3 Dampak Menggunakan Sepatu Sempit atau Kekecilan

jari-kaki-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengenakan sepatu yang ukurannya lebih kecil dari ukuran kaki? Jika pernah, tentu saja sangat menyisa, bukan? Ya, mengenakan sepatu kekecilan memang tidak nyaman sama sekali. Selain itu, juga tidak sangat tidak baik bagi kesehatan kaki karena akan mengubah struktur tulang.

Bicara mengenai sepatu kekecilan, tentu saja setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa menggunakan sepatu kecil. Terkedang mereka memaksakan sepatu kecil hanya untuk tampil cantik atau menawan dan membuat orang lain terkesan akan kesempurnaan tampilan luarnya.

Ditambah lagi, penggunaan sepatu atau alas kaki yang cantik dipercaya dapat menunjang rasa percaya diri, walaupun lebih sering memaksa menggunakan sepatu sempit. Namun, tahukah Anda, ada dampak yang buruk baik bagi kesehatan jika terlalu sering mengenakan sepatu kekecilan? Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.

1. Jari Menyilang

Seringkali, pengguna tak menyadari bahwa ketika memakai sepatu sempit bisa menyebabkan jari yang satu dengan yang lainnya bergeser dan saling menumpuk, alias menyilang. Hal ini, jika terjadi berulang kali dan menjadi kebiasaan, maka jari-jari tersebut bergeser sehingga saling menyilang karena tidak adanya tempat untuk menaruh jari dengan benar.

2. Kapalan

Dampak menggunakan sepatu sempit yang kedua yaitu kapalan. Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Kapalan adalah terjadinya penebalan jaringan kulut yang disebabkan oleh seringnya kaki mendapat tekanan terus menerus dan berulang-ulang. Hal inilah yang bisa menyebabkan kapalan pada kulit di jari-jari kaki Anda.

3. Penonjolan Tulang

Menonjolnya tulang pada jari kaki atau sering juga disebut atau dikenal dengan bunion, merupakan satu lagi akibat dan dampak menggunakan sepatu sempit yang ditimbulkan olehnya. Bunion atau tulang menonjol ini akan menyebabkan terjadinya rasa sakit ataupun nyeri ketika menggunakan sepatu. Selain itu, bunion juga disebabkan oleh ibu jari kaki ataupun juga kelingking terdesak. Lambat laun, jika sering terjadi, ibu jari atau kelingking yang terdesak akan mengalami pembengkakan yang menjadi cikal bakal terjadinya perubahan struktur tulang pada jari kaki.