Daun Afrika yang Ternyata Bisa Mengobati Kanker

cara-mengobati-kanker-dengan-daun-africa-doktersehat

DokterSehat.Com – Manfaat daun Afrika mungkin belum dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, khasiat daun Afrika telah dibuktikan oleh para ilmuwan dunia. Para ilmuwan luar terutama Cina telah membuktikan bahwa daun Afrika memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat daun Afrika untuk kesehatan adalah untuk mengobati kanker. Oleh karena itu, baca lebih lanjut untuk mengenal lebih jauh tentang daun Afrika. Simaklah penjelasan tentang cara mengobati kanker dengan daun Africa di bawah ini.

Daun Afrika

Pohon Afrika bisa tumbuh di lingkungan tropis dan subtropis. Pada lingkungan tersebut pohon Afrika bisa tumbuh dengan subur. Pada umumnya, cara membiakkan pohon Afrika adalah dengan menggunakan stek batang.

Pada pohon Afrika tersebut terdapat daun Afrika yang memiliki beberapa karakteristik. Daun Afrika memiliki karakter berupa daun yang berukuran kecil. Permukaan daun Afrik agak kasar dan mengkilap. Daun Afrika merupakan bagian dari pohon Afrika yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Terapi penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia ini. Cara mengobati kanker dengan menggunakan teknologi canggih berupa kemoterapi ternyata memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Beberapa ilmuwan telah menemukan bahwa terapi alami dengan menggunakan beberapa produk tanaman ternyata bisa untuk mengobati kanker. Ada beberapa bagian pada tanaman lokal Afrika yang bisa dijadikan sebagai pengobatan kanker yang efektif.

Beberapa bagian dari tanaman Afrika yang bisa dijadikan sebagai cara mengobati kanker, di antaranya adalah daun pahit, daun harum, lada Afrika, gulma kambing, daun pepaya, dan lainnya. Bagian tanaman tersebut bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit kanker.

Baca juga: Selain Membuat Tubuh Bugar, Olahrga Juga dapat Mencegah Kanker

Cara mengobati kanker dengan daun Africa

Di antara sederet produk tanaman Afrika tersebut terdapat beberapa jenis daun Afrika yang bisa menjadi obat kanker.  Di dalam daun Afrika terdapat berbagai senyawa kimia yang bersifat sebagai antikanker.

Sifat antikanker pada daun Afrika ini mampu mencegah potensi aktif sel-sel kanker. Cara mengobati kanker dengan daun Africa tidak memiliki efek samping seperti yang ada pada kemoterapi.

Kandungan senyawa antikanker itu juga bisa menangkal radikal bebas. Berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara seperti melalui asupan makanan, polusi udara, gaya hidup yang tidak sehat, dan lainnya.

Cara mengobati kanker dengan daun Africa bisa dilakukan dengan cara mengolah daun Afrika segar menjadi teh. Rebuslah daun Afrika segar dengan menambahkan tiga gelas air. Tunggulah sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian tunggulah air rebusan daun Afrika tersebut menjadi agak dingin dan minumlah.

Daun Afrika yang bisa mengobati penyakit kanker

Ada beberapa daun Afrika yang bisa mengobati kanker. Sebelumnya Anda telah mengetahui cara mengobati kanker dengan daun Africa. Selanjutnya adalah informasi mengenai beberapa jenis daun Afrika yang bisa mengobati kanker.

Berikut ini beberapa jenis daun Afrika yang bisa mengobati penyakit kanker:

1. Ocimum gratissimum

Tanaman Ocimum gratissimum adalah sejenis semak yang berasal dari Nigeria. Tanaman ini sering disebut sebagai semak teh. Ocimum gratissimum merupakan tanaman Afrika yang termasuk ke dalam leluarga tanaman Lamiaceae.

Di Nigeria, tanaman Ocimum gratissimum memiliki beberapa nama yaitu efinrin ajase, ebavbokho, aai doya ta gida, dan nchuanwuBeberapa ilmuwan yang berasal dari beberapa negara telah melakukan penelitian bahwa daun Ocimum gratissimum yang diekstrak memiliki manfaat untuk melawan kanker.

Ramuan herbal yang terbuat dari daun Afrika ini bisa menghambat proliferasi beberapa jalur sel kanker. Ekstrak daun Ocimum gratissimum terbukti mengandung senyawa kimia pelawan kanker.

2. Vernonia amygdalina

Tanaman Vernonia amygdalina adalah daun Afrika dengan rasa pahit. Daun Afrika ini juga berasal dari Nigeria dan terbukti memiliki sifat antikanker. Selain sifat antikanker, daun Vernonia amygdalina juga memiliki sifat antidiabetes, antiinflamasi, antitumor, dan antibakteri.

Sebuah penelitian yang dilakukan telah menunjukan bahwa ekstrak daun Afrika yang berasal dari tanaman Vernonia amygdalina ini memiliki beberapa senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan sel tumor.

3. Carica papaya

Tanaman Carica papaya adalah tanaman Afrika yang memiliki daun bersifat antikanker. Ekstrak daun Carica papaya bisa melawan kanker secara signifikan. Selain itu daun Carica papaya juga bisa untuk mengobati tumor.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa ekstrak daun Carica papaya terbukti secara ilmiah memiliki efek antikanker pada kasus tumor serviks dan payudara.

Pasien yang mengonsumsi ekstrak daun Carica papaya akan mengalami peningkatan produksi sitokin tipe Th1. Molekul ini membantu pengaturan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan sel-sel kanker.

Tanaman Afrika yang bisa mengobati kanker

Selain daun Afrika, terdapat sejumlah bagian dari tanaman Afrika yang juga bisa melawan penyakit kanker. Bagian tanaman Afrika selain daun ini tentunya memiliki sifat kanker sehingga bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman Afrika yang bisa mengobati kanker:

1. Xylopia aethiopica

Tanaman Xylopia aethiopica adalah tanaman Afrika yang biasa disebut lada Afrika atau lada Guinea. Tanaman Afrika ini berasal dari keluarga Annonacea. Tanaman Xylopia aethiopica memiliki beberapa nama, di antaranya adalah kyimba, kenya, akada, unie, ata, kimbaahre, kimbaa, uda, tsunfyanya, kimbill, dan eeru.

Akar tanaman Xylopia aethiopica bisa digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit kanker. Terapi kanker dengan menggunakan tanaman ini harus diolah dulu hingga akar Xylopia aethiopica berbentuk bubuk.

Selain itu, akar tanaman Xylopia aethiopica yang direbus bisa untuk untuk mengobati disentri, ulserasi, infeksi kulit, dan bronkitis. Apabila bubuk yang berasal dari akar Xylopia aethiopica dicampur dengan garam maka bisa untuk mengobati sembelit.

Baca juga: Manfaat Madu Cegah Kanker hingga Perkuat Kekebalan Tubuh

2. Kigelia africana

Sebuah pohon Afrika yakni pohon Kigelia africana telah ditemukan oleh para ilmuwan memiliki sifat antikanker. Pohon Afrika Kigelia africana bisa mengobati kanker secara efektif. Ekstrak dari tanaman Kigelia africana mengandung beberapa senyawa antikanker. dan juga antiinflamasi.

Tanaman Kigelia africana yang diekstrak memiliki efek sitotoksik terhadap garis sel kanker. Pada pengobatan tradisional, buah dari pohon Kigelia africana yang telah diekstrak terbukti bisa untuk mengobati penyakit kanker kulit.

3. Cannabis sativa

Informasi ini tidak menyarankan pembaca untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan tanaman Cannabis sativa (ganja) secara langsung melainkan dengan menggunakan obat-obatan berbasis kanabinoid.

Di antara Anda mungkin pernah mendengar tanaman Cannabis sativa. Tanaman Afrika ini merupakan tanaman ganja. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tanaman Cannabis sativa bisa menjadi obat untuk penyakit kanker.

Ekstrak tanaman Cannabis sativa bisa secara efektif mengobati penyakit kanker. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa terdapat kandungan di dalam tanaman Cannabis sativa yaitu dengan nama tetrahydrocannabinol (THC).

Tetrahydrocannabinol ini adalah senyawa aktif di dalam tanaman Cannabis sativa yang bisa menghancurkan sel-sel kanker otak. Selain itu, THC juga bisa untuk menghambat pertumbuhan kanker paru-paru. Akan tetapi, pengobatan penyakit kanker tidak dibenarkan dengan menggunakan rokok ganja karena bisa memicu pertumbuhan tumor.