Terbit: 8 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki rambut yang sehat merupakan salah satu dambaan sebagian besar orang. Tidak heran jika banyak orang yang rela melakukan beragam cara untuk mendapatkan rambut yang sehat. Mulai dari penggunaan bahan alami hingga produk perawatan khusus. Bicara soal bahan alami, Anda dapat menjajal perawatan rambut menggunakan daun buah jambu. Apalagi buah satu ini dikenal akan kandungan vitaminnya yang sangat berlimpah.

Daun Jambu, Bahan Alami yang Jaga Kesehatan Rambut

1. Mencegah Kerontokan Rambut

Tidak hanya buahnya saja yang dilengkapi dengan kandungan vitamin C, siapa yang menyangka ternyata daun dari buah jambu juga dilengkapi dengan vitamin satu ini. Dilansir dari laman Reward Me, vitamin C mampu memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. Kondisi yang demikian tentu saja akan menjadikan rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. Apalagi penggunaan masker rambut dari daun jambu menjadikan rambut tumbuh lebih lebat.

2. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Selain vitamin C, daun jambu juga mengandung vitamin B. Sebagai tambahan informasi, kombinasi dua vitamin tersebut rupanya mampu merangsang proses pembentukan sel-sel kulit kepala yang baru. Kondisi demikian juga berpengaruh pada proses pertumbuhan folikel rambut menjadi lebih cepat dan lebih sehat. Jadi jangan heran jika rambut terasa lebih lebat dan cepat panjang dari biasanya.

3. Mengatasi Ketombe

Kulit Kepala yang terserang ketombe biasanya disertai dengan rasa gatal yang cukup menyiksa. Jangan khawatir, pasalnya daun jambu mengandung zat anti peradangan yang akan mengurangi rasa gatal. Sedangkan kandungan vitamin C pada daun jambu juga menjadikan kulit kepala lebih lembap sehingga ketombe akan cepat memudar.

Penggunaan daun jambu sendiri rupanya sudah dilakukan sejak zaman dahulu oleh kebanyakan masyarakat Asia. Apalagi kandungan bahan aktif pada daun jambu yang berlimpah juga memberikan beragam manfaat baik bagi kesehatan kulit kepala dan rambut. Nah, Anda juga mencampurkan daun jambu dengan bahan alami lainnya untuk memaksimalkan hasilnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi