Terbit: 19 Oktober 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Daun afrika adalah tanaman herbal yang sering kali menjadi obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selengkapnya simak berbagai manfaat dari tanaman ini. 

Daun Afrika: 10 Manfaat untuk Kesehatan, Kandungan Nutrisi, dll

Apa Itu Daun Afrika?

Bitter leaf atau daun Afrika adalah tanaman obat yang berasal dari Benua Afrika. Tanaman yang juga memiliki nama ilmiah vernonia amygdalina ini bisa tumbuh subur pada tempat beriklim tropis dan subtropis, termasuk Indonesia.

Bitter leaf memiliki ciri-ciri daun yang berukuran kecil, permukaan daun kasar dan mengkilap, dan memiliki rasa yang pahit. Selain sebagai obat herbal, tanaman ini biasa menjadi bahan masakan tradisional Afrika.  

Kandungan Daun Afrika

Daun Afrika adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak nutrisi bermanfaat untuk kesehatan, termasuk:

  • Protein.
  • Serat (yang tidak larut dalam air).
  • Lemak sehat yang cukup tinggi.
  • Zinc.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Kalium.
  • Zat besi.
  • Natrium.
  • Vitamin A, C, E, dan B kompleks.

Manfaat Daun Afrika

Menambahkan daun ini ke dalam makanan dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker payudara, menurut University of Texas. Selain itu, daun dengan rasa pahit ini memiliki sejumlah manfaat yang sangat bagus untuk masalah kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Berikut ini adalah sejumlah manfaat daun Afrika untuk kesehatan: 

1. Menurunkan Kolesterol

Menurut Journal of Vascular Health and Risk Management edisi Februari 2008, bitter leaf dapat menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total. Jika kolesterol meningkat, terutama low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan penyakit Alzheimer. 

Bitter leaf dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kendati demikian, temuan penelitian tersebut masih sebatas hasil penelitian pada tikus percobaan. Sejauh ini belum ada bukti penelitian yang kuat pada manusia. Namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya!

2. Mengatasi Penyakit Gastrointestinal

Khasiat daun Afrika yang direbus atau kulit kayunya bisa mengobati diare, disentri, dan gangguan pencernaan lainnya. Ini biasa digunakan sebagai vermifuge (obat untuk cacing) tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk simpanse.

Mengunyah pucuk bitter leaf dapat membersihkan dan memperkuat gigi serta mengatasi infeksi gusi. Ini juga bertindak sebagai stimulan nafsu makan dan tonik. Ekstrak dari akar daun ini yang dipadukan bersama dengan daun Vigna sinensis adalah obat tradisional untuk skistosomiasis.

3. Mengatasi Peradangan

Bitter leaf yang masih muda atau pucuknya bisa mengobati inflamasi atau peradangan. Orang Nigeria, Afrika Barat, biasanya menggunakan daun ini untuk mengobati luka.  

Obat herbal ini mengandung EthYL dalam daun muda dan EthOL dalam daun tua. Aktivitas antiinflamasi dari EthYL dan EthOL secara oral antara 50-200 mg/kg.

4. Meredakan Gejala Demam Malaria

Jus daun daun Afrika telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam malaria. Dalam uji klinis di Afrika, jus ini terbukti 67% efektif dalam meredakan demam ringan dan malaria.

Namun, Anda tidak bisa begitu saja menggunakan daun ini untuk mengobati malaria. Anda masih memerlukan perawatan dari dokter.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Rasa pahit pada daun ini merupakan salah satu manfaat terbaiknya, yakni dapat membantu menurunkan kadar gula dan mengontrol tekanan darah.

Dokter menyarankan pasien hipertensi dan diabetes untuk mengonsumsinya. Ini karena kandungan potasium yang merupakan obat hipertensi dengan mencegah natrium melonjak dalam aliran darah yang membuang penumpukan garam.

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Mangga, Kandungan, Cara Membuat, dan Efek Samping

6.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Komponen dalam jus bitter leaf menjadikannya terapi yang bagus untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh. Cara meminum daun afrika dalam bentuk jus ini setiap hari dapat menghilangkan kolesterol jahat dan mengurangi kalori berlebih dalam tubuh.

7. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat daun afrika sangat bagus untuk sistem reproduksi wanita, yakni bisa membantu wanita untuk hamil.

Daun pahit ini memiliki senyawa kimia seperti edotida yang bisa meningkatkan keseimbangan hormonal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan racun. Begitu keseimbangan hormon genital wanita pulih, kemungkinan Anda untuk hamil meningkat.

8. Membantu Pengobatan Diabetes

Bitter leaf pada habitat aslinya banyak digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati diabetes selain pengobatan medis utama. Ekstrak daun ini mengandung zat aktif, termasuk saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang berguna untuk menurunkan kadar glukosa darah setelah makan.

Ekstrak etanol dalam daun ini juga dapat menurunkan kadar gula darah secara keseluruhan. Berdasarkan penelitian pada hewan, telah menunjukkan bahwa daun ini mengurangi glukosa darah hingga 50% daripada dengan hewan penderita gula darah yang tidak mendapatkan pengobatan.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Daun Afrika mengandung asam linolenat (Omega 3) dan asam linoleat (Omega 6) yang sangat penting untuk tubuh. Menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition, asupan omega-3 dan omega 6 bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Sedangkan penelitian dalam jurnal Current Pharmaceutical Design melaporkan bahwa kedua asam lemak ini terbukti:

  • Mencegah penyakit jantung koroner.
  • Serangan jantung mendadak.
  • Gagal jantung.
  • Gangguan pembekuan darah.
  • Mengurangi risiko aterosklerosis.
  • Antiinflamasi (untuk menahan cedera, iritasi atau infeksi).

Selain itu, asam lemak omega 3 mampu mengontrol rematik dan mencegah penyakit neurodegeneratif. Untuk mendapatkan khasiatnya, cara meminum daun Afrika dalam bentuk jus atau teh memiliki manfaat yang sama. 

10. Mencegah Kanker Payudara

Tetap aktif secara fisik, makan makanan rendah lemak, dan menjaga berat badan yang sehat bisa mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, khasiat daun Afrika dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, menurut penelitian Experimental Biology and Medicine pada tahun 2004.

Sementara dalam sebuah penelitian tabung reaksi sel kanker payudara manusia, para ilmuwan dari Jackson State University menemukan bahwa daun ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker payudara.

Baca Juga: Daun Ungu (Handeuleum): 11 Manfaat, Cara Mengolah, Efek Samping

Jenis Daun Afrika yang Bisa Mengobati Penyakit Kanker

Sebelumnya Anda telah mengetahui cara meminum daun ini untuk kanker. Selanjutnya informasi mengenai beberapa jenisnya yang bisa mengobati kanker.

Berikut ini beberapa jenis daun Afrika yang bisa mengobati penyakit kanker:

1. Ocimum gratissimum

Tanaman Ocimum gratissimum adalah sejenis semak yang berasal dari Nigeria. Ocimum gratissimum merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman Lamiaceae. Tanaman ini memiliki beberapa nama, yaitu efinrin ajase, ebavbokho, aai doya ta gida, dan nchuanwu. 

Beberapa ilmuwan yang berasal dari beberapa negara telah melakukan penelitian bahwa ekstrak daun Ocimum gratissimum memiliki manfaat untuk melawan kanker. Ramuan daun ini dapat menghambat proliferasi beberapa jalur sel kanker dan terbukti mengandung senyawa kimia pelawan kanker.

2. Vernonia amygdalina

Tanaman Vernonia amygdalina adalah jenis daun Afrika yang terbukti memiliki sifat antikanker. Selain itu, daun Vernonia amygdalina juga memiliki sifat antidiabetes, antiinflamasi, antitumor, dan antibakteri.

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa ekstrak daun Vernonia amygdalina memiliki beberapa senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan sel tumor.

3. Carica papaya

Selanjutnya tanaman Carica papaya adalah tanaman yang memiliki sifat antikanker. Ekstrak daun ini bisa melawan kanker secara signifikan. Selain itu, daun Carica papaya juga bisa untuk mengobati tumor.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun Carica papaya terbukti secara ilmiah memiliki efek antikanker pada kasus tumor serviks dan payudara. Orang yang mengonsumsi ekstrak daun ini akan mengalami peningkatan produksi sitokin tipe Th1. Molekul ini membantu pengaturan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan sel-sel kanker.

_

Itulah penjelasan lengkap tentang kandungan nutrisi daun afrika, khasiat, dan jenisnya. Meskipun obat alami, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika tertarik menggunakannya untuk pengobatan. Ini untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan!    

 

  1. Asantea, Du-Bois et al. 2019. Anti-inflammatory, anti-nociceptive and antipyretic activity of young and old leaves of Vernonia amygdalina. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0753332218375255. (Diakses pada 19 Oktober 2020)
  2. Akinyoade, Akinwale. 2019. 6 Health Benefits Of Drinking Bitter Leaf Juice. https://guardian.ng/life/six-health-benefits-of-drinking-bitter-leaf-juice/. (Diakses pada 19 Oktober 2020)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. Vernonia amygdalina. https://www.globinmed.com/index.php?option=com_content&view=article&id=104439:vernonia-amygdalina&Itemid=139. (Diakses pada 19 Oktober 2020)
  4. Devon, Ryan. Anonim. The Benefits of Bitter Leaf. https://www.livestrong.com/slideshow/13708846-7-unexpected-reasons-why-youre-not-losing-weight/. (Diakses pada 19 Oktober 2020)
  5. Shihepo, Timo. 2020. 6 Benefits of African Leaf for Health. https://southernafrican.news/2020/01/02/6-benefits-of-african-leaf-for-health/. (Diakses pada 19 Oktober 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi