Dampak Teh Hijau bagi Diabetes

teh-hijau-doktersehat

DokterSehat.Com– Teh hijau dikenal luas sebagai salah satu minuman yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Bahkan, minuman dengan rasa yang nikmat ini disebut-sebut bisa membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, apakah benar jika teh hijau bisa memberikan manfaat bagi penderita diabetes? Berikut adalah fakta yang terkait dengan hal ini.

Dampak Minum Teh Hijau bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes adalah salah satu jenis orang yang paling tidak beruntung di dunia. Bagaimana tidak, mereka akan lebih rentan untuk terkena komplikasi yang berbahaya dan berpotensi mematikan. Selain itu, mereka juga tidak lagi bisa menikmati kehidupan, khususnya dalam hal menikmati makanan dan minuman sesuka hati.

Demi mencegah berbagai hal buruk tersebut, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi teh, khususnya teh hijau yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah sekaligus membuat sensitivitas insulin meningkat.

Fakta tentang manfaat teh bagi penderita diabetes ini dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Diabetes and Metabolisme Journal. Dalam penelitian yang dilakukan pada 2013 di Jepang ini, disebutkan bahwa mengonsumsi teh hijau sebanyak enam cangkir setiap hari bisa membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 33 persen dibandingkan dengan orang-orang yang jarang atau bahkan tidak pernah mengonsumsinya.

Pakar kesehatan Suzanne Steinbaum yang berasal dari Lenox Hill, New York, Amerika Serikat menyebut di dalam teh, khususnya teh hijau terdapat kandungan biokimia yang bisa mempengaruhi kinerja sel-sel tubuh dengan signifikan. Hal ini ternyata bisa berimbas pada kemampuan tubuh dalam memetabolisme gula dari makanan yang dikonsumsi dengan lebih baik. Tak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga, hal ini akan membuat kadar gula darah di dalam tubuh bisa dikendalikan dengan lebih baik.

Selain itu, teh hijau juga mampu membuat sistem metabolisme tubuh meningkat dengan signifikan. Hal ini tentu akan membuat berat badan lebih bisa dikendalikan dan bahkan akan menurun. Padahal, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa berat badan yang lebih rendah bisa membantu mencegah diabetes.

Teh Hijau Bisa Mencegah Stres Oksidatif

Steinbaum juga menyebut di dalam teh hijau terdapat kandungan polifenol. Kandungan ini termasuk dalam antioksidan yang bisa mencegah datangnya stres oksidatif yang dipicu oleh paparan buruk radikal bebas. Sebagai informasi, jika stres oksidatif cukup tinggi, maka hal ini akan menyebabkan dampak berupa kerusakan pada sel-sel atau bahkan organ tubuh.

Keberadaan polifenol tak hanya mencegah kerusakan akibat hal ini, melainkan juga akan mendorong proses pelebaran pembuluh darah arteri. Hal ini tentu akan berimbas pada menurunnya tekanan darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Bagi penderita diabetes, berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh teh ini bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, salah satu komplikasi yang paling sering menyerang dan memicu kematian dini bagi penderita diabetes. Selain itu, dengan kondisi diabetes yang lebih bisa dikendalikan, kualitas hidup mereka tentu akan menjadi lebih baik.

Teh yang Sehat bagi Penderita Diabetes

Tak hanya mengonsumsi teh hijau, pakar kesehatan menyebut konsumsi teh jenis lainnya seperti teh hitam sebenarnya bisa memberikan manfaat kesehatan, namun khusus untuk teh hijau, kandungan polifenolnya jauh lebih tinggi sehingga bisa memebrikan manfaat kesehatan yang lebih besar.

Demi memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar, sebaiknya kita memastikan untuk tidak menambahkan gula pada teh yang akan dikonsumsi. Penderita diabetes juga bisa menambahkan pemanis rendah kalori yang bisa membantu fungsi insulin di dalam tubuh.

 

Sumber:

Bowers, Elizabeth, 2016, Why Drinking Tea May Help Prevent and Manage Type 2 Diabetes, everydayhealth.com (Diakses pada 3 September 2019).