Terbit: 28 April 2021 | Diperbarui: 29 April 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat daun kelor untuk wajah bisa didapatkan karena berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Simak penjelasan lengkap mengenai kandungan dan manfaat lain dari tanaman yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini.

7 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, Atasi Jerawat hingga Kulit Berminyak

Kandungan Daun Kelor

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat atau masalah kulit lainnya. Hal penting yang harus diketahui adalah kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Daun kelor mengandung banyak senyawa yang menyehatkan seperti:

  • Vitamin A.
  • Vitamin B1 (tiamin).
  • B2 (riboflavin).
  • B3 (niasin).
  • Vitamin B6.
  • Folat dan asam askorbat (vitamin C).
  • Kalsium.
  • Kalium.
  • Zat besi.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Zinc.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah dan Kondisi Lainnya

Kelor dipercaya memiliki banyak khasiat dan kegunaannya mulai dari menyembuhkan penyakit hingga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Berikut berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Ketika kulit mengalami stres oksidatif karena kurang tidur, pola makan yang buruk, stres, atau tinggal di tempat yang berpolusi, hal itu dapat menyebabkan peradangan. Pada akhirnya, hal ini dapat memicu ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan munculnya jerawat, kemerahan, psoriasis, atau eksim.

Manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat didapatkan karena sifat antioksidannya. Senyawa ini memiliki efek detoksifikasi yang baik bagi tubuh dan turut membantu dalam meredakan peradangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Mengobati Edema

Edema adalah kondisi yang menyakitkan di mana cairan menumpuk di jaringan tertentu di tubuh. Sifat antiinflamasi dari kelor mungkin efektif dalam mencegah berkembangnya edema.

Area kulit tempat berkembangnya edema akan terlihat mengkilap dan kencang. Apabila kulit pada area ditekan, dapat timbul lubang seperti lesung pipit selama beberapa detik.

3. Meningkatkan Pembentukan Kolagen Alami

Manfaat daun kelor untuk wajah atau kulit didapatkan dari kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Vitamin C sendiri membantu meningkatkan produksi kolagen dan pergantian sel, sehingga mendukung kemampuan kulit untuk memperbaiki diri dan mempertahankan keremajaan kulit.

Manfaat kelor terkait kolagen diamati dalam penelitian kecil, di mana krim dengan ekstrak kelor dioleskan ke wajah partisipan. Setelah tiga bulan, pembentukan kolagen meningkat dan elastisitas kulit meningkat.

4. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Setiap hari kulit terpapar terpapar stresor seperti polusi dan radiasi UV. Akibatnya, tubuh bereaksi dengan membuat membuat radikal bebas yang merusak sel. Radikal bebas kemudian menyerang bagian penting dari sel kulit seperti membran sel dan DNA. Akibatnya, kerutan dini, garis halus, dan kulit kendur bisa terjadi.

Berkat tingkat antioksidan yang tinggi dari kelor, hal tersebut dapat menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka sekecil apa pun dapat meningkatkan risiko infeksi, jaringan parut, dan komplikasi lainnya. Beberapa bukti mengungkapkan bahwa kelor dapat membantu proses penyembuhan luka. Meski begitu, para peneliti belum mempelajari potensi penyembuhan luka kelor pada manusia.

Dalam sebuah studi laboratorium, komponen dari ekstrak daun kelor mempercepat penutupan luka pada sel fibroblas kulit manusia. Sedangkan sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa gel daun kelor meningkatkan penyembuhan luka dan pembentukan kolagen.

6. Melindungi Sel Kulit dari Kerusakan

Minyak biji kelor bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas serta menjaganya tetap bersih dan sehat. Kelor juga mengandung protein, yang artinya bermanfaat dalam melindungi sel kulit dari kerusakan.

Manfaat daun kelor untuk wajah berikutnya didapatkan karena tanaman ini mengandung elemen pelembap dan detoksifikasi, yang juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Bahkan, tumbuhan dari suku Moringacae ini juga dipercaya menyembuhkan infeksi dan luka kulit.

7. Mengatasi Kulit Berminyak dan Kering

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kelor dapat mengurangi stres pada kulit dan peradangan yang dapat memicu produksi minyak. Selain itu, sifat antioksidan kelor juga dapat mengatur ketidakseimbangan hormon (pada tingkat molekuler kulit) yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Namun, jika kulit Anda termasuk jenis yang kering, Anda masih bisa mendapatkan manfaat daun kelor untuk wajah. Kandungan vitamin B nya sebagai pelembap alami dapat menarik air ke lapisan terluar kulit. Kelor dapat meresap ke dalam jaringan kulit untuk mengembalikan kelembapan.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Wajah Secara Alami (Pasti Glowing)

Tips Membuat Masker Daun Kelor

Hal terpenting yang harus Anda persiapan untuk membuat masker yang terbuat dari daun kelor adalah menyiapkan bubuk daun kelor. Pastikan Anda membeli dari penjual tepercaya dan jangan lupa untuk memeriksa tanggal kedaluwarsanya.

Berikut cara membuatnya

Bahan:

  • ½ sendok makan bubuk daun kelor.
  • 1 sendok makan madu mentah.
  • 1 hingga 2 sendok witch hazel (untuk kulit berminyak) atau air mawar (untuk kulit yang lebih kering).
  • Minyak esensial (opsional).

Setelah semua bahan sudah siap, campurkan bubuk daun kelor dan madu dalam mangkuk kecil. Tambahkan witch hazel atau air mawar secara perlahan hingga campuran mencapai kekentalan yang Anda inginkan. Tambahkan 3 hingga 5 tetes minyak esensial yang ramah kulit, seperti rosehip atau tea tree.

Setelah itu aduk rata dan oleskan pada kulit. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan. Pada akhirnya, selain berguna untuk perawatan kulit, bubuk daun kelor juga dapat ditambahkan pada makanan atau minuman.

Efek Samping yang Perlu Diwaspadai

Siapa pun yang mempertimbangkan untuk mendapatkan manfaat daun kelor disarankan untuk mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu.

Meski sangat sedikit efek samping yang dilaporkan, kelor mungkin memiliki efek anti-kesuburan dan oleh karena itu tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Jangan lupa untuk selalu membaca label pada kemasan ekstrak daun kelor dan mengikuti petunjuk sesuai anjuran.

 

  1. Cadman, Bethany. 2020. What makes moringa good for you?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319916. (Diakses pada 28 April 2021).
  2. Nunez, Kirsten. 2020. 5 Benefits Of Moringa For Skin + How To Make A DIY Mask At Home For Glowing Skin. https://www.mindbodygreen.com/articles/benefits-of-moringa-for-skin-how-to-use-it-at-home. (Diakses pada 28 April 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi