Cara Mengatasi Darah Haid yang Tidak Lancar dengan Benar

melancarkan-darah-haid-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap bulan wanita akan mengalami menstruasi dengan kondisi yang berbeda-beda. Ada yang mengalami menstruasi dengan kondisi lancar dan tanggalnya jarang bergeser. Selanjutnya ada juga wanita yang mengalami gangguan pada menstruasi sehingga darah yang keluar sedikit dan sering tidak diprediksi kapan selesainya.

Kalau Anda adalah tipe wanita yang sering mengalami gangguan pada menstruasi berupa susahnya darah untuk keluar, berarti sedang ada gangguan pada tubuh. Nah, untuk mengatasi gangguan ini, Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana di bawah ini sehingga semua peluruhan darah dari dinding rahim akan keluar dan bersih.

  1. Memenuhi asupan air setiap hari

Tubuh membutuhkan air sebanyak 2 liter setiap harinya. Kalau sampai kebutuhan air di dalam tubuh terjadi penurunan, dehidrasi akan terjadi. Oleh karena itu, setiap hari saat sedang menstruasi atau tidak wanita tetap harus mengonsumsi sekitar 8 gelas air agar tubuhnya tidak mengalami perubahan atau penurunan fungsi organ.

Minum air putih dalam jumlah yang tepat juga melancarkan darah yang keluar dari vagina. Jadi, kalau Anda merasa sering mengalami gangguan saat sedang menstruasi ada baiknya untuk mengonsumsi air putih. Ingat ya, air putih, jangan air teh, kopi, atau yang manis lainnya.

  1. Pengompresan air hangat di bawah perut

Tidak keluarnya darah menstruasi dari rahim terkadang disebabkan oleh beberapa masalah seperti otot yang terlalu berkontraksi hingga rasa tidak nyaman di sekitar rahim. Nah, kondisi ini akan jadi berlarut-larut kalau wanita hanya membiarkan rasa sakit dan menahannya selama berjam-jam.

Lebih baik segera mengambil kain yang telah direndam di dalam air hangat. Selanjutnya lakukan pengompresan dengan baik di area perut bawah. Kalau Anda tidak mau basah-basahan, bisa menggunakan botol atau wadah mirip karet yang bisa diisi air hangat. Letakkan wadah itu di perut agar nyaman dan menstruasi jadi lancar.

  1. Turunkan kadar stres

Tidak lancarnya darah menstruasi yang keluar kerap menyebabkan nyeri di vagina selama beberapa hari. Kondisi ini bisa muncul karena stres yang dialami oleh wanita cukup tinggi. Oleh karena itu turunkan stres perlahan-lahan agar darah menstruasi bisa keluar semuanya dan tuntas.

Lakukan relaksasi sederhana seperti melakukan yoga atau menikmati aroma terapi. Melakukan pijat dan pelesir juga bisa dilakukan agar tubuh jadi lebih nyaman.

  1. Aktif melakukan olahraga

Beberapa wanita yang sudah memasuki masa PMS biasanya malas melakukan apa pun. Mereka cenderung diam saja dan menikmati rasa sakit yang muncul seiring dengan keluarnya darah menstruasi. Sebenarnya, daripada diam saja, wanita bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat atau jogging dan senam.

Saat melakukan olahraga, tubuh akan mengalami penurunan rasa sakit akibat endorfin yang dihasilkan dalam jumlah banyak. Wanita akan jarang merasakan nyeri pada tubuhnya. Lebih lanjut, olahraga juga melancarkan perdarahan darah dan tubuh menjadi lebih segar. Kalau peredaran darah berjalan lancar, menstruasi akan berjalan lancar dan segera tuntas tanpa sakit.

  1. Mengonsumsi makanan tertentu

Makanan dan minuman tertentu juga bisa melancarkan haid yang dialami oleh wanita. Makanan dan minuman itu biasanya berbahan jahe atau kayu manis. Anda bisa membuatnya menjadi minuman herba sederhana agar bisa dinikmati kapan saja. Selanjutnya perbanyak makanan dengan banyak kandungan zat besi seperti bayam dan aneka daging merah.

Inilah beberapa cara untuk mengatasi darah haid yang kadang tidak bisa lancar dan menyebabkan nyeri berlebihan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang sering alami gangguan menstruasi.