Dampak Sering Tidak Makan Malam Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Banyak orang yang memilih untuk tidak makan malam karena ingin menurunkan berat badan. Padahal, menurut pakar kesehatan, makan malam memiliki pengaruh besar bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun bisa membuat berat badan berkurang, besar kemungkinan kita akan mengalami gangguan kesehatan jika sering tidak makan malam.

Dampak pertama yang akan kita dapatkan jika sering melewatkan waktu makan malam adalah mengalami gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mendapatkan sumber energi yang dibutuhkan untuk menjalani proses metabolisme. Lambung yang kosong dalam waktu yang lama akan memicu kenaikan asam lambung yang tentu akan membuat perut terasa lebih perih, kembung, dan begah.

Dampak lain yang akan didapatkan jika kita malas makan malam adalah mengalami gangguan kadar gula darah atau glukosa. Dengan tidak melakukan makan malam, maka tubuh akan tidak mendapatkan asupan makanan apapun dalam waktu yang lama, yakni sejak terakhir kita makan, sebelum waktu tidur, dan selama kita tidur malam. Hal ini akan membuat tubuh mengalami penurunan kadar gula darah dengan drastis. Jika hal ini terus dibiarkan, maka tubuh pun akan kesulitan untuk mengendalikan gula darah.

Melewatkan waktu makan malam akan membuat kita kelaparan. Hal ini akan membuat tidur tidak nyenyak dan bahkan bisa meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi camilan tidak sehat, khususnya camilan yang manis-manis. Tak hanya bisa meningkatkan berat badan, sering mengonsumsi camilan yang manis-manis juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melewatkan waktu makan malam dan waktu makan lainnya. Jika tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, cobalah untuk makan di waktu yang lebih awal dan tidak mengonsumsi makanan apapun dalam jangka waktu 2 jam sebelum tidur.