mengatasi penyakit kanker ini. Akan tetapi, Anda harus tetap ingat untuk mengonsumsi air putih yang bisa melarutkan zat-zat larut air.

9. Mengobati Penyakit Gondongan

Daun kenikir juga bermanfaat untuk mengobati penyakit gondongan. Hal ini dikarenakan di dalam daun kenikir terdapat kandungan tokoferol dan polifenol yang bisa mengobati gondongan akibat radang.

Manfaat kenikir ini bisa didapatkan dengan menggiling daun kenikir sampai halus. Daun kenikir yang telah halus lalu dicampur dengan cuka dan diaduk. Campuran daun kenikir dan cuka tersebut digosokkan pada area yang terdapat gondongan. Lakukanlah hal ini minimal tiga kali sehari.

10. Menghilangkan Racun dari Tubuh

Manfaat daun kenikir juga bisa untuk membersihkan darah dari racun-racun yang ada di dalam tubuh. Beberapa kandungan seperti vitamin E, vitamin C, dan flavonoid bertindak sebagai detoksifikasi alami.

Kandungan-kandungan zat tersebut akan menetralisir racun-racun yang ada di dalam darah sehingga darah pun menjadi bersih. Hal ini bisa mempermudah kerja organ hati dan ginjal apabila darah bersih.

11. Mengobati Diabetes

Manfaat daun kenikir yang terakhir adalah kemampuannya mengobati diabetes tipe 2. Manfaat kenikir ini didapatkan dari kandungan senyawa bioaktif seperti asam askorbat, kuersetin, proanthocyanidin, asam klorogenik dan katekin. Selain itu, kandungan anti oksidan yang sangat tinggi dari daun kenikir juga ampuh untuk mengurangi stres oksidatif.

Konsumsi daun kenikir jangka pendek efektif dalam meningkatkan sensitivitas insulin pada pasien dengan diabetes tipe 2. Manfaat daun kenikir memiliki potensi untuk berkembang sebagai makanan fungsional. Meski begitu, manfaat kenikir ini diperlukan studi lanjutan untuk melihat efek jangka panjangnya pada penderita diabetes tipe 2.

Nah, itulah beberapa manfaat daun kenikir yang berguna bagi kesehatan. Pada akhirnya, tidak semua manfaat kenikir di atas ampuh untuk mengatasi penyakit yang Anda alami, penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun kenikir untuk kesehatan diperlukan. Jika Anda ragu untuk mengonsumsinya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 

  1. Cheng, Shi-Hui. et al. 2015. Potential medicinal benefits of Cosmos caudatus (Ulam Raja): A scoping review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4746859/. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  2. Chan, Eric Wei Chiang. 2016. Ulam Herbs of Oenanthe javanica and Cosmos caudatus: an overview on their Medicinal Properties. http://www.informaticsjournals.com/index.php/jnr/article/view/8370. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  3. Nurhayati, Betti. et al. 2018. The Antioxidant and Cytotoxic Effects of Cosmos caudatus Ethanolic Extract on Cervical Cancer. https://inabj.org/index.php/ibj/article/view/441. (Diakses pada 25 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi